Bisa Diterapkan, Ini 5 Tips Nyaman Saat Naik KRL di Tengah Tatanan New Normal Corona Covid-19

Kamis, 18 Juni 2020 10:22 Penulis: Dita Tamara
Bisa Diterapkan, Ini 5 Tips Nyaman Saat Naik KRL di Tengah Tatanan New Normal Corona Covid-19
(credit: via liputan6.com)


Kapanlagi Plus - Hingga saat ini, kasus pertumbuhan positif corona masih terus menunjukkan angka yang signifikan. Meskipun demikian, Pemerintah memutuskan tetap menerapkan new normal secara bertahap di tengah pandemi covid-19. Masyarakat kembali dibolehkan untuk menggunakan transportasi umum dengan catatan, pengguna KRL tetap harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat sejak dari dan pulang ke rumah.

Banyak orang yang harus bangkit untuk hidup di tengah pandemi virus corona guna perekonomian tetap bisa berjalan. Meskipun begitu, masyarakat juga harus cepat beradaptasi dengan aturan maupun larangan yang harus ditaati untuk kepentingan bersama. Berhubungan dengan hal tersebut, berikut ini ada beberapa tips nyaman saat naik KRL meski di tengah tatanan new normal. Langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

 

1. Gunakan Kartu Multi Trip

Di tengah tatanan new normal seperti saat ini, banyak kegiatan yang sudah dilakukan dengan tetap menjalani protokol kesehatan, tak terkecuali saat menggunakan transportasi umum. KRL menjadi salah satunya alternatif yang digunakan kebanyakan orang untuk berangkat bekerja. Guna menghindari risiko penularan covid-19, ada baiknya kalian menggunakan uang non tunai daripada harus menggunakan uang tunai.

Kalian bisa menggunakan kartu multi trip atau kartu uang elektronik untuk mengurangi transaksi dengan uang tunai. Sebab, uang tunai bisa menjadi perantara pemaparan virus corona dari satu orang ke orang lainnya.

2. Lapisi Tisu Ketika Menyentuh Fasilitas Umum

Virus corona dapat menular melalui barang akibat sentuhan berbagai macam orang. Untuk itu, saat menggunakan KRL, sebisa mungkin menghindari menyentuh fasilitas umum. Jika terpaksa harus menyentuh fasilitas di dalam KRL, maka lapisi tangan menggunakan tisu sebelum menyentuhnya. Meskipun hal tersebut terkesan berlebihan, akan tetapi hal tersebut bisa menjadi upaya pencegahan untuk dilakukan agar menghindari penularan virus corona.

3. Jangan Berbicara Saat di Dalam KRL

Mengingat virus corona bila menular melalui percikan air liur, untuk itu jangan berbicara selama perjalanan menggunakan KRL. Hal itu berlaku baik berbicara ke sesama pengguna transportasi umum atau berbicara melalui handphone. Untuk itu, mulailah membiasakan diri untuk disiplin dengan menjalankan protokol kesehatan demi menjaga kesehatan diri agar tidak terpapar virus corona.

4. Siapkan Alat Pelindung Diri

Sesuai anjuran pemerintah, semua orang wajib memakai masker meskipun tidak dalam keadaan sakit. Pakai masker juga merupakan salah satu protokol kesehatan di tengah berlangsungnya new normal. Selain itu, siapkan selalu hand sanitizer untuk solusi darurat seperti tidak terjangkaunya air. Tips ini bisa diterapkan oleh pengguna KRL agar aman dari covid-19.

5. Ikuti Aturan yang Sudah Diterapkan Oleh PT KRL

Tips aman saat bagi pengguna KRL selanjutnya yaitu harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan PT KRL. Seperti, menjalani pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk stasiun. Hal tersebut tentunya untuk mengantisipasi diri terhadap virus corona. Lalu, usahakan setelah masuk stasiun, pengguna KRL harus mencuci tangan dengan sabun terlebih dahulu.

Itulah tips nyaman naik KRL meski di tengah tatanan new normal. Tetap upayakan untuk selalu bersih dan menjaga jarak dengan orang di sekitar demi memutus rantai penularan covid-19. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI