Suka Masak? Kenali Dulu 8 Jenis Tepung Ini Beserta Manfaatnya

Rabu, 07 Oktober 2020 09:55 Penulis: Nurul Wahida
Suka Masak? Kenali Dulu 8 Jenis Tepung Ini Beserta Manfaatnya
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Ada berbagai jenis tepung beserta manfaatnya yang dapat dibuat dalam sejumlah hidangan nikmat. Mulai dari makanan manis hingga gurih, banyak sajian resep populer berbahan utama tepung yang digemari sebagian masyarakat. Namun sayangnya, ada diantara mereka masih bingung membedakan berbagai jenis tepung beserta manfaatnya.

Berdasarkan pengertiannya, tepung merupakan butiran halus yang biasanya berwarna putih terbuat dari berbagai bahan pilihan. Sejumlah bahan pembuat tepung paling umum diantaranya yakni beras, ketan, tapioka, gandum, kacang hijau dan lain sebagainya. Bahan pembuat tepung tersebutlah yang menjadikan berbagai jenis tepung ini memiliki fungsi dan manfaat berbeda saat ditambahkan dalam resep makanan populer.

Meski cukup banyak makanan berbahan tepung baik manis ataupun gurih, namun sebagian besar diantara mereka masih cukup sulit membedakan tepung beserta fungsinya. Untuk itu mengetahui jenis tepung perlu kalian ketahui agar tak salah dalam penggunaannya.

Lalu apa saja jenis tepung beserta manfaatnya?

Adapun jenis tepung beserta manfaatnya tersebut terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Berikut 8 jenis tepung beserta fungsinya yang dirangkum dalam berbagai sumber.

 

1. Tepung Terigu

Jenis tepung beserta manfaatnya yang perlu diketahui salah satunya adalah tepung terigu. Tentunya tepung ini sudah cukup familiar menjadi bahan utama makanan dan cukup mudah dibedakan dengan jenis tepung lainnya. Dimana seperti melansir dari merdeka.com, tepung terigu memiliki beberapa ciri-ciri yakni berwarna bening, kental, dan sedikit lengket saat dipanaskan. Tepung ini terbuat dari biji gandum yang kerap digunakan dalam resep makanan tertentu.

Tepung terigu memiliki beberapa jenis lainnya mulai dari mengandung protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah serta mengandung gluten. Gluten dalam tepung tersebut berperan penting untuk menentukan tekstur makanan yang dibuat. Tepung terigu ini biasanya sering dibuat dalam sejumlah makanan umum seperti bakso, kue, ataupun pasta.

2. Tepung Maizena

Jenis tepung beserta manfaatnya selanjutnya yakni tepung maizena. Tepung jenis ini dibuat dari tepung jagung. Terdapat beberapa ciri tepung jagung atau maizena yakni tekstur halus, lebih kental, lengket, dan berwarna putih.

Biasanya tepung maizena ini menjadi bahan utama dalam pembuatan makanan seperti pengental makanan sup atau saus hingga kue. Tepung jenis ini cukup banyak dipasarkan dengan berbagai produk yang dapat memberi tekstur berat dalam makanan.

3. Tepung Kanji

Jenis tepung beserta manfaat lainnya yakni tepung kanji. Tepung kanji terbuat dari singkong yang memiliki sejumlah ciri dan tekstur berbeda. Diantara ciri dari tepung kanji tersebut yakni berwarna putih susu, lebih licin saat disentuh, serta rendah protein dan tidak mengandung gluten. Tepung jenis ini juga familiar dikenal juga dengan sebutan sebagai tepung tapioka.

Biasanya tepung kanji atau tepung tapioka digunakan untuk pengental serta tidak cocok dibuat makanan goreng lantaran dapat memiliki tekstur yang lebih keras. Tepung jenis ini cukup sering ditambahkan dalam beberapa makanan rebus seperti bakso, siomay, cilok, dan lain sebagainya.

4. Tepung Beras

Jenis tepung beserta manfaat lainnya yakni tepung beras. Sesuai namanya tepung beras terbuat dari beras yang diproses dengan cara tumbuk. Tepung beras diketahui mengandung beberapa nutrisi diantaranya yakni serat, karbohidrat, protein, kalori, lemak, mineral, fosfor, kalium seperti melansir dari 4muda.com. Di tanah air tepung beras dibuat dalam sejumlah hidangan populer seperti kue, mie, bubur dan lain sebagainya. Jenis tepung ini cukup banyak dipasarkan dalam berbagai produk yang bisa mempermudah kalian mengolahnya dalam hidangan makanan.

5. Tepung Ketan

Jenis tepung beserta manfaat yakni tepung ketan. Sama seperti namanya, tepung ketan terbuat dari beras ketan yang diproses melalui tumbuk atau dihaluskan. Biasanya tepung ketan memiliki beberapa ciri yakni kenyal yang cocok dibuat dalam beberapa sajian kue. Sebut saja seperti onde-onde yang memiliki tekstur kenyal dan lembut. Selain itu tepung ketan memiliki perbedaan dengan tepung beras yang terlihat lebih kental.

6. Tepung Sagu

Sama seperti beberapa jenis tepung sebelumnya, tepung sagu juga terbuat dari bahan pohon sagu yang diambil sari patinya. Tepung sagu tersebut memiliki beberapa ciri diantaranya yakni berwarna agak keruh dengan tekstur sedikit kasar atau berpasir. Biasanya tepung sagu dibuat dalam beberapa jenis makanan seperti kue bika ambon ataupun makanan pokok seperti bubur sagu.

7. Tepung Roti

Jenis tepung dan manfaatnya yakni tepung roti atau dikenal dengan tepung panir. Cukup mudah membedakan tepung roti atau tepung panir dengan jenis tepung lainnya yakni tekstur lebih kasar, berwarna orange dan putih. Biasanya tepung ini digunakan untuk melapisi makanan tertentu seperti risoles. Sehingga tampilan makanan akan lebih menarik dan menggugah selera.

8. Tepung Kacang Hijau

Tepung kacang hijau dapat dikenal dengan tepung hunkwe yang terbuat dari kacang hijau. Tepung jenis ini cocok ditambahkan dalam beberapa jenis makanan ringan yakni kue lapis dan dawet. Ada beberapa ciri khusus yang bisa diketahui dari tepung kacang hijau atau hunkwe yakni tekstur lebih kasar, beraroma wangi, dan berwarna putih seperti melansir dari 4muda.com.

Nah itulah 8 jenis tepung beserta manfaatnya. Tentunya dengan mengetahui jenis tepung tersebut dapat mempermudah kalian dalam membuat aneka jenis makanan.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI