14 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Pria dan Wanita, Mengatasi Rematik - Tingkatkan Kesuburan

Rabu, 27 Januari 2021 14:01 Penulis: Puput Saputro
14 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Pria dan Wanita, Mengatasi Rematik - Tingkatkan Kesuburan
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Sudah sejak lama, masyarakat Indonesia mengandalkan berbagai jenis tanaman herbal sebagai media pengobatan tradisional. Dari berbagai jenis tanaman herbal, jahe merah jadi salah satu yang cukup dikenal. Jahe merah merupakan jenis tanaman rimpang yang cukup mudah ditemui di Indonesia. Tidak saja populer, manfaat jahe merah untuk kesehatan juga tak bisa dipandang sebelah mata.

Jahe merah memang mempunyai harga yang relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis jahe pada umumnya. Namun, mahalnya harga tersebut ternyata juga sebanding dengan manfaatnya yang tidak terkira. Jahe merah diyakini ampuh mengatasi berbagai masalah kesehatan. Pengolahannya yang relatif mudah juga membuat pengobatan dengan jahe merah kian digemari.

Lantas, apa saja manfaat jahe merah untuk kesehatan? Dirangkum dari berbagai sumber, simak ulasannya berikut ini.

1. Mengurangi Nyeri Otot dan Sendi

Dewasa kini, nyeri otot dan sendi tidak hanya dialami oleh mereka yang sudah renta saja. Melainkan, mereka yang masih tergolong muda juga bisa saja mengalaminya. Untuk mencegah dan mengurangi gejala nyeri otot dan sendi, kalian bisa memanfaatkan jahe merah.

Pasalnya, ternyata jahe merah bukan sekedar minuman penghangat tubuh biasa. Lebih dari itu, ekstrak jahe dapat membantu mengurangi gejala nyeri otot. Jahe merah mengandung gingerol, gingerdione, dan zingeron yang mencegah peradangan penyebab nyeri otot dan sendi.

2. Redakan Nyeri Haid

Rasa nyeri saat haid mungkin jadi hal yang cukup sering dialami oleh banyak orang. Bahkan, terkadang rasa nyeri ini bisa muncul sejak sebelum tiba masa haid. Nyeri haid biasanya dirasakan wanita pada bagian sekitar abdomen atau bagian bawah perut. Nyeri haid memang sangat menyiksa. Tapi, tak perlu khawatir kalian bisa mengatasinya dengan meminum ramuan jahe merah. Pasalnya, jahe merah diyakini dapat menimbulkan efek rileks di bagian perut yang nyeri pada masa haid. 

3. Meringankan Sakit Kepala dan Batuk

Saat merasakan sakit kepala dan gejala batuk, cobalah untuk mengonsumsi jahe merah. Sebab, sudah jadi rahasia umum bahwa jahe merah adalah tanaman herbal yang berkhasiat ampuh melegakan tenggorokan. Tidak sekadar, melegakan tenggorokan dan meredakan batuk. Jahe merah juga bisa memberi efek tenang yang akan membuat sakit kepala juga terasa lebih ringan bahkan menghilang.

4. Cegah Masalah Pencernaan

Mengatasi masalah pencernaan adalah salah satu manfaat jahe merah yang sudah sering dibuktikan. Sejak dahulu, jahe merah menjadi obat herbal andalan masyarakat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Jahe merah dipercaya mempunyai kandungan ekstrak yang dapat melindungi sistem pencernaan infeksi dari bakteri. Sekain itu, dalam jahe merah juga terdapat agen antibakteri seperti Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan Staphylococcus aureus yang dapat menghalau bakteri jahat dalam tubuh.

5. Mengurangi Risiko Radang Usus

Tidak hanya mengatasi masalah pencernaan ringan saja, melainkan masalah pencernaan seriuspun juga bisa diatasi dengan jahe merah. Jahe merah dipercaya dapat mengurangi risiko radang usus. Dalam jahe merah terdapat zat zingeron aktif yang menghambat enzim menyebabkan munculnya peradangan di saluran pencernaan. Hal ini secara tidak langsung akan menjaga kesehatan usus, dan mencegahnya mengalami peradangan.

6. Mengatasi Osteoartritis

Jahe merah mempunyai sifat antiinflamasi yang dapat mencegah peradangan pada tulang atau yang biasa disebut dengan osteoartritis. Meski terbilang umum terjadi, osteoartritis tidak bisa dianggap remeh. Hal ini bisa menyebabkan degenerasi sendi pada tubuh, dengan gejala seperti nyeri sendi.

7. Mengatasi Rematik

Rasa nyeri yang dirasakan oleh penderita penyakit rematik disebabkan oleh peradangan yang terjadi di persendian. Saat kambuh, biasanya penderita akan merasa tulangnya mengalami kaku dan pembengkakan. Tak banyak yang tahu, jahe merah bisa jadi salah satu obat alternatif dari rematik. Hal ini dikarenakan, jahe merah mempunyai kandungan senyawa flavonoid yang dipercaya ampuh mengatasi peradangan tulang dan sendi akibat rematik.

8. Obat Asma

Jahe merah ternyata tidak saja berguna untuk kesehatan tulang dan pencernaan. Sebab, manfaat jahe merah lainnya adalah bisa digunakan sebagai obat asma. Khasiat jahe merah yang satu ini dikarenakan adanya kandungan minyak atsiri yang bisa memberi efek rileks dan melegakan pernapasan.

9. Mengatasi Mual

Mengatasi mual adalah manfaat jahe merah yang sudah tidak perlu diragukan lagi. Sejak lama, jahe merah dikonsumsi sebagai herbal yang menghangatkan dan melegakan tenggorokan. Dampak dari tenggorokan yang melega, ternyata juga membuat mual menghilang. Bahkan, jahe merah juga dipercaya bisa menghilangkan mual saat masa kehamilan. 

10. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh menjadi hal yang penting untuk terus dijaga. Sebab, daya tahan tubuh yang stabil akan membuat kita tidak mudah terjangkit penyakit. Untungnya, salah satu manfaat jahe merah adalah bisa berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Hal ini lantaran, dalam jahe merah terkandung vitamin C dan magnesium yang cukup tinggi. Selain itu, jahe merah juga mengandung senyawa khusus bernama gingerois, shogaols, dan zingerones yang bisa bermanfaat sebagai antioksidan.

11. Menurunkan Gula Darah

Kondisi gula darah jadi salah satu yang sangat menentukan kesehatan seseorang. Gula darah tinggi dapat menyebabkan diabetes, yang kemudian bisa disertai dengan gejala komplikasi penyakit lainnya. Itulah mengapa penting untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Salah satu caranya bisa dengan mengonsumsi jahe merah secara rutin. Dilansir dari merdeka.com, sebuah studi menyebut konsumsi 2 gram bubuk jahe per hari menurunkan gula darah sebesar 12 persen.

12. Mencegah Kanker

Manfaat jahe untuk kesehatan memang tidak bisa dianggap sepele. Tidak saja bisa mengatasi gangguan kesehatan ringan, jahe merah juga bisa mencegah berbagai penyakit serius, seperti kanker. Kemampuan ini didukung adanya kandungan gingerol pada jahe merah yang dapat menghambat pertumbuhan tumor, khususnya pada kanker usus. Di samping itu, sifat antiinflamasi pada jahe merah juga dipercaya ampuh melawan pertumbuhan sel kanker pada rahim.

13. Menurunkan Asam Urat

Asam urat jadi masalah kesehatan yang cukup umum diderita oleh banyak orang. Namun ternyata, jahe merah bisa jadi salah satu alternatif dari pengobatan asam urat. Jahe merah dapat membantu mengurangi peradangan di sendi. Tak sampai di situ, jahe merah juga diyakini bakal membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah. Sehingga, asam urat akan berangsur-angsur sembuh dan pulih.

14. Meningkatkan Kesuburan pada Pria

Siapa sangka masalah kesuburan pada pria ternyata juga bisa diatasi hanya dengan mengonsumsi jahe merah? Jahe merah menyimpan kandungan minyak atsiri yang bisa menimbulkan efek afrodisiak. Afrodisiak merupakan zat kimia yang berguna merangsang daya seksual dengan cara melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Secara tak langsung, efek ini akan membantu mengatasi gangguan pada sistem reproduksi pria.

Itulah di antaranya 14 manfaat jahe merah untuk kesehatan. Bagaimana, tertarik mencobanya?

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI