Tips Belanja Aman Saat New Normal, Lakukan Agar Tetap Tenang dan Nyaman

Kamis, 11 Juni 2020 11:22 Penulis: Puput Saputro
Tips Belanja Aman Saat New Normal, Lakukan Agar Tetap Tenang dan Nyaman
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Belanja jadi sebuah kegiatan penting yang biasa dilakukan oleh banyak orang. Bahkan, bagi sebagian orang belanja juga bisa menjadi hobi. Sebab, tidak hanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan, belanja juga sering kali dilakukan sebagai kegiatan yang menyenangkan. Di masa new normal, berbagai pusat perbelanjaan akan kembali buka. Artinya, sebaiknya kalian mulai memikirkan tips belanja aman saat new normal.

Berbelanja di tempat perbelanjaan umum di saat new normal tentu bukan hal yang mudah. Kalian tetap harus waspada dan hati-hati, sebab ancaman penularan virus corona covid-19 masih mengintai. Oleh karena itu, agar lebih tenang dan aman saat berbelanja, kalian bisa mengikuti beberapa tips belanja aman saat new normal berikut ini.

1. Gunakan Masker

Masker menjadi barang wajib selama pandemi virus corona ini. Pemakaian masker dinilai cukup efektif menghalau penyebaran virus corona covid-19. Sebab, pemakaian masker akan menghalangi terjadinya droplet atau percikan cairan saat bersin, batuk, atau berbicara. Selain itu, pemakaian masker juga akan menghalangi kita menyentuh area wajah, seperti mata, mulut, dan hidung.

2. Membersihkan Tangan

Selain memakai masker, membersihkan tangan juga jadi tips belanja aman saat new normal. Selama pandemi virus corona covid-19, membersihkan tangan juga jadi hal yang sangat dianjurkan. Membersihkan tangan memakai hand sanitizer atau mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun terbukti bisa mematikan virus corona covid-19 di tangan.

Saat ini sudah banyak tempat belanja seperti toko atau mal yang menyediakan tempat cuci tangan. Ya, tempat mencuci tangan memang jadi salah satu syarat dari protokol kesehatan di era new normal ini. Meski demikian, ada baiknya saat berbelanja kalian tetap membawa hand sanitizer selama berbelanja.

3. Jaga Jarak

Selama berbelanja, sebisa mungkin lakukan jaga jarak dengan pembeli maupun penjual. Seperti yang kita tahu, jarak aman penularan virus corona covid-19 adalah 1-2 meter. Dengan begitu, saat berbelanja sebaiknya kalian menerapkan jaga jarak tersebut. Di samping itu, sebaiknya kalian juga menghindari kerumunan dan antrean. Sebab, kerumunan dan antrean akan membuat kemungkinan penularan virus corona covid-19 semakin besar.

4. Hindari Mencoba Barang Belanjaan

Seperti yang kita tahu, virus corona covid-19 bisa menyebar dengan mudah melalui droplet di permukaan benda. Sehingga, akan sangat rawan jika kita mencoba barang yang akan kita beli di toko atau mal. Jadi, salah satu tips belanja aman saat new normal adalah sebaiknya kalian tidak mencoba barang belanjaan, seperti pakaian atau alat makeup. Sebagai gantinya, kalian bisa mengakalinya dengan membawa contoh ukuran dari rumah.

5. Hindari Pembayaran Tunai

Tips belanja aman saat new normal berikutnya adalah melakukan pembayaran nontunai. Dengan melakukan pembayaran nontunai, kita akan meminimalisir kontak dengan orang lain, atau dalam hal ini kasir. Selain itu, pembayaran nontunai juga lebih praktis dan bisa mempersingkat waktu kalian. Sehingga, risiko penularan virus corona covid-19 akan semakin kecil.

6. Bersihkan Diri dan Barang Belanjaan

Tips belanja aman saat new normal yang terakhir, tapi tidak kalah penting adalah untuk segera membersihkan diri dan barang belanjaan setibanya di rumah. Hindari kontak dengan keluarga atau kerabat. Langsung lepas pakaian dan mandi. Jangan lupa semprotkan disinfektan atau cuci barang belanjaan, dan barang-barang yang digunakan untuk pergi berbelanja.

Nah itulah di antaranya 6 tips belanja aman saat new normal, kalian bisa mengikuti tips di atas agar bisa berbelanja dengan aman dan tenang. Yang tidak kalah penting, tetap jaga kesehatan dengan rajin berolahraga dan makan makanan yang bergizi.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI