10 Manfaat Jahe Merah, Tingkatkan Kesuburan Pria - Obat Asma Terbaik

Penulis: Dhia Amira

Diperbarui: Diterbitkan:

10 Manfaat Jahe Merah, Tingkatkan Kesuburan Pria - Obat Asma Terbaik
Manfaat jahe merah (credit: Pixabay)

Kapanlagi.com - Jahe memang menjadi salah satu rempah yang sangat populer di Indonesia. Tidak heran bila rempah satu ini dibuat menjadi minuman favorit yang disukai oleh banyak orang. Selain jahe putih, ternyata manfaat jahe merah juga sangat banyak loh bagi kesehatan tubuh.

Tidak heran bila saat ini jahe merah menjadi minuman yang cukup populer. Bahkan sudah banyak penjual minuman yang menambahkan jahe merah untuk minuman mereka. Tentu saja kandungan dan manfaat jahe merah sedikit berbeda dengan jahe putih.

Walaupun minuman ini memiliki manfaat yang sedikit sama, yaitu sama-sama dapat menghangatkan tubuh. Kira-kira apa saja ya manfaat jahe merah untuk kesehatan tubuh bila dikonsumsi setiap hari? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

 

1. Mencegah Masalah Pencernaan

Manfaat jahe merah yang pertama yaitu dapat mencegah masalah pencernaan. Jahe merah memang dipercaya dapat menyembuhkan banyak sekali penyakit di dalam tubuh, salah satunya yaitu dengan menjaga kesehatan lambung dan pencernaan.

Kandungan dalam jahe merah dapat menyembuhkan infeksi dan juga luka yang ada pada lambung. Selain itu jahe merah juga dipercaya mampu menjaga jumlah asam dalam lambung agar tetap stabil. Dengan stabilnya kandungan asam dalam lambung, rasa mual serta keinginan untuk muntah dapat dikurangi.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Redakan Nyeri Saat Menstruasi

Nyeri saat menstruasi atau datang bulan memang sangat mengganggu bagi wanita. Bahkan mereka yang mengalami nyeri berlebihan tidak dapat beraktivitas dengan semestinya. Namun tak perlu khawatir, nyatanya jahe merah juga sangat mampu dalam mengatasi nyeri pada menstruasi loh.

Hal tersebut karena di dalam jahe merah terdapat kandungan yang dapat menghambat produksi prostaglandin. Senyawa ini merupakan senyawa kimia di dalam sistem reproduksi yang dapat memicu kontraksi. Akibat kontraksi inilah, nyeri atau kram saat datang bulan terjadi.

Bila kalian ingin meredakan nyeri yang berlebih saat datang bulan, maka kalian bisa mengonsumsi jahe merah ini. kalian bisa menggunakan jahe merah sebagai minuman hangat yang dapat melegakan perut dan rasa nyeri akibat menstruasi.

3. Mengurangi Nyeri Otot dan Sendi

Manfaat jahe merah yang selanjutnya yaitu dapat mengurangi nyeri otot dan juga sendi pada tubuh loh KLovers. Nyeri otot atau sendi biasanya terjadi karena cuaca dingin yang tiba-tiba saja terjadi. Bila sudah seperti ini maka seseorang akan sulit untuk melakukan aktivitas dengan semestinya.

Namun tenang KLovers, nyatanya nyeri sendi dan juga nyeri otot dapat teratasi dengan mengonsumsi jahe merah loh. Penelitian yang diterbitkan oleh American College of Rheumatology membuktikan bahwa ekstrak jahe merah dapat membantu mengurangi gejala osteoarthritis, seperti nyeri otot. Selain itu penelitian lainnya bahkan menyebut bahwa jahe lebih efektif mengurangi peradangan di dalam tubuh ketimbang obat anti infalamsi non streoid (NSAID).

Hal itu karena kandungan anti peradangan dalam jahe merah dapat membantu melawan peradangan akut maupun kronis. Beberapa komponen aktif dalam jahe juga dapat menurunkan leukotrien dan portaglandin yang memicu peradangan di antaranya gingerol, gingerdione, dan zingeron. Bahkan jahe merah juga mengandung oleoresin yang lebih tinggi dari jahe lainnya, di mana oleoresin juga dapat bekerja sebagai anti peradangan.

4. Meringankan Sakit Kepala

Tidak perlu mengonsumsi obat saat sakit kepala, kalian bisa loh mengonsumsi jahe merah untuk meredakan sakit kepala di tubuh kalian. Sakit kepala memang menjadi hal yang sepele, namun bila tidak segera di tangani dapat menjadi masalah dan mengganggu aktivitas kalian.

Kalian bisa loh mengonsumsi air jahe merah hangat untuk mengatasi sakit kepala tersebut. Karena jahe merah memiliki kandungan kamfena, cita rasa pedas, serta efek menghangatkan pada tubuh, sehingga jahe merah sangat efektif untuk dijadikan penawar saat sakit kepala menyerang.

5. Mengatasi Rematik

Siapa bilang jahe merah hanya dapat mengatasi nyeri sendi saja? Nyatanya jahe merah juga mampu mengatasi rematik di dalam tubuh kalian loh KLovers. Itu karena kandungan flavonoid yang ada dalam jahe merah juga mampu mengatasi penyakit rematik.

Rasa nyeri yang dirasakan oleh penderita penyakit rematik disebabkan oleh peradangan yang terjadi di persendian. Bahkan, jika dibiarkan terlalu lama, penderita penyakit ini akan merasakan kaku pada sendi karena terjadi pembengkakan. Sebagai salah satu upayanya, penderita rematik dapat rutin mengonsumsi jahe merah karena mampu meredakan peradangan pada bagian tubuh atau sendi yang terkena rematik.

6. Menurunkan Asam Urat

Selain rematik nyatanya manfaat jahe merah lainnya yaitu dapat menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh loh KLovers. Mengutip dalam laman website resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes), diketahui bahwa jahe merah masuk dalam 10 daftar tanaman herbal yang efektif untuk mengobati asam urat.

Jahe merah membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah. Alhasil, tingkat asam urat yang semula tinggi bisa berangsur-angsur menurun ke dalam tahap yang normal.

Bahkan dalam penelitian lain yang diterbitkan oleh International Journal of Scientific dan Technology pada tahun 2017, diketahui bahwa kompres jahe merah yang dilakukan sehari sekali secara rutin dapat membantu mengurangi skala nyeri asam urat yang dialami pasien lansia. Jadi bila kalian merupakan penderita asam urat, kalian bisa menggunakan jahe merah sebagai obat alami.

7. Meningkatkan Kesuburan Pria

Nyatanya jahe merah juga dapat menjadi bahan alami untuk meningkatkan kesuburan pria loh. Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang pria mengalami gangguan reproduksi, namun hal tersebut dapat teratasi dengan mengonsumsi jahe merah loh.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta menemukan bahwa minyak atsiri jahe merah memiliki efek afrodisiak. Afrodisiak sendiri merupakan zat kimia yang digunakan merangsang daya seksual dengan cara meningkatkan serta melancarkan sirkulasi aliran darah dalam tubuh.

Apabila sirkulasi darah meningkat, maka kemungkinan aliran darah di daerah lemin juga meningkat. Alhasil, pria pun memungkinkan untuk mengalami ereksi. Selain itu penelitian lain juga menemukan bahwa rempah satu ini juga mengandung antioksidan dan memiliki aktivitas androgenik. Sehingga membuat jahe merah diyakini dapat meningkatkan jumlah hormon testosteron dan bisa meningkatkan kesuburan pria.

8. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Bukan hal yang asing lagi bila jahe mampu memberikan sistem imun pada tubuh. Dan hal tersebut juga sama dengan kandungan pada jahe merah yang mampu meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Dengan mengonsumsi jahe merah secara rutin, maka kalian akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat, karena rempah tersebut dapat melawan virus serta bakteri yang hendak menyerang sistem imunnya.

Sistem imun memang menjadi hal yang penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Bila sistem imun melemah, maka akan membuat tubuh lebih cepat terserang penyakit. Untuk mendapatkan kesehatan dalam tubuh, kalian bisa mengonsumsi air jahe merah secara rutin di pagi atau malam hari.

9. Obat Asma Terbaik

Ternyata manfaat jahe merah yang lainnya yaitu dapat menjadi obat asma terbaik loh KLovers. Hal tersebut karena kandungan minyak atsiri yang tinggi pada jahe merah, membuat rempah yang satu ini dapat menjadi sahabat terbaik bagi penderita penyakit asma.

Minyak atsiri pada jahe merah merupakan sebuah kandungan yang mampu melegakan saluran pernapasan. Kandungan tersebutlah yang dapat menyembuhkan gangguan pernapasan, seperti sesak napas atau asma.

Cara menggunakannya cukup mudah, kalian bisa merebus jahe merah di dalam sebuah air. Bila air sudah mendidih, segera angkat dan hirup uang dari air jahe merah tersebut untuk mendapatkan manfaatnya.

10. Mengurangi Risiko Radang Usus

Dan manfaat jahe merah yang terakhir yaitu dapat mengurangi risiko radang usus. Radang pada usus sangat berbahaya bila tidak diobati, maka dari itu sebelum mengalami hal tersebut kalian bisa kok menggunakan manfaat jahe merah untuk mengurangi risiko radang usus.

Hal ini karena di dalam jahe merah terdapat kandungan berupa zat zingeron aktif yang menghambat enzim menyebabkan munculnya peradangan di saluran pencernaan. Sehingga kalian akan terjauh dari risiko radang usus.

Itulah 10 manfaat jahe merah bagi kesehatan bila dikonsumsi setiap hari. Bukan hanya dapat membuat tubuh menjadi lebih segar, nyatanya jahe merah juga mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tidak terserang penyakit berbahaya.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending