Kominfo Kemungkinan Kembali Batasi Whatsapp dan Sosial Media saat Sidang MK Hari Ini

Jum'at, 14 Juni 2019 07:50 Penulis: Ayu Srikhandi
Kominfo Kemungkinan Kembali Batasi Whatsapp dan Sosial Media saat Sidang MK Hari Ini
soscmed © istimewa


Kapanlagi Plus - Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang terkait pilpres yang diajukan oleh Prabowo - Sandi hari ini, Jumat (14/06/2019). Karena itu, bisa jadi akses layanan sosial media seperti Whatsapp, Instagram, Facebook, dan lainnya akan kembali dibatasi.

Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan melihat situasi sebelum mengambil langkah selanjutnya. Jika dirasa tidak kondusif, akan besar peluang akses sosial media dibatasi untuk mengurangi penyebaran hoax.

1. Siap Batasi Akses Whatsapp

Pihak Kominfo akan memantau seberapa besar berita hoax yang beredar di sosial media hari ini. Jika ada hasutan yang membahayakan kesatuan NKRI, maka akses Whatsapp dan sosial media lainnya akan langsung dibatasi.

"Situasional dan Kondisional. Jika eskalasi berita hoaks dan hasutan meningkat sangat luar biasa disertai dengan kejadian di sekitar MK yang membahayakan keutuhan NKRI," ungkap Ferdinandus saat dihubungi KompasTekno, Kamis (13/6/2019).

2. Tidak Memblokir Sepenuhnya

Kominfo memastikan kalau mereka tidak memblokir sosial media dan hanya membatasi akses, seperti menerima atau mengirim gambar. Mereka juga menghimbau agar pengguna smartphone tidak memakai VPN karena membahayakan data para pemilik.

Di sisi lain, MK menggelar sidang perdana atas ajuan Prabowo-Sandi untuk memutuskan lanjut tidaknya sengketa ke tahapan sidang dengan mempertimbangkan bukti yang diberikan. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto - Sandiaga Uno menolak hasil KPU yang menyatakan Prabowo - Sandi kalah suara dari Jokowi-Ma'ruf.

(kom/jje)

Editor:

Ayu Srikhandi



MORE STORIES




REKOMENDASI