7 Rekomendasi Buku Non Fiksi Bikin Makin Open Minded dan Mengubah Kebiasaan Buruk, Wajib Dibaca!

Diterbitkan:

7 Rekomendasi Buku Non Fiksi Bikin Makin Open Minded dan Mengubah Kebiasaan Buruk, Wajib Dibaca!
Rekomendasi Buku Non Fiksi (credit: pexels.com)

Kapanlagi.com - Buku non fiksi merupakan karya berdasarkan fakta dan kenyataan yang di dalamnya mengandung banyak informasi. Ada banyak sekali bentuk buku non fiksi mulai dari biografi, jurnal, ilmiah, peristiwa, dan lain yang sama-sama sangat berbobot buat menambah wawasan.

Sementara itu, ada rekomendasi buku non fiksi mengandung pembahasan yang begitu menarik tentang hidup, cara berpikir, bahkan rahasia kesuksesan. Di antara jajaran rekomendasi buku non fiksi tersebut sebagian besar merupakan buku best seller yang cukup terkenal.

Oleh karena itu, cek dulu apa saja rekomendasi buku non fiksi yang wajib kalian baca. Buku non fiksi di bawah ini dijamin bisa mengasah berpikir kalian dan mengubah kebiasaan buruk. Yuk ketahui rekomendasi buku non fiksi di bawah ini.

 

1. Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat

Rekomendasi buku non fiksi yang bisa mengubah kebiasaan hidup salah satunya adalah Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat. Buku ini merupakan karya Mark Manson yang masuk dalam jajaran buku terlaris. Sementara itu versi bahasa Indonesia buku ini pertama kali diterjemahkan tahun 2018. Buku berjudul Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat mengandung banyak pembahasan yang membantumu buat mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi.

Di mana, buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat membahas mengenai hal-hal yang membuat kalian lebih bahagia. Dan terkadang menempatkan batasan pada situasi tertentu begitu diperlukan. Salah satunya, pentingnya mengatakan tidak pada sesuatu yang bukan urgent. Rasa nggak enakan seringkali jadi problem menempatkan diri seseorang dalam sesuatu yang toxic. Selain itu, buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat juga membahas mengenai langkah memulai hidup bahagia dan fokus pada hal-hal penting saja.

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Sapiens

Sapiens juga termasuk rekomendasi buku non fiksi yang bisa menambah wawasan kalian. Buku ini merupakan karya Yuval Noah Harari yang cukup populer dan masuk dalam best seller. Sesuai dengan judulnya, Sapiens mengandung isi tentang sejarah umat manusia. Dalam buku Sapiens sang penulis menuliskan bagaimana manusia dari awal peradaban hingga sekarang dalam tiga revolusi yakni Kognitif, pertanian dan ilmiah.

Revolusi dari peradaban manusia tersebut mengandung isi tentang manusia yang bisa bertahan dari waktu ke waktu. Pada awal peradaban, manusia dibagi dalam enam spesies. Akan tetapi dari masa ke masa hanya ada satu spesies yang disebut dengan Homo Sapiens. Lalu seperti apakah homo sapiens itu? Inilah yang akan dibahas oleh sang penulis mengenai sejarah manusia beserta peradabannya. Tidak heran mengapa, buku Sapiens masuk dalam kategori buku non fiksi yang membahas tentang sejarah serta filsafat sosial. Tertarik buat baca?

 

3. Madilog Tan Malaka: Materialisme, Dialektika, dan Logika

Rekomendasi buku non fiksi terbaik berikutnya adalah Madilog Tan Malaka: Materialisme, Dialektika, dan Logika. Buku ini merupakan buku yang berisikan pemikiran dan cara pandang Tan Malaka tentang logika mistika yang masih melekat pada masyarakat.

Menggunakan pendekatan filsafat dari filsuf ternama, Tan Malaka menjelaskan bagaimana logika mistika yang terus dipelihara dapat menghambat sebuah kemajuan. Hal inilah yang kemudian dipaparkan oleh Tan Malaka lewat pendapatnya dalam buku Madilog Tan Malaka membahas tentang materialisme, dialektika dan logika. Sementara itu, ilmu pengetahuan dalam hal ini juga dijabarkan punya peran yang sangat penting. Tertarik buat baca?

 

4. Atomatic Habits

Atomatic Habits juga termasuk rekomendasi buku non fiksi yang wajib kalian baca. Buku bakalan mengubah kebiasaan hidup jadi lebih baik. Sesuai dengan judulnya, Atomatic Habits membahas mengenai kunci sukses sejumlah tokoh ternama yang mana ternyata dimulai dari hal-hal tidak terduga.

James Clear sang penulis, menyoroti bagaimana kebiasaan kecil bisa berdampak besar dalam hidup. Bahkan kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat membantu seseorang mencapai kesuksesannya. Ia juga membahas tentang sebuah trik untuk bisa mengubah kebiasaan kecil jadi lebih bermanfaat dalam hidup yang diberi istilah trik Aturan Dua Menit.

Maksudnya, James Clear menawarkan pembacanya untuk mengubah kebiasaan buruk jadi lebih baik yang terkadang sulit dilakukan dengan memulai mengerjakan dari waktu dua menit dulu. Situasi ini bakalan membantumu untuk menerapkan kebiasaan yang baik dan bermanfaat. Sang penulis juga menghadirkan kisah-kisah inspiratif dari para tokoh sukses ternama.

 

5. How To Respect Myself

How To Respect Myself juga masuk dalam rekomendasi buku non fiksi yang bakalan mengubah kebiasaan kalian jadi lebih baik lagi. Buku How To Respect Myself masuk dalam buku self improvement bisa meningkatkan kesadaran kalian cara untuk lebih menghargai diri sendiri dan menumbuhkan rasa percaya diri.

Ada beberapa bab yang dibahas dalam buku How To Respect Myself dapat membantumu keluar dari emosi negatif yang sering menyelimuti diri sendiri. Buku ini juga bisa membuat kalian makin mengenal diri sendiri, self love, dan mengubah cara pandang tentang hidup bahwa diri sendiri itu sangatlah berharga. Ditulis berdasarkan pengalamannya, Yoon Hong Gyun seorang dokter spesialis kejiwaan ini membahasnya dalam 7 bab dalam buku How To Respect Myself.

 

6. Filosofi Teras

Filosofi Teras merupakan rekomendasi buku non fiksi yang nggak kalah populer. Karya Henry Manampiring, Filosofi Teras membahas mengenai filsafat yang disebut dengan stoisisme. Filsafat ini jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia memiliki istilah filsafat teras. Nah, karenanya sang penulis membahas mengenai filsafat teras yang bakalan menguatkan diri kalian menjalani hidup secara lebih baik.

Filsafat Yunani-Rowami Kuno ini menawarkan konsep yang dijelaskan dalam buku Filosofi Teras bisa membuat mental jadi lebih tangguh lagi. Artinya, dapat meredam emosi negatif yang menyelimuti diri sendiri sehingga mencapai kehidupan yang lebih nyaman, tenang, dan bahagia. Tidak heran mengapa Filosofi Teras sangat wajib kalian baca bahkan masuk dalam jajaran buku best seller.

 

7. Mindset: Mengubah Pola Berpikir untuk Perubahan Besar dalam Hidup Anda

Mindset: Mengubah Pola Berpikir untuk Perubahan Besar dalam Hidup Anda juga termasuk rekomendasi buku non fiksi yang nggak boleh terlewat. Buku karya Carol S. Dweck ini bakalan memberimu sudut pandang baru tentang hidup. Pasalnya, Mindset: Mengubah Pola Berpikir untuk Perubahan Besar dalam Hidup Anda membahas mengenai rahasia kesuksesan dari sebuah pola berpikir.

Tidak hanya berpengaruh meraih kesuksesan, karena mindset ternyata juga bermanfaat membuat seseorang menjalani hidup lebih bahagia. Sang penulis juga menjabarkan tentang pola berpikir tetap dan pola berpikir tumbuh dari sejumlah tokoh sukses. Wajib banget kalian baca.

Itulah rekomendasi buku non fiksi yang bikin makin open minded. Tertarik yang mana KLovers?

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending