Perusahaan Ini Kasih Bonus Untuk Karyawan Yang Mau Pulang Cepat

Penulis: Sanjaya Ferryanto

Diterbitkan:

Perusahaan Ini Kasih Bonus Untuk Karyawan Yang Mau Pulang Cepat Premium Friday © BBC

Kapanlagi.com - Mungkin bagi orang Indonesia, hal ini terlihat sangat aneh dan tak masuk akal. Ada perusahaan yang justru memberikan bonus kepada karyawannya yang pulang cepat. Adalah Sunny Side Up, firma humas yang berasal dari Tokyo ini memberikan insentif kepada karyawannya yang pulang cepat.

Semuanya bermula dari Premium Friday, yang merupakan program pemerintah Jepang dimana tiap sebulan sekali, pegawai bisa pulang cepat pada hari Jumat. Pegawai dipersilakan untuk pulang pada pukul 15.00, dengan harapan bisa mengurangi tingkat stres terhadap pekerjaan.

Namun ternyata program tersebut belum berjalan dengan baik. Kenyataannya program tersebut malah dianggap bukan mencerminkan budaya Jepang yang suka bekerja keras. Orang Jepang sering merasa sungkan atau malu jika harus pulang duluan.

Premium Friday © BBC

"Dalam budaya kerja Jepang, kami bekerja sangat keras dan lama. Tidak seorang pun pulang lebih dulu. Pokoknya tidak," ungkap Ryuta Hattori, pimpinan departemen komunikasi global Sunny Side Up.

Bahkan untuk mendorong karyawannya pulang kantor lebih cepat pada Premium Friday, perusahaan sampai menambahkan bonus. Karyawan yang pulang pada pukul 15.00 dalam Premium Friday akan mendapatkan amplop yang berisi uang 3200 yen atau 400 ribuan rupiah.

Setelah diberi insentif, barulah beberapa karyawan 'berani' untuk pulang lebih awal. Biasanya para karyawan tak langsung pulang ke rumahnya, melainkan pergi ke Izakaya untuk sekedar melepas lelah. Terkadang juga beberapa karyawan menghabiskan waktu sebelum pulang ke rumah dengan bermain sepak bola.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

(bbc/frs)

Rekomendasi
Trending