Arti Typing dalam Bahasa Gaul yang Trend di Media Sosial, Jangan Sampai Salah Makna

Selasa, 10 Mei 2022 20:33
Arti Typing dalam Bahasa Gaul yang Trend di Media Sosial, Jangan Sampai Salah Makna
Ilustrasi (credit: unsplash.com)


Kapanlagi Plus - Mendengar kata typing tentu bukan hal baru lagi. Tidak sedikit pula yang sudah tahu apa arti typing. Namun ternyata ada loh penggunaan kata typing dalam bahasa gaul.

Buat yang lagi memahami bahasa Inggris, mengetahui berbagai istilah dan kosakata dalam bahasa Inggris juga sangat penting. Salah satunya typing yang merupakan kosakata dalam bahasa Inggris. Nggak hanya di kamus, kini kata typing juga populer di media sosial.

Namun sudah tahukah kalian arti typing dalam bahasa gaul di media sosial? Karena itulah di bawah ini akan dibahas mengenai arti typing dalam bahasa gaul yang perlu kalian ketahui.

Sehingga apabila menjumpai kosakata ini di media sosial nggak bingung lagi memahami makna dari arti typing. Ini ulasannya tentang arti typing yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

 

1. Arti Typing di Kamus

Typing merupakan salah satu kosakata dalam bahasa Inggris yang merupakan kata kerja. Penggunaan kata ini juga sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Namun apa sebenarnya arti typing?

Tidak sulit memahami makna arti typing. Karena kosakata ini sangat umum diketahui. Namun mengingat lagi arti typing di kamus tentunya semakin membantumu mempermudah memahami makna arti typing. Jika merujuk pada kamus bahasa Inggris terjemahan Indonesia, arti typing adalah mengetik.

Arti typing yakni mengetik merupakan salah satu aktivitas saat menggunakan perangkat digital. Misalnya saja kalian menggunakan internet lalu berkirim pesan melalui email atau via chat, maka arti typing merujuk pada proses mengetik untuk menyusun sebuah kalimat.

Maksud dari arti typing sebenarnya serupa dengan menulis. Hanya saja kalau arti typing medianya adalah perangkat digital seperti komputer, laptop, ataupun smartphone. Itulah arti typing di kamus yang perlu kalian ketahui.

 

 

2. Arti Typing dalam Bahasa Gaul

Menariknya lagi arti typing ternyata memiliki makna berbeda dalam bahasa gaul. Karena ada arti typing dalam bahasa gaul. Kata typing sendiri juga kerap muncul saat kalian menggunakan aplikasi chat. Misalnya saja Whatsapp yang mana ketika pengguna akan baru menulis pesan, maka akan muncul informasi Typing.

Nah, inilah yang dimaksudkan dengan arti typing secara umum yakni mengetik. Namun apa arti typing dalam bahasa gaul? Ada beberapa istilah arti typing dalam bahasa gaul. Adapun ulasannya dapat kalian simak sebagai berikut.

1. Typing Ganteng

Arti typing dalam bahasa gaul yang pertama adalah istilah Typing Ganteng. Bahasa gaul Typing Ganteng cukup populer di media sosial. Namun tidak sedikit pula belum memahami makna dari arti typing ganteng. Istilah typing ganteng disebut-sebut bermula dari akun @ivanlanin yang mempopulerkan kata tersebut.

Arti typing ganteng yang dimaksudkan dalam bahasa gaul tersebut adalah mengetik dengan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Namun bukan berarti arti typing ganteng adalah menggunakan bahasa baku, karena maknanya adalah mengetik dengan menempatkan suatu tanda baca, imbuhan, atau diksi secara tepat. Misalnya saja menempatkan imbuhan di- disambung atau dipisah secara benar. Karena, ketika menulis dengan istilah typing ganteng bisa jadi daya tarik tersendiri. Itulah arti typing ganteng yang perlu kalian ketahui.

2. Cute Typing

Arti typing dalam bahasa gaul berikutnya adalah cute typing. Cute typing juga kerap disingkat menjadi cuping. Lalu apa arti cute typing? Arti cute typing yang juga sempat trend di media sosial bermakna mengubah kata biasa jadi lebih terlihat cute. Berbeda dari arti typing sebelumnya, kali ini arti cute typing adalah mengubah kata seperti Aku nggak suka jadi Aku ndaa suka. Begitulah arti cute typing dalam bahasa gaul. Akan tetapi penggunaan cute typing ternyata hanya terbatas pada kalangan tertentu saja.

3. Typing Formal

Ada juga arti typing formal yang memiliki maknanya tersendiri. Arti typing formal adalah menulis dengan formal menggunakan kaidah yang baik dan benar. Termasuk menempatkan tanda baca, huruf besar kecil, dan lainnya secara tepat. Beberapa katanya juga ditulis dengan bahasa formal seperti Aku jadi Saya. Sehingga kesannya lebih baku atau kaku. Itulah makna dari arti typing formal dalam bahasa gaul.

 

 

3. Hal-Hal yang Diperhatikan dalam Typing Ganteng

Sementara itu terdapat beberapa hal yang penting diperhatikan dalam typing ganteng. Adapun setelah memahami apa arti typing ganteng, pahami juga apa saja hal penting yang perlu diperhatikan. Nah, berikut ini hal-hal penting diperhatikan dalam typing ganteng.

- Menempatkan tanda baca secara tepat dan sesuai fungsinya.

- Hindari menggunakan kata dengan huruf double misalnya saja iyaaaa.

- Pakai tanda titik pada akhir kalimat.

- Hindari menggunakan bahasa alay terlalu berlebihan.

- Hindari menulis kata singkat misalnya saja yang menjadi yg.

- Usahakan mengucapkan salam pembuka sebagai bentuk rasa menghargai kepada seseorang.

 

 

4. Bahasa Gaul di Media Sosial

Setelah tahu pengertian typing di kamus dan bahasa gaul, terdapat beberapa bahasa gaul yang populer di media sosial.  Nah, berikut ini bahasa gaul di media sosial yang bisa jadi tambahan wawasan buatmu. Cek langsung apa saja bahasa gaul di media sosial di bawah ini KLovers.

1. Mleyot: Artinya meleleh, lunak, lemas saat seseorang sedang jatuh cinta.

2. Ghosting: Artinya hilang tanpa kabar bagaikan hantu.

3. Circle: Artinya lingkaran pertemanan atau serupa dengan geng.

4. Spill: Artinya bongkar atau ungkap rahasia.

5. Salty: Artinya geram, disindir, dicela, dan lainnya.

6. Inscure: Artinya merasa rendah diri atau ada sesuatu yang kurang dalam dirinya.

7. Healing: Artinya proses penyembuhan diri dari luka batin pikiran dan jiwa.

8. Clingy: Artinya orang yang selalu menempel atau sifat kanak-kanak.

Itulah penjelasan mengenai arti typing yang perlu kalian ketahui. Sehingga nggak bingung lagi membedakan arti typing di kamus dan bahasa gaul.

 

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI