Luangkan Banyak Waktu untuk Cari Nama, Apa Kucing Benar-Benar Bisa Dipanggil?

Kamis, 08 April 2021 07:30 Penulis: Wuri Anggarini
Luangkan Banyak Waktu untuk Cari Nama, Apa Kucing Benar-Benar Bisa Dipanggil?
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Kitty, Shiro, Felix, atau apa pun nama yang diberikan untuk kucing kesayangan, pemiliknya biasanya akan meluangkan waktu untuk mencari panggilan yang unik dan punya makna tersendiri. Tapi tak jarang kamu jadi bertanya-tanya apakah anabul mengenali nama yang diberikan dan menanggapi saat dipanggil. Biar nggak penasaran, intip dulu penjelasannya.

Fakta, Kucing Tahu Namanya!

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Bukan rahasia lagi kalau kucing adalah hewan peliharaan yang cerdas. Selain bisa melakukan komunikasi nonverbal atau bahasa tubuh untuk menunjukkan keinginan dan perasaannya, ada satu lagi kemampuannya yang bisa dibanggakan.

Menurut penelitian Universitas Sophia di Tokyo, Jepang, anabul tampak mengenali nama yang berbeda dari kata lainnya. Hasil penelitian ini juga didukung oleh Scientific Reports kalau hewan peliharaanmu mampu memberikan respons pada namanya.

Tampak Cuek, Tapi Perhatian

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Kucing dirancang untuk menjadi pemburu dan memerhatikan lingkungannya. Tapi anabulmu juga merupakan makhluk sosial yang sedikit banyak meniru manusia di dekatnya.

Misalnya, penelitian menunjukkan kalau hewan peliharaanmu akan memerhatikan obyek baru dan mendapatkan perasaan yang lebih positif jika pemiliknya juga melakukan hal yang sama. Walau bahasa tubuh dan tingkah lakunya dianggap lebih misterius ketimbang anjing, sebenarnya kucing juga memberikan perhatian.

Mengapa Kucing Sulit Dipanggil?

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Penelitian membuktikan jika kucing dengan mudah membedakan suara dan isyarat seperti namanya. Bagaimana dan kapan anabul merespons panggilanmu kemungkinan besar tergantung pada sifat dan perasaannya saat itu. Biasanya, hewan peliharaanmu akan lebih cuek saat sedang asyik bermain sendiri, berjemur, atau tertidur di tempat persembunyian favoritnya.

Cara Melatihnya

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Jangan menggunakan hukuman saat kucingmu tidak memberikan respons yang diharapkan. Nantinya anabul akan memahami jika namanya akan dikaitkan dengan segala bentuk hukuman di masa depan.

Untuk mengasah kemampuannya datang saat dipanggil, coba gabungkan nama kucingmu ke aktivitas yang menarik perhatiannya. Misalnya menyebutkan namanya tepat sebelum menawarkan mainan favoritnya, membelainya, atau meletakkan mangkuk makanannya.

Jika kucing mengasosiasikan sesuatu yang positif dengan namanya, terutama oleh manusia yang dikenalnya, peluang untuk mendapatkan tanggapan akan lebih besar. Selain itu, bisa juga memberikan treat setiap kali anabul berhasil datang saat namanya dipanggil. Pilih cat food favoritnya seperti Muezza, yang punya 4 varian rasa lezat seperti Tuna Flavor, Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, dan Salmon Flavor.

Selain menggugah selera makan anabul kesayanganmu, brand makanan kucing kering ini juga mengandung nutrisi lengkap yang berasal dari bahan-bahan alami. Memanfaatkan teknologi modern, Muezza bebas dari bahan sintetik yang berbahaya bagi kesehatan hewan peliharaanmu.

Baik bagi kucingmu, pemilik pun jadi bebas was-was karena Muezza sudah mendapatkan sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Tak perlu ragu saat terkena air liur, juga saat mencari tempat penyimpanannya atau mencuci peralatan makannya di tempat cuci piring yang sama. Dukung tumbuh kembang kucing kesayangan agar selalu happy dan aktif, pesan Muezza pilihanmu di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

 

(*/eth/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI