Nurtanio, Nama Pesawat N219 Yang Diresmikan Oleh Jokowi

Jum'at, 10 November 2017 20:30 Penulis: Tyssa Madelina
Nurtanio, Nama Pesawat N219 Yang Diresmikan Oleh Jokowi
Pesawat N219. Humas PT Dirgantara Indonesia

Kapanlagi Plus - Tepat di hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November, Presiden Joko Widodo bertandang ke Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma. Disana, beliau telah meresmikan sebuah pesawat dengan jenis N219. Uniknya, pesawat tersebut diberi nama pesawat Nurtanio.

Sebelumnya, pesawat N219 ini adalah hasil kerja sama antara PT Dirgantara Indonesia (Persero) dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Pesawat ini dioperasikan oleh dua mesin. Selain itu, pesawat ini juga memiliki kapasitas penumpang sebanyak 19 orang.

Bukan tanpa sebab Jokowi memberi nama pesawat tersebut pesawat Nurtanio. Pasalnya, Nurtanio adalah nama salah seorang pahlawan dirgantara yakni Laksamana Muda Udara Anumerta Nurtanio Pringgoadisuryo. Menurut penjelasan Jokowi, Laksamana Muda Udara Anumerta Nurtanio Pringgoadisuryo adalah pahlawan bangsa yang berjuang tanpa pamrih.

"Seluruh hidupnya, didharmabaktikan untuk kedirgantaraan Indonesia," tambahnya seperti dilansir oleh Merdeka.

Jokowi resmikan pesawat Nurtanio.  2017 Merdeka.com/supriatinJokowi resmikan pesawat Nurtanio. 2017 Merdeka.com/supriatin

Seolah ingin memperkenalkan sejarah kepada anak-anak yang hadir dalam acara tersebut, Jokowi juga menjelaskan bagaimana Laksamana Nurtanio gugur dalam sebuah penerbangan uji coba. Ada satu kalimat dari Laksmana Nurtanio yang selalu Jokowi ingat, yang membuat beliau patut untuk diteladani. Kalimat tersebut adalah, "Sudah, kita tidak usah ribut-ribut, yang penting kerja."

Jokowi berharap agar pahlawan dirgantara tersebut dapat menginspirasi anak-anak muda di Indonesia untuk terus berkembang. Selain itu, ia juga ingin agar hasil kerja para penerus Laksamana Nurtanio dapat berguna dan diteruskan oleh generasi yang akan datang. Setelah mengakhiri sesi pidatonya, dengan mengucap doa, Jokowi pun meresmikan pesawat N219 sebagai pesawat Nurtanio.

Selain dihadiri oleh anak-anak bangsa, peresmian tersebut juga dihadiri oleh para menteri. Tampak, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri BUMN, Rini Soemarno turut hadir dalam acara tersebut.

(kpl/tmd)

Editor:

Tyssa Madelina



MORE STORIES




REKOMENDASI