Punya Segudang Manfaat, Ini Sederet Khasiat Jahe Merah Bagi Kesehatan Tubuh - Memperkuat Imun Hingga Cegah Kanker

Senin, 07 Februari 2022 21:40
Punya Segudang Manfaat, Ini Sederet Khasiat Jahe Merah Bagi Kesehatan Tubuh - Memperkuat Imun Hingga Cegah Kanker
Manfaat jahe merah (credit: Merdeka.com)


Kapanlagi Plus - Di tengah situasi pandemi covid-19 yang masih terus terjadi, menjaga kesehatan tubuh jadi satu hal yang penting. Meningkatkan imun tubuh pun bisa dilakukan dengan beragam cara. Mulai dari berolahraga, berjemur hingga mengkonsumsi makanan yang sehat.

KLovers sudah tahu belum sih kalau jahe merah ternyata kaya akan manfaat bagi tubuh? Salah satunya adalah membantu meningkatkan imun tubuh yang penting banget dalam situasi pandemi seperti sekarang.

Nggak seperti jenis jahe pada umumnya, jahe merah memiliki rasa lebih pedas, ukurannya kecil, dan memiliki warna merah karena kandungan antosianin pada kulitnya. Mau tahu khasiat apa saja yang tersimpan dalam jahe merah? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Mengobati Rematik

Dilansir dari Merdeka.com, jahe merah memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Yang pertama, tanaman rimpang yang punya nama latin Zingiber Officinale ini memiliki kandungan yang bisa mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Manfaat jahe merah untuk kesehatan yang selanjutnya adalah dapat mengobati penyakit rematik. Penyakit rematik atau asam urat dapat diatasi dengan menggunakan jahe merah.

2. Membantu Membuang Racun

Mengkonsumsi jahe merah juga berguna untuk membuang racun yang ada di dalam tubuh. Salah satu manfaat jahe merah adalah dapat melancarkan peredaran darah dan secara tidak langsung kolesterol jahat di dalam tubuh akan berkurang.

Cara mendapatkan khasiat jahe merah sangat mudah, rebus rimpang jahe merah bersama dengan temu lawak, kumis kucing, cabe jawa, dan daun komfrey hingga mendidih. Air rebusan ini dapat diminum dua kali sehari.

3. Mengatasi Batuk

Secara tradisional, khasiat jahe merah sudah terbukti sejak jaman dahulu untuk mengatasi batuk dan sakit tenggorokan. Biasanya, jahe ini dikonsumsi dalam bentuk teh. Sifat jahe merah yang hangat akan mampu mengatasi batuk dan radang tenggorokan.

Kalau KLovers sering memiliki masalah dengan sakit kepala, manfaat jahe merah untuk kesehatan yang berikutnya yaitu dapat membantu meredakan sakit kepala.

4. Meningkatkan Imun

Jahe merah banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan tersebut membuat jahe merah cocok digunakan untuk memperkuat imunitas tubuh. Jahe merah juga memiliki kandungan gingerois, shogaols, dan zingerones akan dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk tubuh.

Sebuah data kesehatan dipublikasikan oleh US National Library of Medicine Institutes of Health menyebut bila jahe merah dapat membantu mencegah kanker. Kandungan gingerol pada jahe merah yang dapat mengecilkan pertumbuhan tumor pada penyakit kanker usus.

5. Anti Inflamasi

Jahe merah juga dipercaya memiliki fungsi anti-inflamasi yang dapat melawan pertumbuhan sel kanker pada rahim. Namun kita tetap harus menjaga dosis atau takaran jahe merah yang dikonsumsi ya KLovers. Ingat, apapun yang berlebihan tentu punya efek samping.

Ada solusi nih buat kamu yang ingin mengkonsumsi jahe merah secara praktis. Di Surabaya, ada Dapur Barra yang memproduksi jahe merah bubuk yang bisa langsung diseduh untuk konsumsi sehari-hari.

Masih ada banyak pilihan olahan jahe merah lainnya dari seluruh nusantara yang bisa kamu pesan secara pre-order di ManisdanSedap.com. So, nggak perlu bingung lagi ya KLovers.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(kpl/lou)



MORE STORIES




REKOMENDASI