Manfaat Musik Saat Masa Kehamilan, Salah Satunya Membentuk Kepribadian Calon Buah Hati

Rabu, 01 April 2020 15:44 Penulis: Dita Tamara
Manfaat Musik Saat Masa Kehamilan, Salah Satunya Membentuk Kepribadian Calon Buah Hati
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Mendengarkan musik saat hamil ternyata dapat memberi ketenangan lho KLovers. Manfaat mendengarkan musik lainnya yaitu, membantu ibu meredam stres saat hamil, dan dapat membantu merangsang perkembangan calon bayi.

Saat hamil, hormon pada ibu dapat berubah-ubah dan mempunyai tingkat stres tersendiri. Karenanya, disarankan agar mendengarkan musik ketika sudah mulai jenuh dan bosan. Hal ini dilakukan guna menjaga kesehatan ibu dan bayi yang ada dalam kandungan.

Penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi saat kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir prematur, berat badan lahir bayi rendah, dan meningkatkan risiko masalah perilaku pada bayi ketika dirinya menginjak usia anak-anak.

Maka dari itu, berikut adalah beberapa manfaat mendengarkan musik saat masa kehamilan yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

 

 

1. Dapatkah Musik di Dengar Oleh Calon Bayi?

Fakta yang perlu kalian ketahui yaitu, ternyata bayi ketika masih berada di dalam kandungan, sudah memiliki kemampuan mendengar hingga tiba saatnya Ia dilahirkan ke dunia.

Hal ini penting diketahui oleh ibu, agar selalu memberikan stimulus yang baik. Kebiasaan mengajak calon bayi berbicara, dan mendengarkan musik merupakan pilihan yang tepat agar bayi lebih aktif. Terkadang, bayi akan memberikan respon dengan gerakan maupun tendangan kepada sang ibu.

2. Waktu yang Tepat Mendengarkan Musik Pada Calon Bayi

Dikutip dari The Sun, Dr Maris Lopez Teijon dari Institute Marques mengatakan bahwa janin dapat mendengar dari minggu ke-16 dan seterusnya ketika mereka berukuran 11 cm. Pada usia kehamilan 16 minggu, bayi memang sudah dapat mulai mendengar suara. Kemampuannya mendengar akan lebih sensitif seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Sedangkan pembentukan mata dan telinga bayi, dimulai pada bulan kedua kehamilan. Saat itulah sel-sel di dalam embrio yang sedang berkembang, mulai mengatur diri menjadi wajah, otak, hidung, mata, dan telinga. Pada kira-kira usia 9 minggu, sedikit lekukan di sisi leher bayi akan muncul ketika telinga terus terbentuk di bagian dalam dan luar. Lekukan ini akan mulai bergerak ke atas, sebelum berkembang menjadi telinga.

3. Mendengarkan Musik Dapat Membantu Proses Persalinan

Manfaat musik selain untuk bayi, musik juga dapat membantu pada saat proses persalinan. Calon ibu ketika mendengarkan musik, tentunya akan merasa nyaman dan santai pada saat melahirkan. Oleh sebabnya, musik dipercaya mampu membangun suasana yang tenang, meningkatkan relaksasi, dan mengurangi stress selama proses persalinan.

Selain itu, manfaat musik yang mampu merangsang pikiran seseorang terhubung dengan pengalaman yang berharga dan dianggap mampu meredakan sakit secara alami. Mendengarkan music dapat menjadi pilihan yang efektif dalam menurunkan kecemasan dan tingkat stress yang tinggi pada ibu.

Manfaat lainnya yaitu, musik bisa membantu mengalihkan perhatian dan membantu calon ibu mengendalikan diri selama proses persalinan. Hal tersebut dapat mempercepat proses persalinan.

4. Manfaat Mendengarkan Musik Saat Hamil

Dilansir dari halodoc, berikut ini manfaat mendengarkan musik pada masa kehamilan:

-Dapat meningkatkan refleks bayi. Kebiasaan ibu mendengarkan musik, dapat membantu calon bayi untuk bergerak sesuai dengan ketukan dari getaran yang dihasilkan oleh musik. Hal ini dapat meningkatkan refleks dan reaksi bayi, serta keseluruhan gerakannya.

-Membantu menenangkan bayi. Seperti yang diyakini oleh para ahli bahwa setelah dilahirkan, bayi dapat mengingat kembali musik dan suara yang didengarkan oleh ibunya selama hamil, maka ibu dapat memutarkan musik yang sama tersebut untuk menenangkan si bayi setelah ia sudah lahir nanti.

-Dapat meningkatkan indera pendengaran bayi. Mendengarkan musik melalui earphone, hal itu akan membuat konsentrasi dan indera pendengaran bayi yang di dalam kandungan meningkat secara signifikan. Bayi mungkin belum bisa mencerna musik yang didengarnya, ia hanya bisa mendengar getaran dari gelombang suara yang dihasilkan oleh musik. Walaupun demikian, bayi bisa berusaha berkonsentrasi pada suara yang ia dengar, dan hal ini baik untuk merangsang mentalnya.

-Membentuk kepribadian bayi secara keseluruhan. Jenis musik yang ibu dengarkan selama hamil dapat memengaruhi  kepribadian si bayi secara keseluruhan. Misalnya jika selama hamil, ibu sering mendengarkan lagu-lagu yang pelan, maka kemungkinan bayi yang lahir nanti akan memiliki kepribadian yang tenang. Sebaliknya, jika ibu selama hamil mendengarkan lagu-lagu yang kencang dan cepat, maka kemungkinan akan menumbuhkan kepribadian yang agresif dan aktif pada bayi.

(kpl/dtm/gen)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI