Arti Views Menurut Kamus dan Berdasarkan Konteks, Ketahui Juga Contoh Penggunaannya dalam Kalimat

Selasa, 10 Mei 2022 18:22 Penulis: Puput Saputro
Arti Views Menurut Kamus dan Berdasarkan Konteks, Ketahui Juga Contoh Penggunaannya dalam Kalimat
Ilustrasi (credit: unsplash)


Kapanlagi Plus - Kepopuleran media sosial membawa banyak dampak di kehidupan masyarakat. Salah satu yang cukup sepele tapi menarik untuk diamati, adalah munculnya berbagai kosakata populer. Dari banyaknya kosakata populer di media sosial, kebanyakan berasal dari kata dalam bahasa Inggris. Kata views sebagai salah satu contohnya. Lantas, apa arti views?

Sebagai salah satu kosakata bahasa Inggris, kata views tentu sudah ada sejak dulu. Namun kata ini kian populer di kalangan masyarakat luas seiring maraknya penggunaan media sosial. Kata views kini jadi identik dengan beberapa media sosial seperti youtube, instagram, dan tiktok. Pada berbagai media sosial tersebut, arti views mengacu pada jumlah penonton suatu postingan.

Namun tentu dalam praktiknya pada bahasa Inggris, kata views punya penggunaan yang lebih luas. Oleh karena itu, untuk mengetahui arti views secara lebih menyeluruh, langsung saja simak ulasan berikut yang telah kapanlagi.com rangkum dari berbagai sumber.

 

1. Penjelasan Arti Views Menurut Kamus

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, views merupakan salah satu kosakata dalam bahasa Inggris yang jadi populer berkat media sosial. Oleh karena itu, salah satu cara paling sederhana untuk mengetahui arti views adalah dengan mengeceknya pada kamus bahasa Inggris.

Dilansir dari kamus bahasa Inggris cambridge.dictionary.com, views tergolong dalam kelas kata benda atau noun (dalam bahasa Indonesia disebut nomina). Lebih lanjut, pada situs tersebut kata views ternyata mempunyai dua makna.

Arti views yang pertama, dimaknai sebagai pemandangan atau suatu yang bisa dijangkau indra penglihatan, seperti pemandangan. Kedua, arti view dimaknai sebagai opini atau pandangan yang bisa dijangkau berdasarkan pikiran dan logika. Dalam hal ini, views berkaitan dengan pemahaman atau cara seseorang dalam meninjau atau memandang suatu objek.

Dalam kamus online cambridge.dictionary.com, arti views juga dijelaskan secara lebih rinci lagi. Lebih mendetail, kata views bisa diartikan secara berbeda-beda berdasarkan pada konteksnya dalam kalimat. Adapun, beberapa arti views berdasarkan konteks adalah sebagai berikut.

1. Pendapat, kepercayaan, atau ide, atau cara berpikir tentang sesuatu.

2. Objek yang dapat dilihat dari tempat tertentu, atau kemampuan untuk melihat dari tempat tertentu.

3. Cara berpendapat atau cara berpikir tertentu tentang seseorang atau sesuatu.

4. Suatu tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk melihat atau meninjau sesuatu objek.

 

2. Contoh Penggunaan Kata Views

Sebagai salah satu kosakata dalam bahasa Inggris, views termasuk kata yang cukup umum. Itu artinya, views tergolong kata yang biasa digunakan di keseharian. Baik dalam kalimat tulis maupun percakapan sehari-hari dalam bahasa Inggris. Maka dari itu, agar lebih paham apa arti views, kita juga perlu tahu contoh penggunaannya dalam kalimat.

Apalagi, seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa perbedaan arti views tergantung pada konteks kalimat yang meliputi. Sehingga, untuk mengartikan kata views, kita perlu memahami satu kalimat secara utuh.

Berikut beberapa contoh penggunaan kata views dalam kalimat, berdasarkan konteks yang melingkupi.

1. Pendapat, kepercayaan, atau ide, atau cara berpikir tentang sesuatu.

- Do you have any views about/on what we should do now? (Apakah Anda memiliki pandangan tentang/tentang apa yang harus kita lakukan sekarang?)

- In my view, her criticisms were completely justified. (Dalam pandangan saya, kritiknya benar-benar dapat dibenarkan.)

2. Objek yang dapat dilihat dari tempat tertentu, atau kemampuan untuk melihat dari tempat tertentu.

- The view from the top of the mountain is spectacular. (Pemandangan dari atas gunung sangat spektakuler.)

- Don't stand in front of me, you're blocking my view of the stage. (Jangan berdiri di depan saya, Anda menghalangi pandangan saya ke panggung.)

3. Cara berpendapat atau cara berpikir tertentu tentang seseorang atau sesuatu.

- A reporter asked the minister how he viewed recent events. (Seorang reporter bertanya kepada menteri bagaimana dia melihat peristiwa baru-baru ini.)

- If we view the problem from a different angle, a solution may become more obvious. (Jika kita melihat masalah dari sudut yang berbeda, solusi mungkin menjadi lebih jelas.)

4. Suatu tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk melihat atau meninjau sesuatu objek.

- We have two people coming to view the house this afternoon. (Kami memiliki dua orang yang datang untuk melihat rumah sore ini.)

- The extent of the flooding can only be fully appreciated when viewed from the air. (Luasnya banjir hanya dapat sepenuhnya diapresiasi jika dilihat dari udara.)

 

3. Arti Views dalam Konteks Media Sosial

Arti dari views berdasarkan kamus telah dijelaskan secara panjang lebar. Namun kenyataannya, arti views berdasarkan konteks media sosial cukup berbeda dengan arti secara leksikal yang telah dijelaskan sebelumnya. 

Sebagaimana yang telah dijelaskan di awal, bahwa saat ini arti views sudah sangat lekat dengan media sosial seperti instagram, youtube, dan tiktok. Terkait dengan hal ini, arti views lebih mengarah pada arti yang kedua yaitu penyebutan untuk penonton atau pemirsa.

Oleh karena itu, kata views lebih identik dengan media sosial yang mediumnya berupa visual seperti foto, gambar, ataupun video. Seperti pada postingan di media sosial instagram, youtube, dan tiktok. Sebab pada media sosial tersebut, performa dari suatu postingan bisa diukur dari seberapa banyak penonton atau views.

Itulah di antaranya penjelasan arti views menurut kamus dan berdasarkan konteks media sosial. Semoga menambah wawasan dan menjawab rasa penasaran kalian.

 

(kpl/gen/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI