Kenalan sama AR Baswedan, Kakek Anies yang Berjasa bagi Indonesia

Rabu, 22 Maret 2017 19:04 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
Kenalan sama AR Baswedan, Kakek Anies yang Berjasa bagi Indonesia
© facebook.com/aniesbaswedan

Kapanlagi Plus - Selalu meneduhkan jika memperhatikan perangai seorang Anies Baswedan. Pasangan Sandiaga Uno di Pilkada DKI 2017 emang dianugerahi pembawaan yang kalem dan kecerdasan luar biasa. Selain getol dalam menuntut ilmu, ternyata intelegensi tingkat tinggi itu juga ia warisi dari sang kakek, Abdurrahman Baswedan. Kenalan lebih dalam sama tokoh yang kerap dipanggil AR Baswedan itu, yuk.

Sang kakek ternyata bukan sembarang orang. AR Baswedan ternyata merupakan salah satu saksi sejarah kemerdekaan Indonesia. Beliau tercatat sebagai anggota Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada masa kependudukan Jepang.

Seperti Anies, AR Baswedan juga sosok yang amat sederhana, tapi punya kemampuan diplomasi yang bagus. Salah satu pencapaian beliau adalah ketika sukses meyakinkan Mesir untuk mengakui kemerdekaan Indonesia.

Selain BPUPKI, AR Baswedan pernah tercatat sebagai anggota Badan Pekerja Komite Nasional Indonesia Pusat (BP-KNIP) dan Anggota Parlemen dan Anggota Dewan Konstituante. Selain itu, beliau juga sepat menjabat sebagai Wakil Menteri Muda Penerangan pada jajaran kabinet Perdana Menteri Sjahrir.

Kakek Anies tersebut meninggal pada tanggal 16 Maret 1986 pada usia 77 tahun. Namun, sebelum memejamkan mata AR Baswedan pernah berwasiat jika ia tak ingin dimakamkan di TMP Kalibata. Beliau lebih ingin tidur dengan tenang dekat para pejuang yang bersemayam di Tanah Kusir, Kebayoran Lama.

Jasa kakek Anies, AR Baswedan, bagi Indonesia patut diapresiasi, KLovers.

(kpl/zki)



MORE STORIES




REKOMENDASI