7 Buah Kaya Vitamin C, Cocok Jadi Bekal Praktis dan Sehat Selama New Normal

Jum'at, 12 Juni 2020 11:33 Penulis: Puput Saputro
7 Buah Kaya Vitamin C, Cocok Jadi Bekal Praktis dan Sehat Selama New Normal
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Buah kaya vitamin C akan sangat cocok dijadikan sebagai bekal makan siang saat di kantor selama masa new normal. Sebab, seperti yang kita tahu asupan vitamin C diyakini bisa menjaga daya tahan tubuh tetap stabil. Sehingga dapat membuat kita lebih terhindar dari ancaman penularan virus corona covid-19.

Dilansir dari liputan6.com, kebutuhan vitamin C setiap orang berdasarkan usia adalah sebagai berikut.

- Usia 0-9 tahun: 40-50 mg/hari.

- Remaja laki-laki usia 10-15 tahun: 50-75 mg/hari.

- Laki-laki 16 tahun ke atas: 90 mg/hari.

- Remaja perempuan usia 10-15 tahun: 50-60 mg/hari.

- Perempuan 16 tahun ke atas: 75 mg/hari.

Selama ini kita mengenal jeruk sebagai salah satu buah dengan vitamin C terbanyak. Tapi ternyata tidak hanya jeruk, masih ada banyak jenis buah kaya vitamin C yang bisa dikonsumsi setiap harinya selama new normal. Buah apa sajakah itu? Berikut beberapa ulasannya.

 

 

1. Jeruk

Tentu kita sudah tidak asing dengan buah jeruk. Berwarna kuning hingga oranye menyala selama ini jerung sering disebut punya banyak kandungan vitamin C. Terdapat berbagai macam jenis jeruk. Rata-rata dalam 100 gram jeruk bisa mengandung 29.1 mg - 61 mg vitamin C.

Untuk dijadikan sebagai bekal, buah jeruk juga terbilang praktis. Tanpa memerlukan wadah khusus, kalian bisa memasukkan buah jeruk langsung ke dalam tas. Lalu tinggal mengupasnya saat akan disantap. Tidak hanya kaya akan vitamin C, buah jeruk juga punya banyak serat yang baik untuk pencernaan.

2. Jambu Biji

Mengira jeruk adalah buah dengan kandungan vitamin C terbanyak adalah salah besar. Sebab, ternyata jambu biji mempunyai kandungan vitamin C yang berkali-kali lipat lebih banyak. Dalam 100 gram jambu biji terdapat kurang lebih 228.3 mg vitamin C. Jumlah tersebut tentu saja sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian kalian.

Selain meningkatkan daya tahan tubuh, buah jambu terutama yang berwarna merah juga punya khasiat meningkatkan trombosit darah. Itulah sebabnya buah ini sering dianjurkan dikonsumsi penderita demam berdarah.

3. Stroberi

Buah kaya vitamin C berikutnya adalah stroberi. Kandungan vitamin C buah berukuran kecil ini memang tidak sebanyak jeruk atau jambu biji. Meski begitu, ukurannya yang kecil jadi sangat memungkinkan untuk membawanya sebagai bekal saat new normal dalam jumlah yang cukup. Selain dimakan dalam bentuk buah, kalian juga bisa menikmati stroberi dalam bentuk jus.

Dalam 125 ml stroberi terkandung kurang lebih 52 mg vitamin C. Kandungan lain yang terdapat pada stroberi di antaranya vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin E, kalium, mangan, fluor, zat besi, dan iodium.

4. Kiwi

Buah berwarna hijau menyala, Kiwi juga punya kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dalam 100 gram kiwi setidaknya terdapat 92.7 mg vitamin C. Selain jadi buah kaya vitamin C, kiwi juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

5. Mangga

Buah mangga juga bisa jadi salah satu alternatif bekal sehat dan praktis selama new normal nanti. Meski kandungan vitamin C-nya tidak sebanyak buah-buah sebelumnya, tapi mangga punya banyak vitamin lain, seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, vitamin E. Mangga juga kaya akan kalium, tembaga, dan serat yang baik untuk pencernaan.

6. Pepaya

Selama ini pepaya dikenal sebagai salah satu buah yang berkhasiat untuk melancarkan pencernaan. Tapi siapa sangka ternyata pepaya termasuk salah satu buah kaya vitamin C. Dalam setengah bagian buah pepaya terdapat kurang lebih ada 94 mg vitamin C. Buah ini tentu tidak sebanyak kandungan vitamin C pada beberapa buah sebelumnya.

Meski begitu, dalam pepaya masih terkandung banyak serat, vitamin A, vitamin B kompleks (seperti asam folat, vitamin B6, vitamin B2, dan vitamin B1), kalium, dan kalsium. Banyaknya kandungan vitamin tersebut membuat buah ini layak untuk dipertimbangkan jadi bekal ke kantor selama new normal.

7. Nanas

Dalam 125 ml buah nanas mengandung kurang lebih 50 mg vitamin C. Jumlah yang barang kali tidak sebanyak jambu biji atau jeruk. Namun dalam buah nanas masih tersimpan berbagai kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Salah satu yang paling terkenal adalah kandungan bromelain yang bermanfaat untuk memecah protein, mengatasi kembung, dan sebagai antiperadangan. Selain itu, rasa buah nanas yang segar juga akan sangat cocok disantap saat makan siang di kantor selama new normal.

Itulah di antaranya 7 buah kaya vitamin C yang akan sangat cocok jadi bekal kalian salam new normal. Tapi perlu diingat, vitamin C bukan satu-satunya hal yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kalian masih tetap perlu menerapkan pola hidup bersih dan sehat selama new normal.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI