Kreativitas Mengandung Arti Daya Cipta, Ketahui Tahapan dan Tips dalam Menerapkannya

Jum'at, 13 Mei 2022 11:44
Kreativitas Mengandung Arti Daya Cipta, Ketahui Tahapan dan Tips dalam Menerapkannya
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Kreativitas mengandung arti yang cukup luas dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini mengarah pada proses penciptaan yang dilalui setiap orang.

Oleh karena itu, kreativitas mengandung arti sebagai daya cipta. Orang yang kreatif biasanya punya ide dan kemampuan yang baru dalam berkarya.

Tak hanya mengacu pada karya seni, kreativitas mengandung arti daya cipta dalam berbagai bidang. Misalnya, kemampuan seseorang dalam mencari solusi dalam memecahkan masalah. Nah, bagi kalian yang penasaran dengan arti kreativitas lebih lanjut, langsung saja simak penjelasan berikut ini.

 

1. Kreativitas Mengandung Arti Daya Cipta

Terkadang, kreativitas hanya sering dikaitkan pada aktivitas kesenian. Misalnya, kreativitas sering diasosiasikan dengan pelukis, musisi, atau sastrawan dalam berkarya. Padahal sebenarnya, kreativitas mengandung arti daya cipta pada berbagai bidang. Bahkan, kreativitas juga bisa dimiliki dan dikembangkan setiap orang.

Oleh karena itu, pengertian kreativitas sendiri bisa bermacam-macam saat dikaitkan sesuai bidang yang dikerjakan. Namun, umumnya kreativitas dimaknai sebagai suatu kemampuan atau keahlian seseorang atau kelompok tertentu dalam menemukan berbagai macam inovasi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kreativitas mengandung arti kemampuan untuk mencipta atau daya cipta. Penciptaan ini bisa berbentuk inovasi dalam memecahkan masalah yang muncul dengan cara baru. Situasi ini jadi salah satu contoh bagaimana kreativitas tak selalu berhubungan dengan hal-hal yang berbau seni. Nah, jika seseorang punya daya cipta yang tinggi, apalagi sudah diasah dengan baik, ia akan punya pemikiran yang mumpuni untuk menemukan solusi baru dengan cepat saat tertimpa masalah.

 

2. Pengertian Kreativitas Menurut Para Ahli

1. Clarkl Monstakis (dalam Munandar, 1995)

Kreativitas adalah pengalaman mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu antara hubungan diri sendiri, alam, dan orang lain.

2. Sternberg

Menurut Sternberg, kreatif adalah seseorang yang mampu berpikir dengan sintetis yang jika diartikan bahwa seseorang bisa melihat setiap hubungan yang ada, tetapi orang lain tidak dapat melihatnya, memiliki kemampuan untuk menganalisa setiap ide yang muncul, dapat mengevaluasi nilai atau kualitas karya yang telah dibuat, dapat menerjemahkan setiap teori serta hal-hal yang sifatnya abstrak menjadi ide-ide kreatif, sehingga seseorang bisa membuat orang lain yakin tentang ide-ide yang telah disampaikan.

3. Csikzentmihalyi (dalam Munandar, 1995)

Menurut Csikzentmihalyi, kreativitas mengandung arti sebagai produk yang berkaitan dengan penemuan sesuatu, memproduksi sesuatu yang baru, daripada akumulasi keterampilan atau berlatih pengetahuan dan mempelajari buku.

4. Supriadi

Pengertian kreatif menurut Supriadi adalah sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang yang digunakan untuk menciptakan suatu hal yang baru, baik itu berupa gagasan atau karya yang cenderung berbeda dengan karya-karya yang sudah ada. Kreativitas adalah suatu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang menandakan terjadinya eskalasi dalam kemampuan berpikir yang ditandai dengan suksesi, diskontinuitas, diferensiasi, dan integrasi antara tahap perkembangan.

5. James J. Gallagher (1985)

"Creativity is a mental process by which an individual creates new ideas or products, or recombines existing ideas and product, in fashion that is novel to him or her."

(Kreativitas adalah suatu proses mental yang dilakukan individu berupa gagasan atau produk baru, atau mengombinasikan antara keduanya yang pada akhirnya akan melekat pada dirinya.)

 

3. Tahapan Kreativitas

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kreativitas mengandung arti daya cipta. Sebelum menghasilkan sesuatu, tentu seseorang perlu melalui proses penciptaan. Nah, berikut ini merupakan tahapan kreativitas seseorang saat berada pada proses tersebut.

1. Tahap persiapan berisi berbagai kegiatan untuk mengenali masalah, menghimpun data yang relevan, hingga menjajaki kemungkinan-kemungkinan yang mungkin akan terjadi.

2. Tahap inkubasi terjadi saat informasi atau data terkumpul. Dalam tahap ini kalian bisa istirahat dan merenungkannya. Hal ini perlu dilakukan karena kreativitas adalah kemampuan pikiran dalam mengaitkan berbagai gagasan hingga menghasilkan sesuatu yang baru dan unik.

3. Tahap pencerahan merupakan fase ketika gagasan baru muncul di kepala. Gagasan tersebut yang nantinya dikembangkan sebagai jawaban atas tantangan yang sedang dihadapi.

4. Tahap pembuktian adalah fase saat seseorang mulai meyakinkan diri bahwa gagasan yang diperoleh dapat diterapkan dan dicoba. Setelah itu, ia akan bersiap untuk melakukan eksekusi.

 

4. Tips Meningkatkan Kreativitas

Setelah mengetahui arti kreativitas, kini kalian juga perlu mencoba untuk meningkatkannya. Ada beberapa langkah yang bisa kalian tempuh untuk mewujudkan hal tersebut, antara lain:

1. Ubah rutinitas harian dan mulailah melihat dunia dengan pandangan yang segar.

2. Dokumentasikan berbagai hal, foto, barang-barang tertentu, tiket bioskop, dan berbagai hal lainnya.

3. Jadilah orang yang banyak akal. Biasakan memanfaatkan barang yang ada ketimbang membeli barang baru.

4. Kurangi bermain handphone atau media sosial di waktu-waktu bekerja.

5. Buat deadline kepada diri sendiri.

6. Lupakan sesuatu yang pernah atau sudah dilakukan di masa lalu.

7. Katakan lebih banyak "ya" untuk peluang baru yang didapat. Sikap positif dan keterbukaan terhadap proyek baru dapat mengarahkan seseorang ke proyek kreatif berikutnya.

8. Bangun jaringan kreatif.

9. Jadilah orang yang optimis dalam menghadapi situasi atau suatu masalah.

Nah, KLovers, itulah penjelasan mengenai arti kreativitas. Secara singkat, kreativitas mengandung arti daya cipta yang bisa disesuaikan dengan bidang yang ditekuni masing-masing orang.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI