Tak Hanya Banyak Makan Saja, Ini 7 Hal Penyebab Obesitas yang Sering Dianggap Sepele

Kamis, 17 September 2020 12:44 Penulis: Puput Saputro
Tak Hanya Banyak Makan Saja, Ini 7 Hal Penyebab Obesitas yang Sering Dianggap Sepele
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Obesitas atau berat badan berlebih bisa menimpa siapa saja. Tak hanya bermasalah dengan penampilan, obesitas juga mengganggu kesehatan. Sejumlah masalah kesehatan bisa timbul akibat obesitas. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui apa saja hal penyebab obesitas. Agar kita bisa melakukan langkah pencegahan.

Selama ini, obesitas atau kelebihan berat badan sering dikaitkan dengan kebiasaan makan yang terlalu banyak. Padahal, bukan itu saja hal yang bisa menyebabkan obesitas. Masih ada beberapa faktor penyebab obesitas yang selama ini sangat sering disepelekan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa hal penyebab obesitas yang sering dianggap sepele.

 

1. Pola Makan yang Buruk

Pola makan sering disebut sebagai salah satu hal yang memicu obesitas. Pola makan erat kaitannya dengan jumlah atau intensitas makan. Walaupun makanan yang kita konsumsi tergolong sehat jika berlebih akan tetap berbahaya bagi kesehatan.

Tubuh kita membutuhkan asupan nutrisi. Nutrisi tersebut harus bisa terpenuhi agar tetap bisa tumbuh sehat. Artinya, asupan nutrisi yang berlebih juga tidak baik untuk kesehatan. Berbagai asupan nutrisi seperti karbohidrat, protein, dan lemak yang berlebihan akan disimpan tubuh sebagai lemak. Dengan begitu, tumbuh akan mengalami kegemukan.

Oleh karena itu, selain mengonsumsi makanan sehat, kita juga harus menjaga pola makan kita secara teratur. Sebab, dengan begitu asupan nutrisi dalam tubuh sesuai dengan kebutuhan, dan kita bisa terhindar dari obesitas.

2. Konsumsi Junk Food

Jika makanan sehat saja bisa menimbulkan obesitas jika dikonsumsi dengan pola makan yang buruk, maka begitu pula dengan junk food. Makanan cepat saji atau junk food selama ini dikenal sebagai makanan yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Junk food seperti hamburger, kentang goreng, dan sejenisnya pada umumnya diolah dengan cara digoreng pada suhu tinggi. Sehingga, kandungan nutrisinya sangat minim atau bahkan telah hilang sama sekali. Maka, mengonsumsi junk tubuh kita tak akan mendapatkan nutrisi yang cukup. Alih-alih menyehatkan, junk food bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan, termasuk obesitas.

3. Kurang Olahraga

Olahraga jadi salah satu kegiatan fisik yang berguna untuk membakar kalori. Selain itu, tentu sudah jadi rahasia umum selain baik untuk kesehatan tubuh, berolahraga juga bisa membuat tubuh terlihat lebih atletis dan ideal. Artinya, berolahraga secara rutin bisa menjauhkan kita dari obesitas.

Sebaliknya, malas berolahraga atau kegiatan fisik lainnya akan memperlambat proses metabolisme tubuh. Dampaknya, lemak dan kalori akan menumpuk karena tidak terbakar secara maksimal. Jangka panjang, lemak yang menumpuk inilah yang di kemudian menjadi hal penyebab obesitas.

4. Kurang Tidur atau Istirahat

Tak hanya kurang olahraga, kurang tidur atau istirahat ternyata juga bisa memicu obesitas. Sebuah penelitian yang dilakukan University of Warwick menyebut, orang yang kurang tidur dua kali lebih berisiko terkena obesitas dibanding mereka yang cukup tidur. Hal ini dikarenakan kebutuhan tidur berkaitan erat dengan aktivitas hormon pemicu rasa lapar.

Kebutuhan tidur yang tidak terpenuhi diyakini bisa menekan hormon Leptin. Padahal hormon leptin bertugas untuk menekan rasa lapar dan nafsu makan. Artinya, saat kurang tidur, kita akan lebih sering ingin makan daripada biasanya.

5. Faktor Genetik

Faktor genetik atau garis keturunan jadi hal penyebab obesitas yang tidak bisa dihindari. Namun, hal ini bukan berarti anak dengan orangtua obesitas akan mengalami hal yang sama. Sebab, obesitas tetap bisa dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat. Hanya saja, karena lebih berisiko obesitas anak dengan orangtua obesitas perlu lebih waspada dan berhati-hati.

6. Faktor Psikologis

Selain genetik, faktor psikologis juga berpengaruh besar bagi seseorang untuk mengalami obesitas. Sebab seperti yang kita tahu, tidak sedikit orang yang memilih makan sebagai aktivitas meluapkan emosi atau untuk sekadar memperbaiki mood yang berantakan.

Sementara, saat dalam keadaan emosi atau stres, kita cenderung tidak memikirkan pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Sehingga, hal ini sangat berisiko terjadinya penumpukan gula, lemak, kalori dalam tubuh, dan berujung pada obesitas.

7. Pengaruh Obat-Obatan Tertentu

Satu lagi hal penyebab obesitas yang sering diabaikan, yaitu konsumsi jenis obat-obatan tertentu. Ya, beberapa jenis obat memang mempunyai efek samping bertambahnya nafsu makan. Jadi, selain untuk tujuan pengobatan konsumsi jenis obat-obatan tertentu sangat perlu untuk diperhatikan.

Itulah di antaranya beberapa hal penyebab obesitas yang selama ini kerap disepelekan. Agar terhindar dari obesitas, hindari hal-hal di atas dan terapkan pola hidup sehat.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI