Khatamul Anbiya Wal Mursalin Artinya Gelar Nabi Terakhir, Beserta Penjelasan dan Gelar Lainnya yang Dimiliki Rasulullah

Senin, 25 April 2022 18:11 Penulis: Dhia Amira
Khatamul Anbiya Wal Mursalin Artinya Gelar Nabi Terakhir, Beserta Penjelasan dan Gelar Lainnya yang Dimiliki Rasulullah
Ilustrasi (credit: Pexels)


Kapanlagi Plus - Ada banyak sekali gelar yang diberikan untuk Nabi Muhammad SAW karena kemuliaan beliau. Seperti gelar Khatamul Anbiya Wal Mursalin artinya adalah nabi terakhir yang mulai. Rasulullah SAW memang memiliki beberapa julukan dan gelar yang terpuji juga istimewa. Seperti Al Amin dan juga Khatamul Anbiya.

Khatamul Anbiya Wal Mursalin artinya sebagai gelar untuk Nabi Muhammad SAW beserta peristiwa sejarahnya dan ayat dalam Alquran yang dapat kalian simak melalui ulasan di bawah. Sehingga KLovers bisa memahami dan apa gelar Khatamul Anbiya Wal Mursalin artinya, beserta gelar-gelar lainnya.

Nah, untuk itu berikut ini penjelasan tentang Khatamul Anbiya Wal Mursalin artinya gelar nabi terakhir beserta dengan penjelasan dan juga gelar lain yang dimiliki oleh Rasulullah SAW.

 

1. Arti Khatamul Anbiya Wal Mursalin

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa, Khatamul Anbiya Wal Mursalin artinya adalah gelar nabi terakhir yang mulai. Bila diringkas, Khatamul Anbiya artinya adalah penutup para nabi dan rasul. Sedangkan Wal Musalin artinya adalah dan semulia-mulianya atau paling mulia.

Sehingga, bila disimpulkan bahwa gelar Khatamul Anbiya Wal Mursalin artinya adalah penutup para nabi dan rasul dan paling mulia di antaranya. Selain gelar ini, nabi Muhammad SAW pun memiliki gelar yang lainnya yang dimiliki karena akhlak beliau.

Gelar Khatamul Anbiya ini diberikan bukan karena sembarang ya KLovers. Hal ini sudah dituliskan dalam ayat suci Alquran pada surat Al-Ahzab ayat 40 yang menjelaskan bahwa, Allah SWT menjadikan nabi Muhammad SAW sebagai nabi terakhir atau penutup dari para nabi.

"Muhammad itu bukanlah bapak dari seseorang di antara kamu, tetapi dia adalah utusan Allah dan penutup para nabi. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu." (Surah Al-Ahzab ayat 40)

 

2. Penjelasan Gelar Khatamul Anbiya

Seperti yang KLovers ketahui bahwa, Nabi Muhammad sendiri memiliki banyak sekali gelar salah satunya Khatamul Anbiya. Ya, gelar Khatamul Anbiya Wal Mursalin artinya ini berasal dari kata khatam yang artinya berakhir, dan anbiya yang terdapat salah satu surat dalam Alquran yang artinya para nabi.

Sehingga gelar Khatamul Anbiya artinya adalah nabi terakhir yang Allah SWT utus untuk memberikan kabar baik dan peringatan pada manusia. Hal ini juga telah dicantumkan dalam sebuah surat, Allah SWT berfirman dalam Surat Al-Azhab ayat 40.

"Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu."

Dan ketentuan ini sudah juga lah yang menjaga ajaran agama Islam tidak bisa diubah-ubah. Karena, bila ada manusia lain yang mengaku sebagai nabi setelah nabi Muhammad SAW, maka hal itu bisa dikatakan sebagai suatu kebohongan besar.

Karena, Allah SWT tidak akan pernah lagi menurunkan nabi setelah nabi Muhammad SAW. Itulah mengapa gelar Khatamul Anbiya Wal Mursalin artinya adalah nabi terakhir atau penutup para nabi yang paling mulia. Sehingga, seorang muslim akan percaya bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT dan nabi Muhammad adalah utusan Allah dan suri tauladan bagi umat muslim hingga akhir zaman.

 

3. Gelar-Gelar Rasulullah SAW

Selain KLovers mengetahui gelar Khatamul Anbiya Wal Mursalin artinya nabi terakhir, KLovers juga bisa mengetahui gelar lain yang dimiliki oleh nabi Muhammad SAW. Tidak ada orang yang bisa menandingi sifat dan akhlak terpuji Rasulullah SAW.

Karena itulah setiap umat dapat meneladani sifat Rasulullah SAW sebagai kekasih Allah SWT. Selain gelar Khatamul Anbiya ada beberapa gelar yang dimiliki Rasulullah SAW. Adapun gelar-gelar Rasulullah SAW yang bisa kalian pahami dan ketahui sebagai berikut:

1. Ahmad yang artinya sangat banyak pujiannya atau Nabi yang dipuji.

2. Al-Mahiy yang artinya penghapus kebodohan di masa jahiliyah.

3. Al-'Aqib yang Artinya Nabi penutup atau tidak ada nabi setelah Rasulullah SAW wafat.

4. Nabiyur Rahmah yang artinya Nabi yang penyayang dan penuh kasih.

5. Nabiyutttaubah yang artinya Nabi orang yang bertaubat.

6. Abdullah yang artinya hamba Allah SWT.

7. Miftah Jannah yang artinya kunci surga.

8. Ahid: Artinya berbuat adil.

9. Nabiyul Malahim yang artinya Nabi yang banyak melakukan perang.

10. Aziz yang artinya kemuliaan.

11. Alamul Iman yang artinya sangat mengetahui keimanan dan mengenal Allah SWT.

12. Basyir yang artinya pembawa kabar baik.

13. Da'in yang artinya mengajak kepada Allah SWT.

14. Kamil yang artinya sempurna.

15. Habibullah yang artinya kekasih Allah SWT.

16. Hizbullah yang artinya tentara Allah SWT.

Nah, itulah penjelasan tentang gelar Khatamul Anbiya Wal Mursalin artinya nabi terakhir untuk Nabi Muhammad SAW, beserta makna dan sejarahnya yang perlu kalian ketahui. Semoga dengan mengetahui Khatamul Anbiya Wal Mursalin artinya bisa ilmu serta teladan dalam kehidupan kalian sehari-hari.

 

(kpl/gen/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI