Kalimantan Timur Resmi Jadi Ibu Kota Baru Indonesia

Kamis, 22 Agustus 2019 19:07 Penulis: Tyssa Madelina
Kalimantan Timur Resmi Jadi Ibu Kota Baru Indonesia
Maket Ibu Kota baru ©2019 dok. Kemen PUPR


Kapanlagi Plus - Kabar soal pindahnya ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur ternyata bukan hanya wacana saja. Belum lama ini, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan Djalil menjawab soal hal tersebut.

Akan tetapi untuk letak kotanya sendiri, Menteri Sofyan Djalil masih belum bisa memastikan. Saat ini Pemerintah tengah mengkaji beberapa wilayah untuk menjadi ibu kota baru.

"Kalimantan timur, tapi lokasi spesifiknya yang belum," ujarnya di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (22/8).

1. Butuh Lahan Besar

Untuk memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan ternyata membutuhkan lahan cukup besar. Menurut Menteri Sofyan Djalil, pemerintah membutuhkan lahan sekitar 3.000 Hektare (Ha) untuk pembangunan tahap pertama.

Sementara, secara keseluruhan nantinya akan dibutuhkan lahan sekitar 200.000 hingga 300.000 Ha. "Untuk core pertama itu sekitar 3.000 ha. Setelah itu luasnya 200.000-300.000 sehingga bisa dibikin kota taman, kota yang indah, banyak tamannya orang bisa hidup sehat, udaranya sehat. Sehingga kita harapkan kota ini berkembang menjadi kota yang menarik," jelasnya.

2. Prioritas Pembangunan

Lebih lanjut, ketika kota yang jadi pusat pemerintahan sudah ditetapkan, pemerintah akan segera mengunci lahan. Sementara itu Menteri Sofyan Djalil menambahkan kalau gedung yang pertama kali dibangun adalah kantor presiden, kantor menteri dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

"Begitu diputuskan lokasinya (ibu kota baru) di mana, (langsung) kita kunci. Tentu yang pertama dibangun kantor presiden, kantor menteri, DPR juga beberapa lainnya," pungkasnya.

(kpl/mdk/tmd)

Editor:

Tyssa Madelina



MORE STORIES




REKOMENDASI