Nggak Cuma Indah dan Cantik, Ini 6 Manfaat Kembang Sepatu Bagi Kesehatan - Kecantikan

Kamis, 30 Juli 2020 15:44 Penulis: Dhia Amira
Nggak Cuma Indah dan Cantik, Ini 6 Manfaat Kembang Sepatu Bagi Kesehatan - Kecantikan
Manfaat kembang sepatu (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Kembang sepatu atau bunga sepatu merupakan salah satu jenis tanaman hias yang dapat dengan mudah kita temukan pada daerah tropis dan juga sub tropis. Memiliki banyak warna yang indah dan cantik, membuat kembang sepatu sering digunakan sebagai tanaman hias di rumah.

Tetapi selain menjadi tanaman hias, ternyata kembang sepatu memiliki banyak manfaat loh yang baik untuk tubuh. Kira-kira manfaat apa saja ya itu? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 manfaat kembang sepatu bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Yuk langsung saja dicek.

 

 

 

1. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Manfaat kembang sepatu yang pertama yaitu dapat mencegah infeksi saluran kemih. Dalam sebuah study the Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine mengungkapkan bahwa, kandungan anti jamur dan anti mikroba yang terdapat dalam kembang sepatu dapat mengatasi dan mencegah infeksi saluran kemih.

Dua kandungan ini dapat melawan candica albicans yang merupakan bakteri berbahaya yang hinggap dalam saluran kemih. Selain itu kandungan flavonoid yang terdapat dalam kembang sepatu dapat mencegah pertumbuhan bakteri E.Coli. Kalian bisa mengonsumsi teh kembang sepatu untuk menjadi obat herbal alami dalam mencegah infeksi saluran kemih.

2. Menurunkan Berat Badan

Manfaat kembang sepatu yang selanjutnya yaitu dapat menurunkan berat badan dengan alami. Hal tersebut karena di dalam kembang sepatu terdapat antioksidan alami yang bisa membuat berat badan turun dengan efektif. Selain itu antioksidan ini juga dapat mengeluarkan racun, lemak, dan kalori yang terakumulasi di dalam tubuh.

Kemudian kembang sepatu juga dapat membantu mengubah suasana hati agar lebih tenang dan juga rileks. Kalian bisa mengonsumsi teh kembang sepatu untuk menurunkan berat badan dan juga memberikan rasa tenang dan rileks pada tubuh.

3. Mengobati Diabetes

Selain itu manfaat kembang sepatu yang lainnya yaitu dapat mengobati diabetes pada tubuh. Hal itu karena di dalam kembang sepatu terdapat kandungan asam ferulic, yang merupakan salah satu bahwa senyawa kimia untuk dapat mengobati diabetes secara alami.

Asam ferulic merupakan salah satu polifenol yang terdapat dalam kembang sepatu, kandungan asam ini berperan dalam mengembalikan sensitivitas insulin dan mengendalikan diabetes. Jadi kalian bisa menggunakan kembang sepatu sebagai bahan alami yang baik untuk mengatasi penyakit diabetes.

4. Mengurangi Peradangan Tubuh

Manfaat kembang sepatu yang selanjutnya yaitu dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh. Hal tersebut karena di dalam kembang sepatu terdapat kandungan antioksidan yang baik untuk membersihkan racun di dalam tubuh. Antioksidan sendiri merupakan zat alami yang dapat mencegah radikal bebas masuk ke dalam tubuh.

Radikal bebas adalah zat yang bisa memberikan kanker dan racun di dalam tubuh. Itulah mengapa, untuk mengurangi racun dan infeksi di dalam tubuh, kalian dapat mengonsumsi kembang sepatu untuk memberikan antioksidan secara alami.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain memberikan kesehatan pada tubuh, ternyata manfaat kembang sepatu yang lainnya yaitu dapat memberikan kesehatan pada kulit. Hal tersebut karena di dalam kembang sepatu terdapat kandungan anti inflamasi yang dapat menyembuhkan jerawat di dalam tubuh, serta dapat mengatasi penuaan dini.

Selain itu, kembang sepatu juga dapat mengangkat sel kulit mati serta membersihkan kulit secara efektif dan juga alami. Kalian bisa menggosokkan kembang sepatu pada bagian wajah dan juga leher secara perlahan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Memberikan kesehatan Rambut

Dan manfaat kembang sepatu yang terakhir yaitu dapat memberikan kesehatan pada rambut. Bila kalian mengalami masalah rambut seperti uban dan juga rontok secara berlebih, maka kalian dapat menggunakan kembang sepatu sebagai cara alami yang efektif.

Hal tersebut karena di dalam kembang sepatu terdapat kandungan vitamin C, kalsium, dan zat lainnya. Bila kandungan alami pada kembang sepatu kita gunakan di rambut, maka akan memperkuat akar rambut dan juga mengurangi uban berlebih pada rambut kalian.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu merebus kembang sepatu selama 20 menit. Bila airnya sudah mengental, kalian bisa menghaluskan kembang sepatu bersama air rebusan hingga menjadi pasta. Bila sudah bisa langsung kalian aplikasikan pada rambut.

Itulah 6 manfaat kembang sepatu yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan tubuh. Selain memiliki bentuk yang cantik, nyatanya kembang sepatu juga memiliki banyak manfaat alami yang sangat baik bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI