Pemanasan Global Adalah Meningkatnya Suhu Bumi secara Drastis, Ketahui Dampak dan Cara Mencegahnya

Jum'at, 01 Januari 2021 13:44 Penulis: Puput Saputro
Pemanasan Global Adalah Meningkatnya Suhu Bumi secara Drastis, Ketahui Dampak dan Cara Mencegahnya
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Permasalahan lingkungan, khususnya pemanasan global selalu jadi bahasan. Terlebih, beberapa tahun belakangan ini dampak dari pemanasan global kian semakin hari memang semakin terasa. Pemanasan global adalah kondisi saat suhu di permukaan bumi meningkat secara global atau menyeluruh. Tentu kondisi ini sangat berdampak bagi kehidupan makhluk hidup di bumi.

Pemanasan global adalah masalah genting yang harus segera diselesaikan. Pasalnya, Berbagai pertanda dari pemanasan global, mulai muncul di antaranya cuaca yang semakin tak menentu, suhu udara yang semakin panas, dan sebagainya.

Oleh karena itu, penting untuk memahami bahwa pemanasan global adalah permasalahan bersama. Untuk itu, berikut ulasan mengenai pemanasan global yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pengertian Pemanasan Global

Seperti yang disinggung sebelumnya, pemanasan global adalah kondisi ketika suhu udara meningkat secara keseluruhan. Organisasi dunia yang bergerak di bidang lingkungan, World Wide Fund for Nature (WWF) mendefinisikan pemanasan global adalah kondisi terjadinya peningkatan sejumlah gas rumah kaca di atmosfer bumi, terutama karbon dioksida. Gas karbon dioksida adalah penyebab utama pemanasan global saat ini.

Selain definisi, proses terjadinya pemanasan global juga harus dipahami setiap orang. Pemanasan global terjadi karena pengaruh gas karbon dioksia di atmosfer bumi yang menyebabkan menguatnya pancaran atau radiasi matahari. Sehingga, suhu matahari yang sampai di bumi menjadi berlebih.

Secara umum, terjadinya pemanasan global memang akan berdampak pada lingkungan. Saat suhu di bumi meningkat, es di kutub akan mencair. Akibatnya, permukaan laut akan naik lalu luas daratan akan semakin terhimpit. Hal ini tentu akan sangat berdampak pada ekosistem makhluk hidup secara secara keseluruhan. Itulah sebabnya pemanasan global harus dipandang sebagai masalah serius.

2. Penyebab Pemanasan Global

Nama lain pemanasan global adalah global warming. Pemanasan global menjadi salah satu ancaman bencana besar bagi setiap makhluk hidup. Belakangan kondisi pemanasan global juga tampak kian parah, dilihat dari semakin panasnya suhu di bumi. Untuk bisa menghentikan pemanasan global kita perlu tahu penyebab pemanasan global.

Adapun penyebab dari pemanasan global di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Pembalakan Hutan secara Liar
Hutan selama ini dikenal sebagai paru-paru dunia. Keberadaan hutan akan sangat berpengaruh terhadap produksi oksigen dan suhu udara. Selain itu, hutan juga berperan dalam penyerapan karbon dioksida. Atau dengan kata lain, hutan yang terjaga akan mencegah pemanasan global.

2. Maraknya Kegiatan Industri
Salah satu penyebab utama dari pemanasan global adalah karbon dioksida. Gas karbon ini banyak diproduksi oleh kegiatan industri. Artinya maraknya kegiatan industri turut semakin memperparah situasi pemanasan global.

3. Pemakaian Bahan Bakar Berlebihan
Selain dari kegiatan industri, penggunaan kendaraan bermotor dengan bahan bakar seperti bensin juga akan menghasilkan gas karbon dioksida. Jadi sebisa mungkin kurangi penggunaannya dan beralih ke kendaraan umum jika memungkinkan.

4. Penggunaan Listrik yang Berlebihan
Selain pemakaian kendaraan, penggunaan listrik juga harus dikontrol demi mencegah pemanasan global. Pasalnya, energi listrik juga diproduksi dari bahan bakar yang pada akhirnya juga akan melepaskan gas karbon dioksida. Sehingga, pemakaian listrik yang berlebihan juga akan memicu produksi karbon dioksida yang besar.

5. Efek Rumah Kaca
Efek rumah kaca terjadi karena adanya gas-gas yang terperangkap dalam lapisan atmosfer. Gas-gas tersebut tersebut akan membuat panas cahaya matahari kembali dipantulkan ke permukaan bumi. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab dari pemanasan global.

6. Kegiatan Pertanian dan Peternakan
Siapa sangka kegiatan pertanian dan peternakan ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab pemanasan global. Hal ini dikarenakan kegiatan pertanian yang menggunakan pupuk nonorganik, diyakini bisa melepaskan gas yang memicu pemanasan global, yaitu gas dinitrogen oksida.

3. Dampak Pemanasan Global

Pemanasan global adalah fenomena besar yang dapat mengancam kondisi alam. Pada akhirnya, terjadinya pemanasan global akan membawa banyak dampak bagi kehidupan. Adapun dampak dari pemanasan global adalah sebagai berikut.

1. Meningkatnya Suhu Bumi
Salah satu dampak dari pemanasan global yang paling terlihat adalah suhu bumi yang meningkat drastis. Kondisi ini sudah menjadi perhatian sejak bertahun-tahun belakangan. Gelombang udara panas di bumi diketahui terus meningkat. Hal ini sudah mulai dirasakan setiap harinya.

2. Naiknya Permukaan Laut
Buntut dari suhu bumi yang meningkat adalah es di kutub utara yang mencair. Akibatnya, volume air di lautan akan bertambah, sehingga permukaan air naik. Dampaknya, luas daratan akan semakin menyempit dan ekosistem jadi terganggu.

3. Perubahan Cuaca yang Tidak Menentu
Dampak dari pemanasan global yang semakin terasa juga adalah perubahan cuaca yang tidak menentu. Bahkan, saat ini cuaca bisa berganti dalam hitungan hari dan sudah tidak bergantung pada dengan masa musimnya.

4. Cara Mencegah Pemanasan Global

Mencegah pemanasan global tentu sudah jadi tugas bersama. Untuk itu, perlu dilakukan berbagai cara untuk mencegah dan mengurangi dampak pemanasan global. Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Menghemat pemakaian energi.
2. Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dengan beralih menggunakan transportasi umum.
3. Menerapkan konsep 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle).
4. Menggunakan produk-produk ramah lingkungan.
5. Melakukan penghijauan hutan.

Itulah di antaranya ulasan mengenai pemanasan global adalah permasalahan lingkungan yang harus diatasi bersama. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI