Niat dan Doa Tahajud Beserta Arti, Ketahui Pula Keutamaannya

Diperbarui: Diterbitkan:

Niat dan Doa Tahajud Beserta Arti, Ketahui Pula Keutamaannya
Niat dan doa tahajud (credit: pexels.com)

Kapanlagi.com - Sholat tahajud menjadi salah satu sholat sunnah yang begitu tinggi posisinya, dibanding dengan sholat sunnah lainnya. Tidak heran bila banyak muslim yang berlomba-lomba untuk menjalankan ibadah sunnah yang satu ini. Dan kalian yang ingin melakukan sholat ini, maka ada doa tahajud beserta artinya.

Doa tahajud beserta artinya ini bisa menjadi sebuah rangkaian sholat yang bisa kalian lakukan. KLovers bisa membaca doa tahajud beserta artinya ini setelah melaksanakan sholat tahajud. Bukan hanya doa tahajud beserta artinya saja, namun juga ada niat sholat tahajud dan juga keutamaan dari sholat tahajud.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah penjelasan mengenai doa tahajud beserta artinya beserta dengan niat sholat tahajud dan juga keutamaan dari sholat tahajud itu sendiri. Yuk, langsung saja dicek KLovers.

 

 

1. Niat Sholat Tahajud

Sholat sunnah tahajud sama seperti sholat wajib pada umumnya, bisa dilakukan dalam 2 rakaat atau lebih. Dalam sholat tahajud juga membaca niat sebelum melaksanakan sholat. Dan inilah niat dari sholat tahajud tersebut:

"Ushallii sunnatat-tahajjudi rak'ataini (mustaqbilal qiblati) lillaahi ta'aalaa."

Artinya: Aku niat sholat sunnah tahajud dua rakaat (dengan menghadap kiblat) karena Allah Taala.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Doa Tahajud Beserta Artinya

Setelah melaksanakan sholat tahajud, KLovers juga bisa membacakan berbagai doa, seperti doa tahajud beserta artinya berikut ini. Bacaan ini bisa kalian bacakan setelah sholat tahajud dan sebelum meminta doa permintaan dan harapan pada Allah SWT. Dan berikut ini doa tahajud beserta artinya:

"Allaahumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samaawaati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samaawaati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fii hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa'dukal haq. Wa liqaa'uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan naaru haq. Wan nabiyyuuna haq. Wa Muhammadun shallallaahu alaihi wasallama haq. Was saa'atu haq. Allaahumma laka aslamtu. Wa bika aamantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khaashamtu. Wa ilaika haakamtu. Fagfirlii maa qaddamtu, wa maa akhkhartu, wa maa asrartu, wa maa a'lantu, wa maa anta a'lamu bihi minnii. Antal muqaddimu wa antal mu'akhkhiru. Laa ilaaha illaa anta. Wa laa haula, wa laa quwwata illâ billaah."

Artinya: Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar. Janji-Mu benar.

Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah. Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai.

Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku. Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah.

 

 

3. Keutamaan Sholat Tahajud

Tahajud merupakan sholat sunnah yang memiliki banyak sekali manfaat. Bahkan, sholat sunnah satu ini menjadi sholat yang sangat disukai oleh Allah SWT. Dan berikut keutamaan dari sholat sunnah tahajud tersebut:

1. Dikabulkannya Doa

Keutamaan sholat tahajud yang pertama yaitu, dikabulkannya doa. Ya, sholat sunnah satu ini memang dikenal dengan sholat yang bisa mengabulkan doa. Namun semua tergantung pada niat dan ridho dari Allah SWT ya KLovers.

Bukan berarti doa yang kita harapkan belum Allah dengarkan bila tidak mendapatkannya. Mungkin yang kita harapkan bukan yang terbaik dari Allah SWT, karena kendatinya Allah SWT paling tahu mana yang terbaik untuk hamba-Nya. Seperti yang telah disabdakan Rasulullah SAW, yaitu:

"Rabb kita Tabaraka wa Ta'ala turun setiap malam ke langit dunia ketika masih tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berfirman: Barangsiapa yang memohon ampun kepada Ku, niscaya Aku mengampuninya. Barangsiapa yang memohon (sesuatu) kepada Ku, niscaya Aku akan memberinya. Dan barangsiapa yang berdoa kepada Ku, niscaya Aku akan mengabulkannya." (HR. Bukhari).

2. Mendapatkan Kemuliaan

Dalam sebuah hadis, Rasulullah SAW bersabda, "Jibril mendatangiku dan berkata, "Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena engkau akan mati, cintailah orang yang engkau suka, karena engkau akan berpisah dengannya, lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasannya, ketahuilah bahwa sesungguhnya kemuliaan seorang muslim adalah sholat waktu malam dan ketidakbutuhannya dimuliakan orang lain." (H.R. Al-Baihaqi).

Sehingga tidak heran bila kemuliaan tersebut akan muncul dan timbul oleh seseorang yang mengerjakan sholat tahajud dengan niat karena Allah SWT. Dan kemuliaan ini datang dari berbagai bentuk yang akan Allah SWT kasih kepada hamba-Nya yang melakukan sholat tahajud.

3. Sebagai Penghapus Sekaligus Dosa

Selain akan dikabulkannya doa yang kita inginkan, manfaat sholat tahajud juga dapat menghindarkan kita untuk berbuat dosa sekaligus menghapus dosa sebelumnya. Pastilah sebagai manusia kita tak pernah luput dari dosa. Namun dengan melaksanakan sholat tahajud, maka dapat menjadi salah satu cara kita menebus dosa tersebut. Sebagaimana Rasullullah SAW bersabda,

"Dirikanlah salat malam, karena sesungguhnya sholat malam itu adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kamu, (salat malam dapat) mendekatkan kamu kepada Tuhanmu (Allah), (sholat malam adalah) sebagai penebus perbuatan buruk (dosa), mencegah perbuatan dosa, dan menghindarkan diri dari penyakit yang menyerang tubuh." (HR. Ahmad).

4. Amalan yang Akan Membantu di Akhirat

Bagi seseorang yang melaksanakan sholat tahajud, selain sebagai salah satu jalan masuk surga, juga ia akan diringankan siksanya kelak pada hari kiamat. Sebagaimana dilansir dalam almanhaj, Al-Awza'i berkata,

"Aku mendengar barangsiapa yang lama melakukan sholat malam, maka Allah akan meringankan siksanya pada hari Kiamat kelak."

Itulah doa tahajud beserta artinya yang bisa KLovers ketahui. Bukan hanya doa tahajud beserta artinya saja, namun juga niat dari sholat tahajud serta keutamaan dari sholat tahajud.

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending