Arti Orderan dalam Dunia Online Shopping dan Jenis-jenisnya, Ketahui Istilah Populer Lainnya

Kamis, 12 Mei 2022 14:11
Arti Orderan dalam Dunia Online Shopping dan Jenis-jenisnya, Ketahui Istilah Populer Lainnya
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Ada beberapa istilah yang populer dalam dunia bisnis olshop. Salah satunya orderan yang mana sangat familiar bagi pelaku bisnis ataupun pelanggan olshop. Penggunaan istilah order ini juga memiliki beberapa jenis yang sangat penting diketahui penjual ataupun pembeli.

Memahami arti orderan tentu sangatlah mudah. Di mana arti orderan diambil dari bahasa Inggris yang sudah diserap ke dalam bahasa Indonesia. Arti orderan kerap digunakan oleh penjual untuk menunjukkan barang atau produk pesanan pembeli.

Di mana penggunaan istilah orderan lebih memudahkan bagi penjual untuk menjelaskan mengenai barang atau produk pesanan pembeli. Meskipun arti orderan sudah umum diketahui, nggak ada salahnya kembali mengingat lagi penjelasan mengenai arti orderan di kamus dan dalam dunia olshop.

Karena itulah berikut ini terdapat penjelasan mengenai arti orderan yang perlu kalian pahami. Cek di sini arti orderan yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

 

1. Arti Orderan di Kamus

Arti orderan merupakan kata bahasa Inggris yang sudah diserap ke dalam bahasa Indonesia. Di mana kalau merujuk pada kamus bahasa Inggris terjemahan Indonesia, arti orderan berasal dari kata order yakni memesan atau pesanan.

Sementara itu jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti orderan adalah perintah untuk melakukan sesuatu. Di mana perintah tersebut diperoleh dari atasan ke bawahan. Kemudian ada juga arti orderan di KBBI bermakna pesanan yakni merujuk pada barang-barang yang dibuat atas permintaan seseorang yakni pelanggan atau pembeli.

Itulah penjelasan mengenai arti orderan di kamus yang perlu kalian pahami. Arti orderan sama dengan kata dasarnya yakni order yang bermakna pesanan.

 

 

2. Arti Orderan dalam Dunia Olshop

Setelah tahu apa arti orderan di kamus, kata ini juga sangat populer dalam dunia olshop. Di mana kalian tentu sudah nggak asing lagi dengan penggunaan istilah orderan saat berbelanja di sejumlah marketplace. Namun apa sebenarnya arti orderan dalam dunia olshop?

Arti orderan dalam dunia olshop bermakna juga pesanan. Pesanan yang dimaksudkan adalah pesanan pembeli kepada penjual. Baik itu orderan berupa barang, makanan, ataupun jasa. Karena itulah arti orderan sangat lekat dengan dunia jual beli secara online.

Misalnya saja jika kalian memiliki posisi sebagai penjual maka penggunaan kata orderan yang dimaksudkan adalah menerima pesanan dari pembeli. Namun arti orderan lebih lekat pada posisi seorang penjual atau penawar jasa tertentu. Itulah arti orderan dalam dunia olshop yang perlu kalian ketahui.

 

 

3. Jenis-Jenis Orderan Olshop

Arti orderan adalah pesanan, nah dalam orderan juga memiliki beberapa jenisnya. Sementara itu untuk kategori orderan juga sangat beragam baik itu berupa jasa ataupun produk. Sedangkan untuk jenis-jenis orderan dapat kalian simak di bawah ini. Penggunaan jenis-jenis orderan tersebut juga sangat sering kalian jumpai saat melakukan transaksi secara online via marketplace. Ini jenis-jenis orderan olshop yang perlu kalian ketahui.

1. Pre-Order

Jenis orderan yang pertama adalah pre-order. Bagi sebagian dari kalian mungkin sudah sangat familiar mendengar istilah pre-order. Arti pre-order sendiri adalah memesan terlebih dahulu. Dengan kata lain kalian sebagai seorang pembeli bisa memesannya lebih dahulu hingga barang atau produk tersebut tersedia. Arti pre-order juga bisa disebut dengan pra-pesan atau pemesanan awal.

Pre-order bisa dibilang menjadi salah satu bentuk strategi penjual untuk menawarkan suatu barang. Sementara itu dengan pre-order juga bisa menguntungkan kedua belah pihak baik penjual ataupun pembeli.

2. Close Pre-Order

Selanjutnya ada penggunaan istilah close pre-order. Arti close pre-order berarti pemesanan awal yang dibuat oleh penjual sudah ditutup. Sehingga tidak melayani lagi pemesanan suatu barang secara pre-order.

3. Open Order

Jenis orderan berikutnya adalah open order. Arti open order adalah pesanan yang sudah dibuka, sudah siap untuk dikirimkan, ataupun suatu barang sudah tersedia. Karena itulah arti open order adalah pesanan yang sudah tersedia.

4. Closed Order

Arti closed order kebalikan dari open order. Di mana untuk arti closed order adalah penutupan permintaan pesanan dari pelanggan. Hal ini terjadi karena barang yang disediakan sudah habis atau tidak tersedia lagi stoknya. Karena itulah closed order digunakan untuk menjelaskan bahwa pesanan sudah ditutup.

 

 

4. Tips Mengatasi Orderan Sepi

Bagi seorang penjual strategi marketing tentu sangat penting diperhatikan. Termasuk cara mengatasi ketika mendapat orderan sepi. Karena itulah terdapat tips mengatasi orderan sepi. Nah, di bawah ini ulasan tentang tips mengatasi orderan yang sudah sepi.

- Menawarkan diskon untuk menarik pelanggan.

- Melengkapi informasi tentang barang atau jasa yang ditawarkan secara lengkap kepada pelanggan.

- Meningkatkan pelayanan yang baik termasuk mengutamakan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan.

- Sesuaikan harga secara tepat dan bisa bersaing dengan penjual lainnya.

- Melakukan riset dan memantau tren terkini yang disukai oleh pelanggan.

- Menambahkan foto produk, barang, atau jasa agar lebih menarik.

- Bangun interaksi baik dengan pelanggan untuk mendapatkan feedback yang baik pula.

Itulah beberapa tips mengatasi orderan sepi. Semoga dapat memudahkan kalian mengetahui  bagaimana langkah untuk meningkatkan orderan.

 

 

5. Bahasa Populer dalam Dunia Bisnis Online

Setelah tahu penjelasan mengenai arti orderan, pahami juga beberapa istilah populer dalam dunia bisnis online. Karena itulah berikut ini bahasa populer dalam dunia bisnis online.

1. COD: Artinya cash on delivery (pembayaran di tempat)

2. Gagu atau anyep: Artinya orderan yang sepi.

3. Gacor: Artinya orderan lancar.

4. Bintang/Rating: Artinya performa yang diberikan oleh pembeli atas pelayanan atau produk yang ditawarkan.

5. Testi: Artinya testimoni dari pelanggan.

6. Ready stock: Artinya barang tersedia.

7. Net: Artinya tidak bisa ditawar.

8. Sold out: Artinya habis atau terjual.

9. Nego: Artinya negosiasi atau bisa ditawar.

10. Ongkir: Artinya ongkos kirim.

Itulah penjelasan mengenai arti orderan yang perlu kalian pahami. Sehingga memudahkanmu tahu makna dari arti orderan.

 

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI