Nggak Hanya Stylish, Semilir Ecoprint Ajak Fashion Lover Lebih Cintai Lingkungan

Kamis, 25 Februari 2021 07:30 Penulis: Wuri Anggarini
Nggak Hanya Stylish, Semilir Ecoprint Ajak Fashion Lover Lebih Cintai Lingkungan
(c) Instagram/semilir_ecoprint


Kapanlagi Plus - Tampil cantik dengan fashion kekinian ala influencer hits favorit pastinya bisa mendongkrak rasa percaya diri. Tapi, tahu nggak sih kalau pakaian yang digunakan sehari-hari ternyata bisa berdampak pada kelestarian lingkungan?

Sebagai fashion lovers sejati, kamu wajib lebih update dan aware tentang hal yang satu ini. Untungnya industri fashion semakin berkembang dan kini bermunculan berbagai brand yang mengusung konsep cinta lingkungan. Salah satunya yang dihadirkan oleh Semilir, brand lokal asal Bantul, Yogyakarta.

Menginjak tahun ketiganya berdiri, Semilir semakin mencuri perhatian lewat teknik uniknya. Bahkan, brand yang satu ini berhasil menembus sebagai finalis Kreatif Lokal Award 2020 di kategori fashion, yang kemudian menyabet gelar Juara Kedua Kreatif Lokal Award 2020 yang diumumkan pada 13 November 2020 lalu. Kenalan lebih jauh tentang keunikan brand yang satu ini, yuk!

1. Mengusung Teknik Ecoprint, Alternatif Fashion Ramah Lingkungan

Semilir berdiri pada 2018 lalu oleh Alfira Oktaviani yang mengusung tema fashion ramah lingkungan. Nama Semilir berasal dari bahasa Jawa, silir, dengan arti angin yang menyejukkan. Filosofi tentang nama di baliknya merupakan harapan dari sang owner agar Semilir dapat menyejukkan lingkungan, masyarakat, dan tentunya penikmati produk.

Dalam proses pembuatan produknya, Alfira menerapkan teknik ecoprint, yaitu sebuah proses transfer warna daun ke kain lewat kontak langsung sehingga bisa menghasilkan warna dan motif kain secara alami. Teknik unik inilah yang membuat Semilir memiliki kontribusi luar biasa terhadap kelestarian lingkungan.

2. Produk Ecoprint Unik dan Kekinian

Semilir memiliki sederet produk fashion unik dan kekinian yang cocok untuk melengkapi gaya sehari-hari. Seperti pakaian, kain Semilir, tas, dompet, outer, scarf, hingga masker yang sesuai dengan kebutuhan gaya hidup masa kini.

Dengan teknik ecoprint, Semilir melakukan proses pewarnaan produknya dengan dedaunan asli yang diambil dari alam Indonesia. Mereka mengeksplor berbagai dedaunan untuk menghasilkan warna dan motif pada kain sehingga bisa menciptakan karya yang unik. Salah satu produk yang jadi unggulan adalah ecoprint kulit kayu Lantung khas Bengkulu. Nggak hanya agar tampil stylish, Alfira juga berharap kayu lantung tetap lestari dan memperkenalkannya kembali pesona kain lantung kepada dunia.

3. Berikan Impact untuk Lingkungan Sekitar

Salah satu hal inspiratif yang bisa dipetik dari Semilir adalah munculnya impact bisnis tersebut kepada lingkungan di sekitar. Dalam menjalankan usahanya, Alfira berusaha memberdayakan ibu rumah tangga yang ada di sekitarnya sehingga mereka bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Nggak hanya itu, ia juga berharap bisa membangun dan memperkenalkan Desa Ecoprint di daerah tersebut.

Saat ini Semilir sudah memiliki 4 orang karyawan yang digaji dengan range antara Rp 1 juta - 3 juta per bulannya. Dalam menjalani usaha tersebut, Alfira selalu menekankan komitmen untuk mempertimbangkan dampak lingkungan serta kesejahteraan sosial dan ekonomi dari pihak-pihak yang terlibat dalam proses pembuatannya.

Event Kreatif Lokal Award 2020 yang diikuti oleh Alfira ini memiliki tujuan agar Semilir terus tumbuh dan berkembang. Apalagi setelah pandemi Covid-19 yang memberikan dampak pada usahanya di mana terjadi penurunan omset penjualan. Inilah yang membuat Semilir harus menerapkan strategi berjualan online, di mana ilmunya bisa dipetik langsung dari pendampingan usaha yang diberikan kepada para finalis Kreatif Lokal Award 2020.

Buat yang belum tahu, Kreatif Lokal Award 2020 menjadi bagian dari Festival Kreatif Lokal 2020, yaitu bentuk dukungan Adira Finance yang bekerja sama dengan Kemenparekraf RI kepada para UKM inspiratif. Mengusung tema #BangkitBersamaSahabat, kegiatan ini sudah berlangsung sejak Agustus 2020 dengan serangkaian proses panjang.

Total ada sekitar 1.079 UKM yang mengikuti ajang Kreatif Lokal Award 2020. Pada puncak acara Konser Amal Kreatif Lokal 2021 yang berlangsung di bulan Januari 2021 lalu, Adira Finance juga mengajak masyarakat berdonasi untuk UMKM agar bangkit melawan pandemi.

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI