7 Penyakit yang Bisa Tingkatkan Risiko Tertular Virus Corona Covid-19, Ketahui agar Bisa Lebih Waspada

Rabu, 01 April 2020 16:22 Penulis: Puput Saputro
7 Penyakit yang Bisa Tingkatkan Risiko Tertular Virus Corona Covid-19, Ketahui agar Bisa Lebih Waspada
(credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Angka statistik jumlah penderita virus corona covid-19 terus bertambah, seiring dengan penyebarannya yang meluas. Penderita virus yang menyerang sistem pencernaan ini, didominasi lansia dengan penyakit yang bisa tingkatkan risiko tertular virus corona covid-19.

Sejumlah ahli pun menyatakan bahwa memang ada beberapa penyakit yang bisa tingkatkan risiko tertular virus corona covid-19. Hal ini karena daya tahan tubuh mudah menurun karena adanya penyakit tertentu.

Oleh karena itu, penting untuk kalian agar selalu menjaga kesehatan. Terlebih bagi kalian yang sudah mempunyai penyakit kambuhan. Karena bisa jadi penyakit tersebut merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa tingkatkan risiko tertular virus corona covid-19.

Agar tahu lebih jelas lagi, berikut beberapa penyakit yang bisa tingkatkan risiko tertular virus corona covid-19:

1. Asma

Asma menjadi salah penyakit yang bisa tingkatkan risiko tertular virus corona covid-19. Seperti yang kalian tahu, asma dan virus corona covid-19 sama-sama menyerang sistem pernapasan.

Jika seorang penderita asma yang terinfeksi virus corona covid-19, gejala yang dirasakan akan bisa lebih menyesakkan daripada biasanya. Bahkan seseorang yang kerap mengalami gangguan pernapasan bisa berisiko mengalami asma setelah terjangkit virus corona covid-19.

Oleh karena itu, setiap penderita asma untuk melakukan social distancing agar terhindar dari virus mematikan ini. Selain itu, sebaiknya pengguna asma juga mengantisipasi dengan membawa inhaler obat asma. Sehingga, ketika asma kambuh bisa segera teratasi.

2. Diabetes

Penyakit yang bisa tingkatkan risiko tertular virus corona covid-19 selanjutnya adalah diabetes. Selama ini kalian pasti sudah mengenal diabetes sebagai salah satu penyakit kronis yang bisa memicu berbagai macam komplikasi penyakit. Nah ternyata tidak hanya bisa memicu komplikasi saja, diabetes juga bisa menjadi pemicu meningkatnya risiko tertular virus corona covid-19.

Mengapa bisa begitu? Sama seperti berbagai jenis penyakit kronis lainnya, diabetes bisa berdampak pada menurunnya daya tahan tubuh. Sementara, seperti yang kita tahu virus corona covid-19 sangat rentan menular pada orang dengan daya tahan tubuh rendah. Selain itu, kadar gula yang tinggi di penderita diabetes juga bisa membuat virus corona covid-19 semakin kuat.

Penderita diabetes yang tidak ditangani dengan baik juga bisa mengalami kerusakan berbagai organ dalam, termasuk paru-paru. Hal ini juga bisa memperparah kondisi seseorang penderita diabetes jika terinfeksi virus corona covid-19.

3. Jantung

Jantung disebut-sebut menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Sama seperti penyakit diabetes, segala jenis sakit jantung mulai dari gagal jantung sampai jantung koroner bisa mengakibatkan daya tahan tubuh penderitanya tidak stabil atau bahkan menurun. Dengan begitu, penderita penyakit ini juga akan jadi lebih rentan terkena virus corona covid-19. 

4. Ginjal

Meskipun dikenal sebagai virus yang menyerang sistem pernapasan, ternyata corona tidak hanya serta-merta menyerang paru-paru dan saluran pernapasan.

Dilansir dari alodokter.com, terdapat sejumlah laporan yang menyebutkan bahwa beberapa dari orang yang terinfeksi virus ini juga mengalami gangguan gagal ginjal. Padahal, menurut laporan penderita, dia tidak mengalami gangguan ginjal saat sebelum terjangkit virus corona covid-19.

5. Kanker

Penyakit kronis berikutnya yang berpotensi meningkatkan risiko tertular virus corona covid-19 adalah kanker. Daya tahan tubuh penderita kanker juga terganggu akibat sudah kewalahan mengatasi infeksi akibat sel kanker.

Dengan daya tahan tubuh yang sedemikian lemah itu, penderita kanker menjadi masuk dalam golongan rentan tertular virus corona covid-19. Selain itu, penderita kanker yang sedang menjalani kemoterapi juga lebih berpotensi tertular virus yang berasal dari Wuhan, China ini.

6. Demensia

Demensia merupakan penyakit yang menyebabkan menurunnya daya ingat. Secara umum penyakit ini mungkin lebih dikenal dengan istilah kepikunan. Meski tidak ada hubungannya secara langsung dari segi medis dengan virus corona covid-19, tapi kepikunan bisa menyebabkan seseorang lupa melakukan berbagai hal, salah satunya mencuci tangan.

Padahal, seperti yang kalian tahu, rajin-rajin mencuci tangan menjadi satu cara pencegahan yang paling disarankan. Selain itu, penderita demensia atau kepikunan juga berpotensi melupakan hal-hal yang harus dihindari agar tidak tertular virus corona covid-19, seperti melakukan kontak fisik dan tidak menerapkan social distancing.

7. Darah Tinggi

Darah tinggi atau hipertensi juga bisa menjadi satu pemicu meningkatnya risiko penularan virus corona covid-19. Dilansir dari brilio.net, seorang dokter di Wuhan menjelaskan ia banyak menangani pasien virus corona covid-19 dengan penyakit darah tinggi.

Itulah beberapa penyakit yang bisa tingkatkan risiko tertular virus corona covid-19. Dengan mengetahuinya sedini mungkin, semoga bisa memotivasi kalian untuk lebih menjaga kesehatan diri sendiri dan orang-orang tersayang di sekitar kalian. Terutama, kesehatan para orangtua dan lansia yang mempunyai penyakit-penyakit tersebut.

(kpl/psp/gen)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI