PPKM Diperpanjang Jadi Level 4, Berikut Syarat Bepergian Ketika Naik Kereta

Selasa, 27 Juli 2021 17:11 Penulis: Dhia Amira
PPKM Diperpanjang Jadi Level 4, Berikut Syarat Bepergian Ketika Naik Kereta
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Saat ini pandemi covid-19 belum juga usai, bahkan beberapa bulan terakhir kasus covid-19 terus meningkat. Itulah mengapa pemerintah memberlakukan kegiatan PPKM darurat pada awal bulan Juli kemarin hingga 20 Juli 2021. Adanya PPKM tersebut, membuat banyak sekali kegiatan dihentikan, meski begitu ada pula yang tetap dilaksanakan namun dengan protokol kesehatan ketat.

Setelah melaksanakan PPKM darurat selama 2 minggu, tentu ada sedikit perkembangan baik dalam menekan kenaikan angka covid-19. Sehingga saat ini pemerintah memberlakukan PPKM level 4 yang dijalankan secara efektif tanggal 26 Juli 2021. Dengan adanya pemberlakuan PPKM level 4 ini, ada beberapa persyaratan yang harus dipatuhi oleh masyarakat.

PPKM level 4 ini merupakan jenis PPKM yang hampir sama dengan PPKM darurat, namun sedikit lebih dilonggarkan agar kegiatan ekonomi, terutama bagi masyarakat kecil kembali berjalan seperti, pasar rakyat, pedagang kaki lima, dan rumah makan yang tentu juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan benar.

Bahkan untuk bepergian keluar daerah pun sudah diperbolehkan, tetapi dengan syarat yang harus dipatuhi. Salah satunya yaitu mengikuti protokol kesehatan ketat dan memiliki kartu vaksin. Bagi kalian yang ingin menggunakan transportasi kereta, maka ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Berikut beberapa syarat wajib bila kalian ingin bepergian menggunakan fasilitas kereta api.

 

 

1. Syarat untuk Kereta Lokal dan KRL

Transportasi kereta api yang beroperasi saat PPKM level 4 sudah diberlakukan secara efektif pada tanggal 26 Juli 2021. Peraturan kereta api lokal ini diberlakukan di wilayah aglomerasi misalnya Jabodetabek dan Bandung Raya.

Bagi pengguna kereta api lokal juga tidak perlu menunjukkan kartu vaksin ataupun surat keterangan tes RT-PCR atau rapid tes dengan hasil negatif. Tetapi pihak KAI tetap melakukan pemeriksaan rapid test antigen secara acak kepada pelanggan di stasiun.

Namun, untuk pengguna kereta api lokal ini hanya boleh bagi mereka yang bekerja pada sektor esensial dan sektor kritikal. Itu juga harus dibuktikan dengan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) atau surat keterangan lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat atau surat tugas dari pimpinan perusahaan.

 

2. KRL Yogyakarta-Solo

Bagi kalian yang menggunakan fasilitas KAI Commuter jurusan Yogyakarta-Solo, layanan ini akan kembali beroperasi pada tanggal 26 Juli 2021 dan hanya akan beroperasi dalam 20 kali perjalanan saja. Perjalanan untuk KRL Yogyakarta-Solo dimulai pukul 05.05 pagi hingga 18.30 sore.

Kemudian untuk KA Prambanan Ekspres, hanya beroperasi dengan 8 kali perjalanan saja dalam sehari. KA Prambanan Ekspres akan beroperasi pada pukul 05.15 pagi hingga 17.35 sore saja. Dikutip dari merdeka.com lewat akun resmi @commuterline, KRL Yogyakarta-Solo hanya menggunakan 3 rangkaian kereta, maksimal 1 kereta diisi oleh 52 orang.

Hal ini dilakukan merujuk kepada Surat Edaran Kementerian Perhubungan No.50 tahun 2021. Sementara untuk KA Prambanan Ekspres menggunakan 4 rangkaian kereta, dimana 1 kereta/gerbong hanya diperbolehkan diisi 50 persen dari kapasitas maksimal. Sehingga bagi kalian yang ingin menggunakan fasilitas kereta api, harus mengetahui jadwal dan syarat yang berlaku.

Itulah beberapa syarat yang harus kalian ketahui bila ingin melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api saat PPKM level 4 ini. Ada beberapa hal yang wajib kita ikuti selama menggunakan fasilitas transportasi apapun itu, termasuk kereta api. Menaati protokol kesehatan perlu dilakukan agar pertumbuhan penyebaran covid-19 bisa berangsur-angsur menurun.

 

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI