8 Cara Menghaluskan Kulit Wajah yang Kasar Menggunakan Bahan Alami

Sabtu, 02 Januari 2021 15:22 Penulis: Dita Tamara
8 Cara Menghaluskan Kulit Wajah yang Kasar Menggunakan Bahan Alami
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Memiliki kulit wajah yang kasar dan tidak bercahaya akan membuat penampilan kalian menjadi berkurang. Tentu saja hal ini menimbulkan rasa tidak percaya diri. Bahkan, banyak orang yang rela mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan kulit yang bersih dan halus. Berbagai perawatan pun dilakukan untuk mendapat hasil yang diinginkan. Padahal, di sekitar kalian banyak bahan alami yang bisa membantu kalian mendapatkan kulit wajah yang halus. Cara menghaluskan kulit wajah tanpa merogoh kocek merupakan idaman terutama bagi kaum hawa. kalian tidak perlu pergi ke dokter, membeli produk kecantikan yang mahal, atau menutup kulit menggunakan makeup tebal.

Selain mudah dan murah, tentu saja dengan menggunakan bahan alami, kalian tidak perlu takut akan efek sampingnya karena akan aman ketika digunakan dan tidak mengandung bahan-bahan kimia. Lalu, bagaimana cara menghaluskan kulit wajah secara alami? Kalian tidak perlu khawatir ya, berikut ini cara yang aman untuk memiliki kulit yang halus, bersih, dan bersinar dengan menggunakan bahan alami berikut ini.

 

1. Scrub Kopi dan Gula

Cara menghaluskan kulit wajah yang pertama yaitu dengan menggunakan bahan alami kopi dan gula. Kedua bahan tersbeut bisa kalian jadikan scrub yang mempunyai manfaat mengelupaskan kulit mati sehingga wajah menjadi halus dan mulus. Adapun cara menggunakan scrub kopi dan gula yaitu dengan membuat pasta dari 2 sdm bubuk kopi yang dilarutkan menggunakan air. Kemudian tambahkan 1 sdm gula pasir. Sebelum mengaplikasikan scrub pada wajah, jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Gosokkan scrub secara merata pada wajah. Lakukan gerakan menggosok wajah selama 1 menit agar sel kulit mati terangkat.

 

2. Lemon dan Madu

Lemon dan madu menjadi kombinasi yang sangat baik untuk menghaluskan kulit wajah. Kedua bahan tersebut memang terbukti membuat wajah kalian yang kasar menjadi halus. Cara menghaluskan kulit wajah yang kasar menggunakan lemon dan madu dengan mencampurkan 1 sdm air perasan lemon dan 2 sdm madu. Setelah itu, aplikasikan ke wajah secara merata. Gunakan cara ini secara rutin. Dengan begitu kalian bisa mendapatkan kulit yang halus dan bersih.

 

3. Kopi dan Tomat

Selanjutnya, kopi dan tomat merupakan bahan alami yang dapat menghaluskan wajah. Diketahui kopi mampu membersihkan sisa sel kulit mati di wajah yang membuatnya terasa kasar. Tomat juga dapat menjadi tabir surya alami untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan sinar UV.

Cara membuat scrub kopi dan tomat, kalian bisa menumbuk halus tomat hingga menjadi bubur lalu tambahkan 2 sdm bubuk kopi hingga tumbukan tomat dan bubuk kopi menjadi pasta. Gosokkan scrub secara merata pada wajah. Lakukan gerakan menggosok wajah selama 1 menit agar sel kulit mati terangkat.

 

4. Oatmeal

Oatmeal menjadi pilihan yang tepat bagi kalian yang ingin memperoleh wajah yang halus. Selain itu, oatmel juga bermanfaat untuk menghidrasi dan melembabkan kulit. Hal ini lantaran oatmel dapat menyerap minyak berlebih dan mengunci kelembaban kulit. Cara menggunakan oatmel untuk menghaluskan wajah yaitu dengan mencampurkan oatmel dengan air hangat lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, kalian bisa menggunakan cara ini minimal seminggu sekali.

 

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memang dikenal akan khasiatnya yang baik bagi kecantikan. Salah satu manfaat dari minyak kelapa sendiri sebagai salah satu cara menghaluskan wajah secara alami. Kandungan antimikroba dan anti inflamsi pada minyak kelapa dapat mengatasi kulit wajah kasar dan pecah-pecah.

Tak hanya itu, minyak kelapa dipercaya dapat meningkatkan kelembapan kulit dan menambah jumlah lemak pada kulit. Cara menggunakan minyak kelapa juga cukup mudah. Kalian hanya perlu mengoleskan minyak kelapa di seluruh wajah dan leher. Diamkan semalaman, dan bilas keesokan harinya.

 

6. Masker Tepung Beras

Tepung beras yang biasa kalian gunakan untuk bahan masakan di dapur ini ternyata mempunyai manfaat lain dapat menghaluskan kulit wajah. Kandungan karbohidrat, zat besi, kalsium, protein, dan vitamin C pada tepung beras menjadi salah satu cara menghaluskan wajah secara alami.

Cara menggunakannya pun nggak susah lho. Pertama-tama larutkan tepung beras hingga berbentuk pasta. Oleskan pada wajah secara merata. Kemudian diamkan selama 30 menit atau masker tepung beras mengering. Bilas dengan menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

7. Masker Alpukat dan Madu

Selanjutnya, cara menghaluskan wajah bisa menggunakan masker alpukat dan madu. Alpukat bermanfaat untuk melindungi kulit dari keriput dan tanda-tanda dari penuaan dini karena alpukat banyak mengandung karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E berguna untuk membantu mencegah penuaan dini akibat dari paparan sinar matahari. Sedangkan vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk membuat elastin dan kolagen agar kulit tetap kenyal dan juga halus.

 

8. Mentimun

Sudah bukan menjadi rahasia umum jika mentimun mempunyai segudang manfaat untuk kecantikan, salah satunya menghaluskan wajah. Selain dapat menghilangkan minyak berlebih, mentimun juga dapat membuat kulit wajah menjadi halus dan juga lembut lantaran memiliki kandungan mineral dan vitamin. Cara menggunakan mentimun pada wajah cukup mudah, kalian hanya perlu memarut timun hingga halus. Lalu oleskan pada wajah dan biarkan selama 30 menit. Bila telah selesai dapat kalian bilas menggunakan air.

Itulah sederet cara menghaluskan wajah secara alami yang dapat kalian lakukan di rumah. Lakukan cara di atas secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba.

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI