Perlu Diketahui, Ini Durasi Ideal Tidur Berdasarkan Usia

Jum'at, 27 November 2020 13:44 Penulis: Nurul Wahida
Perlu Diketahui, Ini Durasi Ideal Tidur Berdasarkan Usia
Durasi ideal tidur (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Lama durasi tidur ideal seseorang ternyata memiliki kategori tertentu berdasarkan kelompok usia. Perbedaan jam tidur seseorang ini dipengaruhi oleh berbagai hal termasuk berkaitan dengan aktivitas tertentu. Untuk itu penting memahami durasi jam tidur berdasarkan kelompok usia agar mengetahui secara tepat waktu ideal beristirahat.

Tidur merupakan kebutuhan wajib yang tak dapat ditinggalkan begitu saja. Kurangnya waktu tidur seseorang dapat memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Begitu pula dengan aktivitas tidur yang dilakukan secara berlebihan juga bisa memicu tubuh rentan terhadap masalah kesehatan tertentu.

Misalnya saja saat kalian kurang memiliki waktu tidur dapat memicu gangguan kesehatan seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung, insomnia atau bahkan mengalami penuaan dini. Selain itu umumnya jam tidur orang dewasa berada pada durasi sekitar 7-8 jam per hari. Namun kondisi tersebut dikelompokkan kembali berdasarkan tingkat usia yang beragam.

Untuk itulah pentingnya memahami durasi ideal tidur berdasarkan kelompok usia tertentu yang dapat membantu kalian beristirahat cukup dan seimbang. Untuk lebih lengkapnya mengenai durasi ideal tidur tersebut sebagai berikut yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

 

1. Durasi Tidur Pada Bayi

Durasi ideal tidur berdasarkan usia yang pertama adalah waktu tidur pada bayi. Dimana durasi tidur pada bayi memiliki waktu tertentu yang penting diketahui bagi setiap orang tua. Adapun durasi lama waktu tidur pada bayi adalah sebagai berikut:

Bayi usia 0-3 bulan:

Bayi usia 0-3 bulan membutuhkan durasi waktu tidur yang lebih lama dibandingkan rentang usia lainnya. Sebab itulah bayi lebih dominan menghabiskan waktu tidur daripada terbangun terutama setelah dilahirkan. Waktu tersebut biasanya terjadi sampai usia 3 bulan yang membutuhkan waktu tidur sekitar 14 hingga 18 jam per hari.

Bayi usia 4-11 bulan:

Seiring bertambahnya usia bayi yakni pada rentang usia 4-11 bulan, durasi tidur akan semakin menurun. Namun pada usia ini bayi masih membutuhkan waktu tidur yang tak berbeda jauh berada pada rentang durasi sekitar 12 hingga 15 jam per hari.

 

 

2. Durasi Tidur Pada Anak

Setelah membahas mengenai durasi tidur bayi, seiring bertambahnya usia durasi tidur juga akan menurun. Salah satunya terjadi pada rentang usia anak-anak. Adapun waktu durasi tidur usia anak-anak sebagai berikut yang dapat kalian kenali:

Anak usia 1-2 tahun:

Pada rentang usia anak 1 sampai 2 tahun, durasi tidur akan berkurang. Dimana waktu tidur pada usia anak-anak tersebut berada pada waktu sekitar 11 hingga 14 jam per hari. Pada masa ini anak telah mengalami masa-masa pertumbuhan yang masih membutuhkan waktu istirahat yang seimbang.

Anak usia 3-5 tahun:

Pada rentang anak usia 3-5 tahun, durasi waktu tidur juga akan semakin menurun. Dimana pada usia tersebut anak membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 13 jam per hari. Pada usia ini seorang anak sudah memasuki masa pra sekolah yang membutuhkan waktu tidur cukup.

Anak usia 6-13 tahun:

Sedangkan seiring bertambahnya usia waktu tidur tersebut juga semakin berkurang. Salah satunya rentang usia 6 sampai 13 tahun yang memiliki waktu tidur selama 9 hingga 11 jam per hari. Pada rentang usia ini seorang anak sudah memasuki masa sekolah.

 

 

3. Durasi Tidur Usia Remaja

Pada usia remaja, seorang anak memperoleh masa durasi tidur yang semakin menurun. Adapun durasi tidur pada usia remaja tersebut berada pada rentang sebagai berikut:

Durasi tidur remaja 14-17 tahun:

Masa remaja biasanya terjadi pada rentang usia 14-17 tahun. Pada masa ini merupakan masa pubertas bagi seorang anak. Dimana selama masa tersebut rentang usia tersebut membutuhkan waktu tidur selama sekitar 8 hingga 10 jam per hari.

 

 

4. Durasi Tidur Usia Dewasa

Dikatakan dewasa juga memiliki beberapa kategori tertentu berdasarkan tingkat usianya.  Diantaranya berada pada masa usia dewasa muda dan dewasa. Usia tersebut umumnya membutuhkan waktu tidur dengan durasi tertentu berdasarkan kelompok usianya.

Durasi tidur usia 18-25 tahun:

Pada masa usia ini seseorang memiliki waktu durasi tidur selama kurang lebih 7 sampai 9 jam per hari, pada masa ini seseorang telah memasuki usia yang dikatakan dewasa.

Durasi tidur usia 26-64 tahun:

Adapun waktu durasi tidur pada masa usia 26-64 tahun ada pada rentang antara 7 hingga 9 jam dalam sehari. Dalam waktu tersebut seseorang telah memasuki masa dewasa menuju masa pramenopause.

 

 

5. Durasi Tidur Usia Senja

Pada usia senja durasi tidur akan semakin menurun. Adapun durasi tidur pada masa usia senja tersebut sebagai berikut.

Usia lebih dari 65 tahun:

Di usia lebih dari 65 tahun seseorang membutuhkan waktu tidur selama 7 sampai 8 jam per hari. Bahkan waktu tidur tersebut dapat menurun pada rentang durasi selama 6 jam per hari.

Nah itulah durasi waktu tidur perlu diketahui ini durasi ideal tidur berdasarkan kelompok usia tertentu. Konsultasi dengan dokter dapat dipertimbangkan kembali untuk mengetahui dengan pasti durasi waktu tidur sesuai dengan kebutuhan kalian.

 

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI