Kata Kiasan Adalah Kata Perbandingan atau Perumpamaan, Ini Contoh Beserta Maknanya

Diterbitkan:

Kata Kiasan Adalah Kata Perbandingan atau Perumpamaan, Ini Contoh Beserta Maknanya
Ilustrasi (credit: unsplash.com)

Kapanlagi.com - Kata kiasan adalah kata yang memiliki makna kias. Artinya kata kiasan adalah kata yang dipakai dengan memperbandingkan atau mengibaratkan sesuatu dengan keadaan lainnya. Terkadang kata kiasan juga tidak sesuai dengan arti kata sebenarnya sebab bentuknya berupa pengandaian.

Kata kiasan adalah kata yang seringkali ditemukan dalam sejumlah kalimat umum yang sifatnya tidak formal. Kata kiasan adalah sebuah kata yang biasanya dipakai untuk menekankan satu makna pesan dengan menggunakan perumpamaan baik benda hidup ataupun benda mati.

Misalnya contoh kata kiasan adalah 'Ibu membawa buah tangan'. Kata kiasan dari contoh tersebut adalah 'buah tangan.' Namun maknanya bukan berarti ibu membawa buah di tangan, melainkan bentuk kata kiasan yang memiliki arti oleh-oleh. Arti oleh-oleh tersebut bisa bermakna luas tak hanya dalam bentuk oleh-oleh berupa buah.

Sebenarnya ada beragam contoh kata kiasan yang memiliki makna berbeda dari arti kata aslinya. Untuk lebih jauh mengenal kata kiasan adalah kata perbandingan, perumpamaan, persamaan, ataupun pengandaian, berikut ini penjelasan kata kiasan yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

1. Pengertian Kata Kiasan

Kata kiasan adalah kata dengan makna yang beragam. Artinya sebab kata kiasan adalah kata yang bisa memiliki arti tidak sebenarnya dari kata aslinya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam bentuk daring atau online, kata kiasan diartikan sebagai pertimbangan tentang suatu hal dengan perbandingan atau persamaan dengan hal yang lain.

Selain itu, kata kiasan adalah kata yang juga berarti perumpamaan, ibarat, lambang, sindiran, bahkan pelajaran. Kata kiasan adalah kata yang umumnya tidak dipakai untuk menyusun kalimat bersifat formal. Tak hanya itu saja, kata kiasan adalah kata yang dipakai untuk menekankan sebuah pesan dalam bentuk kiasan.

Terkadang kata kiasan terkesan tidak nyambung bahkan aneh. Melansir dari liputan6.com, ada istilah bahasa kiasan menurut Krause tahun 2008 yang mengarah sudut pandang tidak lansung, tidak logis, bahkan memiliki tafsiran tidak masuk akal.

Namun karena bentuknya adalah kata kiasan, maka ada makna tersendiri yang disesuaikan dengan penggunaan kata tersebut berdasarkan situasinya. Sementara penggunaan kata kiasan kerap dijumpai dalam bentuk karya sastra. Dimana kebanyakan contoh kata kiasan tersebut dalam bentuk gaya bahasa majas.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Contoh Kata Kiasan

Setelah memahami pengertian kata kiasan adalah kata perbandingan, persamaan, perumpamaan, pengandaian, ataupun ibarat, perlu juga tahu contoh-contoh kata kiasan. Contoh-contoh kata kiasan di bawah ini cukup familiar digunakan. Langsung saja simak contoh kata kiasan dan maknanya.

- Buah tangan: memiliki arti oleh-oleh

- Banting tulang: memiliki arti bekerja keras.

- Lintah darat: memiliki arti rentenir.

- Kutu buku: memiliki arti gemar membaca atau rajin membaca.

- Cuci mata: memiliki arti mencari kesenangan atau melihat sesuatu yang indah.

- Bunga desa: memiliki arti perempuan tercantik.

- Naik daun: memiliki arti orang yang sedang populer atau terkenal.

- Bermuka tebal: memiliki arti tidak tahu malu.

- Tutup usia: memiliki arti meninggal dunia

- Anak emas: memiliki arti anak kesayangan atau paling dicintai

- Patah hati: memiliki arti orang yang tengah kecewa atau sakit hati karena cinta.

- Angkat kaki: memiliki arti pergi menjauh

- Meja hijau: memiliki arti pengadilan.

- Lepas tangan: memiliki arti tidak peduli atau tidak bertanggung jawab.

- Bunga tidur: memiliki arti mimpi.

- Panjang akal: memiliki arti pintar atau cerdik.

- Unjuk gigi: memiliki arti menunjukkan kelebihannya atau pamer kekuatan.

- Darah daging: memiliki arti anak kandung sendiri.

- Kebakaran jenggot: memiliki arti marah atau dipenuhi dengan emosi.

- Panjang tangan: memiliki arti seorang pencuri atau suka mencuri.

 

3. Contoh Kalimat dengan Kata Kiasan

Contoh kalimat kata kiasan di bawah ini semakin memudahkan kalian memahami kata kiasan. Adapun contoh kalimat kata kiasan kerap dipakai untuk menyampaikan sesuatu berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Berikut ini contoh kalimat kata kiasan.

- Ibu pulang dari pasar membawa buah tangan.

- Irwan patah hati setelah ditolak Santi.

- Siti jadi bunga desa yang diperebutkan pemuda kampung Rambutan.

- Gilang kini tengah naik daun setelah mendapatkan juara 1 ajang pencarian bakat.

- Melihat pacarnya bersama orang lain, Didik jadi kebakaran jenggot.

- Erni harus banting tulang untuk keluarga setelah ditinggal sang ayah.

- Jangan jadi orang panjang tangan, nanti dijauhi teman.

- Untuk wanita yang tengah berbadan dua, penting mencukupi asupan gizi buat perkembangan calon buah hati.

- Pak Tagor unjuk gigi di ajang perlombaan balap kuda.

 

4. Kegunaan Kata Kiasan

Setelah memahami pengertian dan contoh kata kiasan, ada fungsi atau kegunaan dari kata kiasan. Adapun kegunaan kata kiasan sebagai berikut.

- Kata kiasan digunakan untuk memberi penekanan menggambarkan sebuah emosi yang memiliki makna tertentu.

- Kata kiasan digunakan untuk memberi kesan romantis ataupun menggambarkan situasi tertentu.

- Kata kiasan juga dipakai untuk memberi gambaran dengan memperbandingkan, mengumpamakan, ataupun mengibaratkan benda mati seperti tampak hidup.

- Kata kiasan dapat memperindah suatu karya sastra.

Nah itulah penjelasan tentang kata kiasan adalah kata yang memiliki makna kias. Semoga dengan ulasan di atas dapat membantumu memahami arti kata kiasan secara mudah.

Sumber: liputan6.com, majalahpendidikan.com

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending