Arti GBU dan WUATB: Penjelasan Beserta Contohnya

Senin, 25 April 2022 14:22
Arti GBU dan WUATB: Penjelasan Beserta Contohnya
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Istilah GBU dan WUATB sering kali muncul dalam sebuah ucapan. Arti GBU dan WUATB sendiri bisa dipahami sebagai singkatan.

Arti GBU adalah "God Bless You" atau "Tuhan Memberkatimu". Sementara WUATB adalah singkatan dari "Wish You All The Best". Dua-duanya punya makna yang bagus untuk disampaikan sebagai harapan kepada orang lain.

Nah, agar lebih jelas dalam memahami keduanya, tak ada salahnya untuk menyimak informasi berikut ini. Berisi penjelasan mengenai arti GBU dan WUATB beserta contohnya, informasi ini mungkin akan berguna bagi kalian.

 

1. Arti GBU

GBU adalah singkatan dari ucapan "God Bless You" atau "Tuhan Memberkatimu". Pada perkembangannya, arti GBU menimbulkan kontroversi. Terlebih pada konteks penggunaannya dalam bahasa Indonesia. Konon, mengucapkan GBU merupakan bagian dari tradisi umat Nasrani untuk memberkati orang lain.

Oleh karena itu, timbul anggapan bahwa sebaiknya umat Islam tak ikut-ikutan mengucapkan ungkapan ini kepada teman atau orang dekatnya. Meski begitu, pada praktiknya GBU tetap digunakan. Pasalnya, setiap ucapan juga bergantung pada konteks yang terus berkembang. Padahal, kalau dicermati lagi, God Bless You merupakan ungkapan bahasa Inggris. Artinya, boleh diucapkan siapa saja dengan agama apa saja.

Selain digunakan untuk memberkati, frasa "Bless You" ternyata juga menjadi kebiasaan yang diucapkan setelah ada orang bersin. Mungkin, hal itu juga dianggap aneh dan tidak sopan. Namun, ada alasan mengapa hal tersebut masih tetap dilakukan.

Selain sudah jadi kebiasaan, frasa ini berhubungan dengan takhayul yang mengatakan bahwa bersin bisa membebaskan roh dari tubuh. Oleh karena itu, ucapkan "Bless You" dipercaya sebagai permintaan berkat dari Tuhan untuk mencegah hal buruk terjadi.

 

2. Arti WUATB

Selain arti GBU, WUATB juga menjadi salah satu singkatan populer untuk sebuah ucapan. Arti WUATB atau "wish you all the best" adalah "harapan terbaik untukmu". Biasanya, kalimat ini diucapkan kepada seseorang yang sedang merayakan, memperingati, atau berjuang pada momen tertentu. Salah satunya pada momen ulang tahun.

Selain itu, kalian bisa mengucapkan kalimat ini kepada teman atau saudara yang sedang menyiapkan ujian, lomba, atau sedang memulai hal baru. Arti wish you all the best sendiri bisa kalian lihat dalam penjelasan berikut ini.

- Wish : berharap atau berdoa

- You : kamu

- All : semua atau seluruh

- The best : terbaik

Bagus banget kan artinya, KLovers? Kalian bisa menganggap kalimat ini lebih dari sekadar ucapan. Ketika mengucapkan "selamat ulang tahun" kepada orang lain, kalian bisa menambahkan kalimat ini sebagai doa agar orang yang berulang tahun mendapatkan hal terbaik di hidupnya.

 

3. Contoh Ucapan GBU dan WUATB

Arti GBU dan WUATB sudah dijelaskan di atas. Selanjutnya, terdapat beberapa contoh ucapan yang bisa kalian jadikan referensi saat ada teman atau kerabat yang berulang tahun. Contoh ini dibuat dalam bahasa Inggris lengkap dengan penjelasannya dalam bahasa Indonesia.

- Ucapan GBU

1. "Be the good, because God loves the goodness. God Bless You"

(Jadilah orang baik, karena tuhan menyukai kebaikan).

2. "God's plan is always more beautiful than our desire. God Bless You"

(Rencana Tuhan selalu lebih indah dari keinginan kita).

3. "God will never give you a problem which bigger than your ability. God Bless You"

(Tuhan tidak akan pernah memberikan Anda masalah melebihi kemampuan Anda sendiri.)

4. "Life is like a piano, white and black. If God play it, all will be a beautiful melody. God Bless You"

(Hidup seperti sebuah piano, berwarna putih dan hitam. Jika Tuhan memainkannya, maka akan menjadi melodi indah.)

"Trouble is your best friend. It makes you stronger and more understanding about life. God Bless You."

5. (Masalah adalah sahabat terbaikmu. Dia menjadikanmu lebih kuat dan lebih mengerti tentang kehidupan).

- Ucapan WUATB

1. All the best on your special day!

Artinya: Semua yang terbaik di hari istimewamu!

Kalimat ini juga sangat tepat untuk diucapkan di hari ulang tahun. Ulang tahun merupakan hari yang spesial maka wajar jika kalian berharap agar teman atau kerabat mendapatkan hal terbaik di hari spesial dan seterusnya.

2. Wishing you many more candles to blow!

Artinya: Semoga lebih banyak lilin yang ditiup!

Makna wishing you many more candles to blow bukan hanya soal lilin yang bertambah banyak. Namun, jumlah lilin di hari ulang tahun merupakan simbol dari umur.

Ketika mengucapkan kalimat ini, kalian berdoa agar orang yang berulang tahun senantiasa panjang umur.

3. Congratulations for surviving another year!

Artinya: Selamat telah bertahan satu tahun lagi!

Tak hanya spesial, hari ulang tahun juga bisa dianggap sebagai pencapaian atas segala perjuangan yang ditempuh selama satu tahu. Tentu, itu bukan hal yang mudah. Sudah sewajarnya jika kalian mengungkapkan doa baik sebagai ucapan agar terus bertahan hingga tahun-tahun ke depan.

4. A million magic wishes for you!

Artinya: Sejuta harapan ajaib untukmu!

Mengucapkan kalimat ini kepada orang yang sedang berulang tahun bisa bermakna sebagai doa agar keinginannya terkabul. Keajaiban akan mempermudah setiap proses di perjalanan hidupnya.

5. May your birthday be filled with laughter!

Artinya: Semoga ulang tahunmu dipenuhi dengan tawa!

Tawa merupakan ekspresi kebahagiaan. Oleh karena itu, wajar jika kalian berharap orang yang sedang berulang tahun senantiasa mendapatkan kebahagiaan.

Nah, KLovers, itulah arti GBU dan WUATB beserta penjelasan dan contoh dalam ucapan yang bisa kalian pahami.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI