Tanpa Manicure ke Salon, Ini 10 Tips Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kuku Agar Tetap Terawat

Minggu, 28 Juni 2020 11:11 Penulis: Nurul Wahida
Tanpa Manicure ke Salon, Ini 10 Tips Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kuku Agar Tetap Terawat
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Menjaga kesehatan kuku menjadi bagian penting kecantikan tubuh bagian luar yang perlu diperhatikan. Sebab cukup banyak orang memelihara kuku demi menunjang penampilan. Alhasil mereka melakukan berbagai perawatan salon demi mendapat kuku cantik dan sehat. Namun sebenarnya ada cara menjaga kesehatan dan kecantikan kuku panjang tanpa manicure.

Sebagian perempuan mungkin banyak memelihara kuku panjang untuk menunjang penampilan mereka. Selain panjang, sederet perempuan juga melengkapi kuku mereka dengan aneka cat kuku menarik agar semakin menawan.

Bukan saja cantik dan menarik, menjaga kesehatan kuku pun perlu dilakukan dan diperhatikan. Sebab kuku yang tidak terawat kesehatannya dapat juga mempengaruhi penampilan bahkan hingga kesehatan. Sebut saja mulai dari kuku rapuh, mudah patah, berwarna kuning, dan kotor pastinya terlihat kurang menarik.

Untuk itu perlu untuk menjaga kesehatan kuku panjang agar semakin mendukung kecantikannya. Berbagai bahan alami di rumah cukup banyak dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kuku. Selain terjangkau,perawatan kuku di rumah juga bisa dilakukan kapanpun dan lagi mudah.

Lalu bagaimana tips menjaga kesehatan dan kecantikan kuku panjang agar tetap terawat?

Adapun tips menjaga kesehatan dan kecantikan kuku panjang terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Dengan mengetahui tips menjaga kesehatan dan kecantikan kuku panjang tentunya semakin melengkapi penampilan kuku agar lebih menarik. Berikut tips menjaga kesehatan dan kecantikan kuku panjang agar tetap terawat tanpa manicure bersumber dari stylecraze.com, brillistyle.brilio.net.

 

1. Usahakan Kuku Tetap Bersih

Tips pertama untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kuku panjang adalah tetap memperhatikan kebersihan kuku tersebut. dimana kebersihan kuku bukan saja penting untuk penampilan, melainkan juga kesehatan tubuh.

Kalian dapat membersihkan kuku secara berkala agar mencegah penumpukan kotoran diantara sela-sela kuku. Untuk membersihkan kuku dapat dilakukan dengan alat potong kuku yang biasanya dilengkapi berbagai peralatan pendukung untuk membersihkan kuku. Menggunakan sikat gigi yang sudah diolesi garam lalu digunakan membersihkan kuku juga dapat dilakukan.

Setelah menggunakan alat tersebut pastikan juga untuk selalu membersihkan dan mencucinya. Kalian juga dapat mengoleskan tree tea oil untuk menjaga kuku tetap sehat dan terhindar dari kuman.

2. Jangan Menggigit Kuku

Tips menjaga kesehatan dan kecantikan kuku panjang selanjutnya adalah jangan menggigit kuku. Kebiasaan ini mungkin kerap ditemui di masyarakat. Namun rupanya menggigit kuku dapat mempengaruhi kesehatan dan kecantikan kuku.

saat kebiasaan menggigit kuku sering dilakukan besar kemungkinan dapat membuah kuku rapuh hingga merusak kutikula kuku. Selain itu menggigit kuku juga bisa menjadi saluran utama bakteri atau kuman masuk ke dalam tubuh. untuk itu sebaiknya menghindari menggigit kuku agar kesehatan dan kecantikannya tetap terjaga.

3. Gunakan Pelembab Kuku

Berbagai produk perawatan kuku sebenarnya sudah banyak di pasaran. Kalian dapat memanfaatkan produk tersebut untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kuku. Salah satunya adalah menggunakan pelembab kuku. Pelembab ini dapat berfungsi untuk menjaga kuku dan kutikula tetap sehat, kuat dan berkilau.

4. Rapikan Kuku Secara Berkala

Untuk menjaga kecantikan kuku seperti perawatan di salon, usahakan agar merapikan kuku secara berkala. Mengutip dari dari hellosehat.com bersumber dari American Academy of Dermatology menyebutkan bahwa kuku tangan tumbuh sekitar 0,1 mm perhari. Sehingga perlu untuk selalu merapikan kuku secara berkala agar bentuknya tetap terjaga.

5. Gunakan Base Coat Kuku

Tips menjaga kesehatan dan kecantikan kuku juga dapat dilakukan dengan menggunakan base coat kuku sebelum mewarnai kuku dengan aneka cat. Base coat ini dapat menjaga kuku dan melindungi dari zat kimia cat kuku. Sebab sejumlah base coat diketahui berbagai senyawa yang baik untuk kesehatan kuku. Termasuk mengatasi kuku rapuh dan patah.

Base coat ini juga dapat mempercantik penampilan kuku yang sudah dikutek. Sehingga penampilan pun tampak lebih menawan dan memesona. Selain itu kalian juga bisa menggunakan top coat yang berfungsi memberi efek berkilau dan lebih matte.

6. Gunakan Remove Cat Kuku

Tips menjaga kesehatan dan kecantikan kuku saat dikutek adalah jangan mengikis permukaan kuku yang sudah dicat. Sebab hal ini akan merusak kuku dan membuat lapisan kuku menjadi tipis. Sebaiknya gunakan cairan pembersih kuku yang banyak dijual di pasaran untuk menghilangkan cat kuku tersebut secara aman.

7. Kikir Kuku dengan Tepat

Dalam perawatan kuku tentunya kikir kuku tak bisa terlupakan untuk menjaga penampilannya tetap menarik. Namun saat kikir kuku sebaiknya perlu memerhatikan langkahnya dengan benar dan tepat. Adapun cara mengikir kuku dengan tepat salah satunya adalah dilakukan dengan perlahan dan satu arah. Mulailah dari satu sudut menuju tengah dan seterusnya sampai tampilan kuku sesuai dengan apa yang diinginkan.

8. Tepat Pilih Cat Kuku

Tips menjaga kesehatan dan kecantikan kuku Panjang perlu juga memerhatikan pemilihan cat kuku. Sebab, sejumlah cat kuku mengandung zat kimia tinggi yang dapat memengaruhi kondisi kuku. Akan lebih baik memilih cat kuku dari bahan alami dan bebas dari zat kimia. Dimana bahan tersebut tentunya ramah lingkungan serta dapat terhindar dari berbagai masalah kesehatan lainnya.

9. Perawatan Kuku Secara Alami

Bahan-bahan alami dapat digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kuku. Diantara bahan alami yang bisa digunakan untuk mempertahan kesehatan dan kecantikan seperti bawang putih yang berfungsi memperkuat kuku.

Belimbing wuluh untuk membersihkan kuku, lidah buaya membuat kuku lebih cantik dan bening, ataupun air jeruk untuk membersihkan kuku.

10. Perawatan dari Dalam

Tips menjaga kesehatan dan kecantikan kuku Panjang juga penting dilakukan dari dalam. Asupan dari dalam untuk menjaga kesehatan kuku tersebut adalah dengan konsumsi makanan dan minuman mengandung kalsium, zat besi, dan vitamin. Diantaranya mulai dari sayur dan buah yang baik untuk kesehatan tubuh lainnya.

Nah itulah 10 tips menjaga kesehatan dan kecantikan kuku panjang agar tetap terawat tanpa manicure di salon. Gimana cukup mudah bukan?

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI