40 Kata-Kata Motivasi Islami, Penuh dengan Makna dan Menyentuh

Rabu, 07 Oktober 2020 11:44 Penulis: Dhia Amira
40 Kata-Kata Motivasi Islami, Penuh dengan Makna dan Menyentuh
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Kata-Kata islami memang menjadi sesuatu hal yang dapat mengubah hidup seseorang. Hal ini karena kata-kata motivasi islami memiliki arti yang menyentuh dan penuh akan makna. Kata-kata motivasi ini menjadi salah satu penyemangat untuk kehidupan seseorang.

Berada di titik kehidupan yang sulit, dan mengambil setiap hikmah yang ada merupakan salah satu hal yang dapat menjadi salah satu yang baik. Dan kata-kata motivasi itulah yang dapat menjadi hal yang memberikan semangat serta pelajaran hidup.

Kata-Kata motivasi islam kadang terlontar sebagai sebuah nasihat agar manusia senantiasa sabar dan bersyukur. Kata-kata hikmah islami bahkan mampu menjadi seseorang mampu menjalani kehidupan meski sedang dirundung masalah. Dan berikut merupakan kata-kata motivasi islam yang telah dirangkum. Yuk langsung saja dicek.

 

 

 

1. Kata-Kata yang Menyentuh Hati

Sebuah kata-kata motivasi yang menyentuh hati dapat menjadi salah satu jawaban untuk kebangkitan bagi seseorang yang sedang bersedih. Dan inilah beberapa kata-kata motivasi yang mungkin dapat menyentuh hati kalian.

1. Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain. (Jalaludin Rumi)

2. Hiduplah seperti pohon kayu yang lebat buahnya: hidup di tepi jalan dan dilempari orang dengan batu, tetapi dibalas dengan buah. (Abu Bakar Sibli)

3. Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati. (Ali bin Husein)

4. Perempuan itu sama seperti bunga. Mereka harus diperlakukan dengan lembut, baik, dan penuh kasih sayang. (Ali bin Abi Thalib)

5. Jangan menjelaskan tentang dirimu kepada siapa pun, karena yang menyukaimu tidak butuh itu. Dan yang membencimu tidak percaya itu. (Ali bin Abi Thalib)

6. Cinta tak pernah meminta untuk menanti. Ia mengambil kesempatan, atau mempersilakan. Yang pertama adalah keberanian, yang kedua adalah pengorbanan. (Salim A. Fillah)

7. Mengeluh hanya akan membuat hidup kita semakin tertekan, sedangkan bersyukur akan senantiasa membawa kita pada jalan kemudahan.

8. Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu. (Ibnu Qayyim Al Jauziyyah)

9. Janganlah engkau berduka atas apa yang telah terjadi, karena tidak ada apapun di dunia ini yang abadi. (Imam Syafi'i)

10. Ketahuilah bahwa kemenangan bersama kesabaran, kelapangan bersama kesempitan, dan kesulitan bersama kemudahan. (HR Tirmidzi)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Kata-Kata yang Memberi Inspirasi

Mengambil semua pelajaran hidup di setiap permasalahan adalah hal yang sangat baik. Dan inilah beberapa kata-kata motivasi yang dapat memberikan inspirasi bagi kehidupan kalian.

11. Orang berilmu pengetahuan ibarat gula yang mengundang banyak semut. Dia menjadi cahaya bagi diri dan sekelilingnya. (Abdullah Gymnastiar)

12. Jangan melibatkan hatimu dalam kesedihan atas masa lalu atau kamu tidak akan siap untuk apa yang akan datang. (Ali bin Abi Thalib)

13. Balas dendam terbaik adalah menjadikan dirimu lebih baik. (Ali bin Abi Thalib)

14. Kalau impianmu tak bisa membuatmu takut, mungkin karena impianmu tak cukup besar. (Muhammad Ali)

15. Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan. (QS. Asy-Syuura : 43)

16. Hati menjadi resah dan gelisah ketika kita terbiasa berandai-andai dalam menyikapi persoalan hidup. (Aa Gym)

17. Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. (QS. Al-Baqarah: 286)

18. Setiap perjuangan pasti ada tantangan. Jika tidak berani menghadapi tantangan, jangan berjuang. Namun hidup sendiri pun adalah perjuangan. (Abdurrahman Navis)

19. Tuhan memberiku sindrom Parkinson ini untuk menunjukkan kalau Aku bukanlah "Yang Terhebat". Melainkan hanya Dia (Tuhan). (Muhammad Ali)

20. Engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak melihat-Nya, sesungguhnya dia pasti melihatmu. (HR Muslim)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Kata-Kata Islami Tentang kehidupan

21. Setiap orang mengalami permasalahan dalam kehidupan mereka, tetap kehidupan yang baik dalam hidup adalah mengambil semua pelajaran dalam dengan sisi baik. Dan inilah beberapa kata-kata islam tentang kehidupan yang bisa memberikanmu semangat.

22. Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan hanya senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, jika saja mereka mengetahui. (Q.S al-Ankabut 64)

23. Dunia ini hanya memiliki tiga hari: Hari kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki, maka beramallah di hari ini. (Hasan al Bashri)

24. Kesabaran itu ada dua macam: sabar atas sesuatu yang tidak kau ingin dan sabar menahan diri dari sesuatu yang kau ingini. (Ali bin Abi Thalib)

25. Dialah yang menghidupkan dan mematikan, dan hanya kepada-Nya lah kamu akan dikembalikan. (Q.S Yunus: 56)

26. Hidup tanpa Allah ibarat sebuah pensil tumpul, ia tidak memiliki titik.

26. Kehidupan itu cuma dua hari. Satu hari berpihak kepadamu dan satu hari melawanmu. Maka pada saat ia berpihak kepadamu, jangan bangga dan gegabah; dan pada saat ia melawanmu bersabarlah. Karena keduanya adalah ujian bagimu. (Ali bin Abi Thalib)

28. Dunia ini penjara bagi orang beriman dan surga bagi orang kafir. (Hadis)

29. Apa yang ada di dunia ini tidak lain hanyalah mimpi yang dialami oleh orang yang sedang tidur? Dia merasakan kesenangan di dalamnya selama beberapa saat, dan kemudian terbangun untuk menghadapi kenyataan. – Hasan Al-Bashri

30. Hidup adalah sebuah perjalanan, yakni perjalanan dari Allah yang kemudian kembali lagi kepada Allah.

Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman. (QS. Ali Imran: 139)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Kata-kata Islam Tentang Syukur

Dan kata-kata motivasi islam yang terakhir yaitu tentang rasa syukur. Selalu bersyukur tentang kehidupan adalah hal penting dalam mengambil sebuah pelajaran hidup. Dengan beryukur dalam apapun kita bisa mendapatkan hal berharga dalam kehidupan yang kita jalani.

31. Ketahuilah bahwa rasa syukur merupakan tingkatan tertinggi, dan ini lebih tinggi daripada kesabaran, ketakutan (khauf), dan keterpisahan dari dunia (zuhud). (Imam al-Ghazali)

32. Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, namun jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangatlah pedih. (QS. Ibrahim: 7)

33. Setiap perjuangan pasti ada tantangan. Jika tidak berani menghadapi tantangan, jangan berjuang. Namun hidup sendiri pun adalah perjuangan. (Abdurrahman Navis)

34. "Hiduplah sebagaimana semaumu, tetapi ingat, bahwa engkau akan mati. Dan cintailah siapa yang engkau sukai, namun ingat, engkau akan berpisah dengannya. Dan berbuatlah seperti yang engkau kehendaki, namun ingat, engkau pasti akan menerima balasannya nanti." (Imam Ghazali)

35. Jika Allah memberi kamu nikmat sepotong roti saja, syukurilah itu, karena Allah tidak membuat kamu meminta-minta kepada orang lain untuk mendapatkan itu.

36. Jika kita saja tidak merasa bersyukur atas apa yang sudah kita miliki, lalu apa yang membuat kita berpikir bahwa kita akan bahagia dengan memiliki yang lebih banyak?

37. Barangsiapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak. (HR. Ahmad)

38. Bersyukurlah jika Allah memberimu ujian hidup, karena dengan demikian, Allah memberikanmu kesempatan untuk berubah menjadi manusia yang lebih baik lagi.

39. Tidaklah ada dari manusia melainkan: diuji dengan keselamatan agar diketahui bagaimana syukurnya, atau diuji dengan sebuah bencana agar diketahui bagaimana sabarnya. (Ibnu Qayyim)

40. Mengeluh hanya akan membuat hidup kita semakin tertekan, sedangkan bersyukur akan senantiasa membawa kita pada jalan kemudahan.

Itulah 40 kata-kata motivasi dalam islam yang dapat memberikan semangat serta kebahagiaan dalam hidup. kata-kata dapat menjadi pembangkit untuk seseorang yang sedang merasa sedih, terpuruk, dan juga jatuh dalam kehidupan dunia mereka. Kendatinya mengikhlaskan, bersyukur, dan pasrah pada Allah SWT adalah hal yang paling baik.

 

 

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI