Memahami Arti Booking dalam Konteks Bisnis, Ketahui Juga Kosakata Transaksi Bahasa Inggris yang Lain

Sabtu, 10 Desember 2022 10:11
Memahami Arti Booking dalam Konteks Bisnis, Ketahui Juga Kosakata Transaksi Bahasa Inggris yang Lain
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Internet dan media sosial kini jadi ladang bisnis yang cukup menjanjikan. Banyak transaksi mulai dari jual beli hingga pemesanan atau sewa yang dilakukan di internet. Alhasil berbagai kosakata di bidang transaksi bisnis pun mulai populer di masyarakat. Kata booking adalah salah satunya. Kata ini sudah cukup lumrah dipakai di keseharian. Lantas, apa arti booking sebenarnya?

Kata booking biasa dijumpai di situasi tertentu saat melakukan transaksi bisnis di dunia maya. Namun belakangan, kata booking tak saja digunakan di media sosial dan internet. Kata ini juga sudah mulai digunakan dalam transaksi bisnis offline atau yang dilakukan secara langsung. Maka dari itu, penting untuk tahu arti booking agar terhindar dari salah paham di kemudian hari.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasan penjelasan tentang arti booking.

 

1. Arti Booking Menurut Kamus

Kata atau istilah booking yang biasa digunakan untuk transaksi bisnis berasal dari kata bahasa Inggris. Maka dari itu, cara paling mudah untuk mengetahui arti booking adalah dengan mengeceknya di kamus.

Menurut kamus online dictionary.cambridge.org, kata booking didefinisikan sebagai "an arrangement you make to have a hotel room, tickets, etc. at a particular time in the future". Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, kurang lebih artinya adalah "pengaturan atau kesepakatan yang Anda buat untuk memiliki kamar hotel, tiket, dll. pada waktu tertentu di masa depan".

Berdasarkan pengertian tersebut, maka bisa disimpulkan bahwa dalam bahasa Indonesia, arti booking bisa diartikan sebagai pemesanan. Hal tersebut sesuai dengan penggunaan kata booking dalam transaksi bisnis, yaitu untuk memesan suatu produk atau jasa, misalkan kamar hotel, tiket pesawat, tempat duduk di restoran, dan sebagainya.

 

2. Arti Lain Booking

Selain dalam ranah transaksi bisnis, dalam bahasa Inggris ternyata kata booking juga mempunyai arti lain. Masih dilansir dari kamus online dictionary.cambridge.org, arti kedua dari kata booking didefinisikan sebagai "punishment" atau hukuman. Lebih lanjut dalam penjelasan di kamus tersebut, kata booking menjadi istilah hukuman dalam olahraga sepak bola.

Dalam kamus online dictionary.cambridge.org, disebutkan booking merupakan "a punishment for breaking the rules in a football game in which the referee writes the player's name in a book". Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, berarti "hukuman karena melanggar peraturan dalam permainan sepak bola dimana wasit menuliskan nama pemain dalam sebuah buku (kartu kuning)".

 

3. Contoh Penggunaan kata Booking dalam Kalimat Bahasa Inggris

Berdasarkan penjelasan arti booking menurut kamus di atas, diketahui bahwa kata booking mempunyai dua makna. Maka dari itu, untuk mengartikan kata booking dalam kalimat bahasa Inggris tak bisa sembarangan. Kita perlu melihat konteks kalimat secara keseluruhan untuk tahu, apakah dalam kalimat tersebut booking berarti "pemesanan" atau justru berarti "hukuman".

Nah untuk mengetahui perbedaan konteks tersebut, langsung saja simak ulasan contoh kalimat bahasa Inggris dengan kata booking berikut ini.

1. Contoh Kalimat Bahasa Inggris dengan Kata Booking (Pemesanan)

- We made the booking three months ago. (Kami membuat pemesanan tiga bulan lalu.)

- Brad was away so we had to cancel the booking. (Brad sedang pergi jadi kami harus membatalkan pemesanan.)

2. Contoh Kalimat Bahasa Inggris dengan Kata Booking (Hukuman)

- When a defender gets a booking, he has to be careful not to get another and be sent off. (Saat bek mendapat kartu kuning, dia harus berhati-hati agar tidak mendapat kartu kuning dan dikeluarkan dari lapangan.)

 

4. Kosakata Transaksi Bahasa Inggris yang Lain

Di samping kata booking, masih ada banyak kosakata transaksi bisnis lain dalam bahasa Inggris yang akhirnya populer di media sosial dan dipakai masyarakat luas.

Maka dari itu selain mengetahui arti booking, kalian juga mengetahui beberapa kosakata jual beli dalam bahasa Inggris lainnya untuk pengetahuan tambahan. Berikut beberapa kosakata bisnis dalam bahasa Inggris yang sudah umum dipakai di transaksi jual beli online, selain arti booking. 

1. Available: Tersedia

2. Bargain: Penawaran

3. Bill: Tagihan

4. Brand: Merek

5. Buy: Beli

6. Cash: Tunai

7. Cashback: Uang Kembali

8. Change for: Biaya

9. Change: Tukar uang

10. Cheap: Murah

11. Clossed: Tutup

12. Complaint: Keluhan

13. Coupon: Kupon

14. Cost: Harga

15. Customer: Pelanggan

16. Discount: Diskon

17. Expensive: Mahal

18. For sale: Dijual

19. Free: Gratis

20. Fund: Jual Beli

21. In stock: Ada Persediaan (Tersedia)

22. Loyalty Card: Kartu Pelanggan

23. Out of stock: Tidak ada stok

24. Packaging: Pengemasan

25. Package: Paket

26. Price: Harga

27. Price Tag: Label Harga

28. Pay: Bayar

29. Pre-Order: Pesan Dulu

30. Product: Produk

31. Purchase: Pembelian

32. Queue: Antrean

33. Receipt: Bon

34. Refund: Pengembalian

35. Retailer: Toko Pengecer

36. Salesperson: Tenaga penjual

37. Second Hand: Barang Bekas

38. Second Hand Store or Consignment Shop: Toko Barang Bekas

39. Sell: Jual

40. Showroom: Tempat Menunjukkan Barang

41. Spend: Menghabiskan

42. Supply: Pasokan

43. Tax: Pajak

44. Value: Nilai

45. Warranty: Garansi

Itulah di antaranya penjelasan arti booking dan beberapa kata lainnya dalam jual beli bahasa Inggris. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian terutama dalam berbisnis!

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI