7 Buah dengan Kandungan Gula Tinggi, Penderita Diabetes Wajib Tahu - Batasi Jumlah Konsumsi

Rabu, 07 Oktober 2020 15:44 Penulis: Puput Saputro
7 Buah dengan Kandungan Gula Tinggi, Penderita Diabetes Wajib Tahu - Batasi Jumlah Konsumsi
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Diabetes jadi salah satu penyakit menyeramkan yang paling banyak ditakuti. Penyakit yang disebabkan kadar gula darah tinggi ini memang dikenal mematikan. Selain itu, diabetes juga bisa menyebabkan sejumlah komplikasi. Oleh karena itu, penderita diabetes harus berhati-hati memilih menu makanan. Ada beberapa jenis makanan yang harus dijauhi, termasuk buah dengan kandungan gula tinggi.

Walaupun buah-buahan termasuk jenis makanan sehat, nyatanya ada beberapa jenis buah yang perlu dihindari penderita diabetes. Kandungan gula yang tinggi pada beberapa jenis buah dikhawatirkan bisa memperburuk kondisi diabetes seseorang. Itulah mengapa penting untuk tahu apa saja jenis buah-buahan yang kaya akan kadar gula.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis buah dengan kandungan gula tinggi.

 

1. Mangga

Musim buah mangga selalu dinanti-nantikan. Pasalnya, buah mangga memang jadi salah satu jenis buah banyak difavoritkan banyak orang. Tak saja enak, buah mangga juga kaya akan vitamin dan antioksidan sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Namun, di lain sisi buah mangga juga mempunyai kadar gula yang cukup tinggi, yaitu 14 gram per 100 gram buah mangga. Sehingga konsumsinya harus dibatasi, terlebih bagi penderita diabetes.

2. Semangka

Buah semangka selalu cocok untuk dinikmati di siang hari saat cuaca panas. Tak hanya manis, buah semangka juga sangat menyegarkan karena mempunyai kandungan air yang tinggi. Dalam buah semangka juga terkandung beberapa jenis vitamin, khususnya A dan C. Sayangnya, buah semangka juga tergolong buah dengan kandungan gula tinggi.

3. Nanas

Punya rasa yang manis, asam, dan menyegarkan, membuat buah nanas cocok dinikmati dengan berbagai cara. Oleh karena itu, selain dikonsumsi secara langsung, buah nanas juga sering dijadikan bahan masakan atau dibuat rujak. Sama seperti buah kebanyakan nanas, juga mengandung banyak vitamin  seperti vitamin C dan B6. Selain vitamin, dalam sepotong nanas juga tersimpan kandungan gula sebesar 15 gram. 

4. Pisang

Buah dengan kandungan gula tinggi berikutnya yaitu pisang. Padahal buah pisang termasuk jenis buah populer yang sering dijadikan sebagai makanan pencuci mulut.

Dalam 100 gram buah pisang terdapat kandungan gula kurang lebih 12 gram. Meski begitu, kalian tak perlu khawatir. Kalian tetap bisa mengonsumsi buah pisang asalkan tidak berlebihan. Sebab, selain gula pisang juga menyimpan banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin, protein, kalium, magnesium, dan sejenisnya.

5. Apel

Apel jadi salah satu buah paling populer. Selain karena rasanya yang manis dan menyegarkan, buah apel juga dikenal sangat menyehatkan. Dalam buah apel terkandung berbagai senyawa antioksidan, seperti flavanoid, dan serat. Sehingga, konsumsi dalam jumlah tepat diyakini baik untuk pencernaan dan bisa cegah kanker.

Namun, konsumsi apel bagi penderita diabetes benar-benar harus diperhatikan. Pasalnya, apel juga mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi. Dilansir dari myfooddata.com, pada 100 gram apel diduga terkandung setidaknya 10 gram gula. Sehingga, penderita diabetes dianjurkan untuk tidak mengonsumsi apel terlalu banyak.

6. Anggur

Tak kalah dengan apel, anggur juga punya rasa yang sangat menyegarkan. Ukurannya yang kecil membuat anggur kerap dijadikan camilan di kala bersantai. Buah anggur dikenal kaya akan serat sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan kita. Di samping itu, buah anggur juga menyimpan cukup tinggi vitamin B6 yang bermanfaat untuk kesehatan otak.

Bagi kalian yang biasa menjadikan buah anggur sebagai camilan harus berhati-hati. Pasalnya, anggur juga termasuk buah dengan kandungan gula tinggi, yaitu 16 gram per 100 gram buah anggur. Konsumsi anggur dalam jumlah banyak dikhawatirkan bisa meningkatkan kadar gula darah.

7. Jambu Biji

Mempunyai rasa manis buah jambu biji sering dinikmati dengan cara dibuat menjadi jus. Mengonsumsi jambu biji diyakini bisa membawa banyak manfaat. Mulai dari bantu turunkan kolesterol, hingga mempercepat penyembuhan demam berdarah. Hal ini lantaran, dalam jambu biji memang tersimpan banyak nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, serat, kalium,zat besi, dan antioksidan.

Di samping banyaknya manfaat yang ditawarkan, buah jambu juga mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Dilansir dari myfooddata.com, dalam 100 gram buah jambu biji terdapat setidaknya 9 gram gula. Jadi, tetap perhatikan jumlah konsumsi buah yang satu ini.

Itulah sederet buah dengan kandungan gula tinggi. Jadi mulai sekarang, batasi jumlah konsumsinya agar tubuh tetap merasakan manfaatnya. Semoga bermanfaat!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI