Salah Asuhan Sejak Muda, Kucing Siam Rentan Cemburu Buta

Minggu, 28 Februari 2021 07:30 Penulis: Wuri Anggarini
Salah Asuhan Sejak Muda, Kucing Siam Rentan Cemburu Buta
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Bukan hanya pasangan saja yang bisa mengalami cemburu buta, siapa sangka anabul berjenis Siam pun mudah cemburu pada hewan peliharaan atau orang lain. Dikenal penyayang dan setia pada pemiliknya, kucing cantik ini bisa berubah cemburu pada hewan peliharaan atau orang lain yang dianggapnya sebagai saingan. Kira-kira apa saja yang bisa jadi penyebab kecemburuannya? Kepoin di sini yuk, KLovers!

Merasa Tidak Aman

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Beberapa kucing secara alami lebih mudah curiga sehingga sulit mempercayai pemiliknya. Rasa tidak aman ini biasanya akan terlihat pada kucing Siam yang diperlakukan dengan kasar oleh pemilik sebelumnya. Bukan hanya kesulitan menerima perhatian yang tulus, ras ini juga akan lebih mudah cemburu pada hewan peliharaan lain, orang, atau bahkan benda mati.

Sayangnya, tak sedikit yang malah menghukum kucing dan membuatnya kehilangan kepercayaan pada pemiliknya. Jauh lebih bermanfaat jika meluangkan waktu bersama dengan ras Siam dan memberinya kasih sayang, baik dalam bentuk belaian atau pujian dengan suara yang tenang.

Kurang Sosialisasi

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Bukan hanya manusia, kucing Siam yang belum pernah diajarkan bagaimana cara bersosialisasi dengan baik juga lebih mudah mengalami cemburu. Saat berhadapan dengan hewan peliharaan atau orang lain, kucing akan menganggapnya saingan untuk mendapatkan perhatian penuh dari pemiliknya.

Selain memberinya perhatian padanya, latih caramu untuk mengatakan ‘tidak' dengan nada tegas jika perilaku cemburu terus berlanjut. Ulangi proses ini untuk mendorong perubahan perilaku kucing yang awalnya cemburu jadi lebih tenang, tanpa menegaskan dominasinya pada hewan peliharaan, orang, atau barang-barang di sekitarnya.

Kurang Waktu Bersama

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Kucing Siam dikenal sebagai ras yang sangat membutuhkan interaksi dengan pemiliknya setiap hari. Tidak heran jika anabulmu akan mulai cemburu dan bertingkah jika merasa ditinggalkan atau diabaikan dengan kedatangan orang asing, hewan peliharaan lain, atau bahkan benda mati. Akibatnya, hewan peliharaan berbulu cantik ini akan menjadi teritorial dan menunjukkan sikap agresif pada siapa atau apa saja yang ada di sekitarmu.

Jika tinggal di rumah dengan beberapa kucing, coba kurangi kecemburuan Siam dengan menghabiskan waktu yang sama dengan semua hewan peliharaan. Mulai dari menyisihkan waktu untuk bermain, menyediakan cukup mainan untuk semua kucing, atau menyiapkan tempat terpisah saat makan.

Meskipun memisahkan area makan, soal cat food tetap satu brand, Muezza. Selain praktis dalam menyajikan dan menyimpannya, merk makanan kucing kering ini jadi menyediakan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang. Hanya menggunakan bahan alami dan aman yang diolah dengan teknologi modern, Muezza bebas dari bahan tambahan sintetik yang dapat mengganggu kesehatan kucing.

(c) KapanLagi(c) KapanLagi

Bukan hanya sehat, cat food berkualitas ini juga sudah mengantongi sertifikasi halal dari The Central Islamic Committee of Thailand. Pemilik kucing kini tak perlu ragu-ragu menunjukkan cinta saat memberikan makanan secara langsung, mencuci wadah makannya, atau terkena liur kucing. Punya 4 varian lezat, berikan cat food terbaik dari Muezza yang bisa dibeli di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee Beli Muezza di Tokopedia 

(*/eth/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI