10 Fenomena Langit Ini Bisa Kamu Lihat di Oktober 2020, Hujan Meteor - Kunjungan Venus ke Bulan

Rabu, 07 Oktober 2020 17:11 Penulis: Dhia Amira
10 Fenomena Langit Ini Bisa Kamu Lihat di Oktober 2020, Hujan Meteor - Kunjungan Venus ke Bulan
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Bulan Oktober telah tiba, dan ternyata ada beberapa hal yang menjadikan bulan ini sangat spesial loh KLovers. Ternyata ada banyak fenomena langit yang terjadi pada bulan Oktober, itulah yang membuat Oktober menjadi salah satu bulan spesial pada tahun 2020.

Ada beberapa fenomenal yang memukau dan dapat kalian amati. Bila kalian pecinta astronomi maka bulan Oktober merupakan salah satu bulan yang sangat spesial. Kira-kira apa saja ya fenomena langit tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, yuk simak penjelasannya.

 

1. Bulan Purnama

Pembukaan pertama yaitu pada tanggal 2 Oktober yang mengawali dengan bulan purnama. Pada tanggal ini tepatnya pukul 04.05 WIB kalian bisa melihat purnama terbit sejak matahari terbenam tanggal 1 Oktober 2020.

Bulan akan berada di langit barat ketika ia mencapai titik purnamanya di malam hari hingga tanggal 2 Oktober 2020. Fenomena bulan purnama ini bisa kalian lihat secara langsung dengan mata telanjang.

 

 

2. Konjungsi Bulan dengan Mars

Kemudian pada tanggal 3 Oktober 2020 dilanjutkan dengan konjungsi bulan dengan planet Mars. Dalam momen ini Mars dan juga bulan akan berada pada posisi berdekatan.

Dalam fenomena ini kalian dapat melihat bulan nampak berdekatan dengan planet Mars. Bulan dan planet Mars bisa kalian amati hingga menjelang matahari terbit seiring dengan bergeraknya kedua benda langit tersebut ke semu barat.

 

 

3. Hujan Meteor Drakonid

Fenomenal langit pada bulan Oktober yang selanjutnya yaitu terjadi pada tanggal 8 Oktober 2020. Dalam fenomena ini terjadi ketika hujan meteor di arah rasi bintang Drako. Bila kalian mencari ke arah rasi bintang Drako, maka akan terjadi adanya hujan meteor.

Kalian bisa mengamati hal tersebut pada pukul 21.00 waktu setempat daerah kalian. Untuk melihat hal ini kalian bisa menggunakan teleskop, atau bisa menggunakan mata telanjang di daerah yang jauh dari penerangan berlebih.

 

 

4. Hujan Meteor Taurid Selatan

Hujan meteor tidak hanya terjadi pada tanggal 8 Oktober saja, pada tanggal 10 Oktober 2020 kalian masih bisa melihat hujan meteor yang terjadi. Bila sebelumnya kalian melihat di arah rasi bintang Drako, maka kali ini kalian bisa melihat hujan meteor pada rasi bintang Taurus.

Hujan meteor ini terjadi di arah selatan pada rasi bintang Taurus. Kalian bisa mengamati fenomena tersebut mulai pukul 00.00 tengah malam waktu setempat, hingga menjelang Matahari terbit. Kalian bisa melihat hal ini menggunakan teleskop, atau bisa menggunakan mata telanjang di daerah yang jauh dari penerangan yang berlebihan.

 

 

5. Konjungsi Bulan dengan Venus

Hanya berjarak 4 hari saja, setelah itu kalian bisa melihat konjungsi bulan dengan venus. Venus memang menjadi salah satu planet yang mudah untuk dilihat dengan mata telanjang di Indonesia.

Pada tanggal 14 Oktober 2020 ini kalian akan melihat bulan dan juga planet Venus lebih jelas lagi, bahkan mereka akan berdekatan. Di Indonesia fenomena ini dapat kalian lihat pada pukul 03.20 waktu setempat, atau 2 jam 12 menit sebelum Matahari terbit.

 

 

6. Mars di Oposisi

Selain planet Venus, kalian juga dapat melihat fenomena planet Mars. Masih pada tanggal yang sama yaitu 14 Oktober 2020, akan terjadi oposisi dimana planet Mars, bumi, dan matahari berada segaris lurus di bidang tata surya.

Planet Mars akan berada di arah yang berlawanan posisinya dari Matahari. Yaitu ketika Matahari terbenam, maka Planet Mars baru akan terbit. Itulah mengapa disebut hal ini disebut sebagai oposisi.

 

 

7. Hujan Meteor Orionid

Terjadi lagi, pada 21 Oktober 2020 kalian akan dapat melihat hujan meteor yang disebut sebagai hujan meteor Orionid. Hujan Meteor Orionid merupakan hujan meteor dengan intensitas puncak terbanyak, sekitar 15 meteor per jam pada bulan Oktober ini.

Bila kalian ingin melihat hal ini, maka kalian cukup menemukan rasi bintang Orion yang akan terbit di langit timur mulai pukul 00.00 tengah malam waktu setempat daerah kalian. Untuk melihat ini kalian bisa menggunakan teleskop atau mencari daerah yang minim akan penerangan.

 

 

8. Segitiga Bulan Jupiter Saturnus

Selain oposisi, pada bulan Oktober ini kalian akan menemukan fenomena langit berupa segitiga bulan, planet Jupiter, dan planet Saturnus. Hal ini akan terjadi pada tanggal 23 Oktober 2020 mendatang.

Tiga benda langit yaitu bulan, planet Jupiter, dan planet Saturnus, akan membentuk formasi segitiga pada malam tanggal 23 Oktober 2020. Kalian bisa mulai mengamatinya dari selepas Matahari terbenam, di mana ketiganya akan berada di langit atas kepala. Hingga menjelang tengah malam seiring mereka bergerak semu ke langit barat untuk terbenam.

 

 

9. Bulan dan Mars Berdekatan

Selain dengan planet Venus, pada Oktober ini bulan juga akan melakukan konjungsi dengan planet Mars. Hal ini akan terjadi pada 29 Oktober 2020, dan ini juga sama seperti pada tanggal 3 Oktober dimana bulan konjungsi dengan planet Venus. Bulan dan planet Mars akan tampak berkonjungsi dengan posisi keduanya akan terpisah sejauh 2° satu sama lain. Dan mereka akan terlihat seperti berdekatan satu sama lain.

 

 

10. Bulan Biru

Dan fenomena langit pada bulan Oktober yang terakhir yaitu adanya bulan biru. Yup! Pada tanggal 31 Oktober 2020, kalian akan melihat fenomena bulan biru atau bulan purnama kedua pada bulan Oktober.

Dan hal ini akan terjadi pada pukul 21.49 WIB, kalian bisa menikmati fenomena tersebut sejak matahari terbenam hingga keesokan harinya menjelang Matahari terbit. Dan ini akan menjadi salah satu fenomena yang dapat kalian lihat dengan mata telanjang.

Itulah 10 fenomena langit yang terjadi pada bulan Oktober mendatang. Ada yang bisa dilihat secara langsung, namun ada pula yang harus dilihat dengan menggunakan teleskop. Fenomena ini tentu menjadi suatu hal luar biasa yang terjadi pada bulan Oktober tahun 2020.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI