Arti Stranger Menurut Kamus dan Sebagai Kata Gaul Anak Muda Masa Kini, Ketahui Juga Contoh Penggunaannya

Kamis, 07 Juli 2022 17:44
Arti Stranger Menurut Kamus dan Sebagai Kata Gaul Anak Muda Masa Kini, Ketahui Juga Contoh Penggunaannya
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Di Indonesia, bahasa Inggris menjadi salah satu pelajaran wajib yang telah diajarkan sejak bangku sekolah dasar. Jadi tak heran, jika kemudian ada banyak kosakata bahasa Inggris yang cukup populer dan familiar di telinga masyarakat Indonesia. Kata stranger adalah salah satunya. Meski sudah jadi kata yang cukup familiar, faktanya masih banyak yang belum tahu apa arti stranger.

Selain lewat pelajaran di sekolah, kepopuleran bahasa Inggris dan beberapa kosakatanya juga cukup banyak dipengaruhi oleh budaya populer. Terbukti, di keseharian kita menjumpai ada banyak film, buku, atau bahkan lagu dengan lirik bahasa Inggris yang populer di masyarakat. Lewat media-media itulah kemudian kata stranger dan mungkin beberapa kosakata bahasa Inggris lainnya mulai dikenal masyarakat.

Sudah jadi kata yang cukup familiar, lantas apa arti stranger? Jika kalian penasaran, langsung saja simak ulasan penjelasan tentang arti dari kata stranger berikut ini.

 

1. Arti Stranger Menurut Kamus

Seperti yang telah disinggung di awal, kata stranger merupakan salah satu kosakata bahasa Inggris. Maka dari itu, cara paling mudah untuk mengetahui kata stranger adalah dengan mengeceknya di kamus bahasa Inggris. Dalam kamus online dictionary.cambridge.com, kata stranger tergolong dalam kelas kata benda (nomina) atau noun.

Adapun arti stranger dalam kamus tersebut adalah "Someone you do not know" atau jika diterjemahkan menjadi 'Seseorang yang tidak kalian kenal'. Selain itu, stranger juga diartikan sebagai "Someone not familiar" atau 'seseorang yang tidak akrab'.

Kemudian ada pula arti stranger sebagai orang asing berdasarkan tempat tertentu terkhusus tempat yang baru pertama di datangi. "A stranger in a particular place is someone who has never been there before" artinya 'Orang asing di tempat tertentu adalah seseorang yang belum pernah ke sana sebelumnya'.

Jika ditelisik lebih jauh, kata stranger juga disinyalir berasal dari kata "strange" yang berarti 'aneh' atau 'asing'. Sehingga, mengacu pada penjelasan arti stranger menurut kamus di atas, kata tersebut mempunyai makna seseorang yang tidak dikenal atau tidak akrab yang kehadirannya bisa membuat kita merasa asing.

 

2. Contoh Penggunaan Kata Stranger dalam Kalimat

Dalam bahasa Inggris, stranger menjadi sebuah kata yang cukup umum digunakan di keseharian. Terbukti, di kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai contoh penggunaan kata stranger dalam kalimat bahasa Inggris seperti pada dialog film, kutipan buku, lirik lagu, hingga percakapan sehari-hari.

Agar pemahaman arti stranger lebih lengkap, tentunya kita juga perlu tahu contoh penggunaannya dalam kalimat. Sebab dengan begitu, kita bisa memaknai dan menggunakan kata stranger secara benar dan tepat. Berikut beberapa contoh penggunaan kata stranger dalam kalimat bahasa Inggris.

1. Arti Stranger sebagai Orang yang Benar-benar Asing

- My mother always warned me not to talk to strangers. (Ibu saya selalu memperingatkan saya untuk tidak berbicara dengan orang asing.)

2. Arti Stranger sebagai Orang Asing di Tempat Baru

- Do you know the way to the bus station, or are you a stranger here too? (Apakah Anda tahu jalan ke stasiun bus, atau apakah Anda orang asing di sini juga?)

3. Arti Stranger sebagai Orang yang Terasa Tidak Akrab

- After being away so long, my sister seemed like a stranger. (Setelah pergi begitu lama , saudara perempuan saya tampak seperti orang asing.)

 

3. Kata Stranger sebagai Bahasa Gaul

Sama seperti beberapa kosakata bahasa Inggris lain, saat ini kata stranger telah menjadi bahasa gaul di kalangan anak muda. Arti stranger sebagai bahasa gaul bermakna tidak jauh berbeda dengan makna yang terkandung dalam kamus.

Oleh anak muda stranger digunakan untuk menyebut orang asing yang sama sekali belum dikenal sebelumnya. Selain itu, sebagai kata gaul, kata stranger
juga lumrah dipakai untuk menyebut seseorang yang semula dekat atau akrab, kemudian terasa asing dan menjauh.

Sebagai kata gaul, penggunaan kata stranger secara struktur kalimat juga terbilang bebas. Mereka bebas menggunakan kata stranger sebagai bagian sisipan dalam kalimat bahasa Indonesia. Untuk lebih jelasnya, berikut contoh penggunaan kata stranger sebagai bahasa gaul anak zaman sekarang.

- "Aku sama dia dulu emang deket, ke mana-mana bareng terus. Gak tahu, sekarang malah jadi kaya stranger."

- "Kemarin tiba-tiba Gue di-dm sama stranger gitu, kayanya akun fake. Jadi, agak takut, deh."

 

4. Arti Kata Gaul Lainnya dari Bahasa Inggris

Selain stranger, masih ada beberapa kosakata bahasa Inggris lain yang kini juga menjelma jadi bahasa gaul. Tentunya, sekarang ini penting untuk tahu arti dari setiap kata bahasa Inggris tersebut. Pasalnya, penggunaan kata gaul sudah jadi kebiasaan di masyarakat. Berikut beberapa arti kata gaul lainnya dari bahasa Inggris, selain arti stranger.

- All Right: Ya.

- Chill out: Tenang.

- Clumsy: Ceroboh.

- Creep atau creepy: sikap aneh atau menyebalkan.

- Damage : Memesona dan menawan.

- Dude: Kata sapaan 'Bung'.

- Fake: Palsu.

- Feeling so blue: Ungkapan yang menggambarkan rasa sedih

- Feeling: Perasaan atau Merasakan.

- Fishy: Ungkapan yang menggambarkan rasa curiga.

- Freak : Aneh.

- Ghosting : ditinggalkan tanpa kabar atau hubungan yang tidak jelas.

- Guy: Ungkapan untuk memanggil satu teman, dan khusus yang laki-laki.

- Guys: Ungkapan untuk memanggil teman, namun dalam arti jamak atau teman-teman. Guys bisa digunakan untuk menyapa teman laki-laki atau perempuan.

- Hang out: Jalan-jalan atau nongkrong.

- Hella: Ungkapan untuk menyatakan sesuatu yang bersifat "sangat ..."

- Literally: Secara harfiah.

- Noted: Bakal menjadi catatan.

- Salty: Bosan.

- Savage: Keren.

- Stan: Mengidolakan sesuatu atau menyukai sesuatu.

- Slay: Menakjubkan atau sangat keren.

- Spill The Tea: Ungkap rahasia atau bongkar rahasia.

- Swag : Keren.

- FYI : singkatan for your information atau informasi untukmu.

- BTW: singkatan dari By The Way artinya sama dengan Ngomong-ngomong.

- CMIIW: singkatan Correct Me If I'm Wrong atau Koreksi jika saya salah.

- GWS : singkatan Get Well Soon artinya Semoga Lekas sembuh/membaik.

- OMG: singkatan Oh My God ungkapan untuk menunjukkan perasaan terkejut.

Itulah di antaranya penjelasan arti stranger menurut kamus dan sebagai bahasa gaul. Semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa penasaran kalian selama ini!

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI