6 Tips Makan di Restoran Selama New Normal, Terapkan Tetap Aman dari Covid-19

Kamis, 25 Juni 2020 10:11 Penulis: Puput Saputro
6 Tips Makan di Restoran Selama New Normal, Terapkan Tetap Aman dari Covid-19
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - New normal juga membuka kesempatan bagi para pelaku usaha untuk membuka usahanya kembali, salah satunya usaha restoran. Ya, saat new normal restoran atau tempat makan diperkenankan untuk buka kembali dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan. Masyarakat umum sebagai konsumen juga sudah diperkenankan mengunjungi restoran, dengan catatan harus taat pada protokol kesehatan.

Dilansir dari merdeka.com, ada sejumlah aturan untuk restoran yang buka di tengah new normal. Pertama, restoran atau tempat makan sejenisnya tetap memprioritaskan layanan take-out atau bawa pulang. Kedua, pemilik harus menerapkan social distancing dalam penataan restoran. Ketiga, seluruh pegawai harus diharuskan menggunakan sarung tangan dan masker. Keempat, menyediakan tempat cuci tangan dengan fasilitas yang memadai.

Meskipun restoran atau tempat makan yang buka di tengah new normal sudah menerapkan aturan di atas, tidak ada salahnya untuk tetap lebih waspada. Agar lebih merasa aman saat makan di restoran, kalian bisa menerapkan beberapa tips makan di restoran selama new normal berikut ini.

 

1. Cuci Tangan

Selama pandemi virus corona covid-19, cuci tangan sudah jadi kebiasaan baru banyak orang. Mencuci tangan dinilai jadi cara efektif mencegah penularan virus corona covid-19 selain dengan social distancing dan memakai masker. Mencuci tangan akan membunuh virus dan bakteri yang berada di tangan.

Hal ini sangat baik dilakukan sebagai langkah antisipasi apabila tanpa kita sadari virus corona covid-19 bersarang di tangan kita. Jadi setiap kali mengunjungi tempat makan selama new normal, jangan lupa cuci tangan kalian di tempat yang sudah disediakan. Atau, kalian juga membersihkan tangan dengan hand sanitizer pribadi. Selain itu, kalian juga perlu mencuci tangan sebelum meninggalkan restoran.

2. Memilih Meja Paling Aman

Walaupun pihak restoran atau tempat makan sudah mengatur jarak meja dan kursi, tidak ada salahnya untuk tetap memilih tempat yang aman. Pilih meja makan yang jauh dari keramaian dan lalu lalang. Tujuannya, untuk meminimalisir kontak fisik dengan pengunjung lainnya. Setelah memilih tempat yang dirasa aman, jangan lupa untuk membersihkan meja dan kursi yang akan dipakai. Kalian bisa membersihkannya dengan menyemprotkan disinfektan.

3. Gunakan Tisu untuk Menyentuh Benda

Biasanya di setiap restoran atau tempat makan selalu menyediakan tisu. Gunakan tisu sebagai alas atau perantara saat menyentuh permukaan benda apapun di restoran, seperti buku menu sampai gagang pintu toilet. Lakukan untuk meminimalisir adanya kontaminasi virus yang berpindah ke tangan melalui permukaan benda di restoran.

4. Simpan Masker Secara Benar

Selain mencuci tangan, memakai masker juga jadi kebiasaan baru di tengah pandemi virus corona covid-19 ini. Ke mana pun kita pergi, masker adalah benda wajib yang harus selalu dibawa dan dipakai, termasuk saat berada di restoran. Namun saat makan, tentunya kita akan melepas masker. Tidak boleh asal, kalian harus melepas dan menyimpan masker dengan cara yang benar. Sebab, cara yang salah dan asal-asalan justru akan membahayakan.

5. Bawa Alat Makan Sendiri

Tips makan di restoran selama new normal yang kelima tapi tidak kalah penting. Sebaiknya kalian membawa peralatan makan sendiri dari rumah. Sebab, peralatan makan yang disediakan restoran merupakan fasilitas yang biasa digunakan oleh banyak orang. Sehingga, tidak ada yang bisa menjamin kebersihannya meskipun sudah dicuci. Jadi, akan lebih aman jika menggunakan alat makan pribadi yang dibawa dari rumah. 

6. Lakukan Pembayaran Nontunai

Selama menjalani new normal, setiap kali melakukan transaksi keuangan sebisa mungkin lakukan secara nontunai. Hal ini bertujuan untuk lebih menghindari kontak langsung dengan penjual saat proses pembayaran. Di samping itu, pembayaran nontunai juga cenderung lebih praktis dan akan lebih mempersingkat waktu.

Itulah di antaranya beberapa tips makan di restoran selama new normal. Kalian bisa mengikuti tips di atas agar lebih merasa aman saat makan di luar selama new normal.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI