Salah Satu Organ Penting, Begini 6 Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih Agar Tetap Sehat

Minggu, 16 Agustus 2020 12:33 Penulis: Dita Tamara
Salah Satu Organ Penting, Begini 6 Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih Agar Tetap Sehat
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Meski beberapa orang menganggap sepele, namun cara menjaga kesehatan kandung kemih agar tetap sehat merupakan hal penting yang harus dilakukan. Pada dasarnya, kandung kemih sendiri mempunyai fungsi untuk menampung urine sebelum dikeluarkan. Namun, apabila kalian tidak menjaganya dengan baik, maka akan lebih mudah terkena infeksi saluran kencing. Hal tersebut lantaran bakteri dapat berhasil masuk ke uretra sehingga menginfeksi saluran kencing.

Kandung kemih sendiri terletak pada panggul, di belakang atas tulang pubis. Kapasitas kandung kemih yang normal, untuk menyimpan urine, yakni 400-600 ml. Pada saat kosong, kandung kemih memiliki ukuran dan bentuk seperti buah pir. Dengan demikian, ketika kandung kemih penuh, saraf sensori akan mengirimkan impus ke otak dan memerintahkan organ tersebut untuk mengosongkan.

Nah, kandung kemih sendiri dapat terganggu kesehatannya karena beragam penyakit seperti infeksi kandung kemih, kandung kemih yang terlalu aktif, hingga kanker kandung kemih. Oleh sebabnya, cara menjaga kandung kemih perlu kalian terapkan agar terjaga kesehatannya. Daripada penasaran, yuk langsung saja simak ulasan lengkap berikut ini.

1. Buang Air Kecil Setelah Berhubungan Seks

Setelah melakukan hubungan seks, hal penting yang harus dilakukan yaitu segeralah untuk membuang air kecil. Sebab, setelah melakukan hubungan seks, akan ada banyak bakteri yang berada di area kelamin. Nah, bakteri yang menumpuk pada saluran kencing bisa berkembang biak dan menyebabkan infeksi.

Infeksi ini biasanya ditandai dengan nyeri dan panas saat buang air kecil. Maka dari itu, setelah melakukan hubungan seks, kalian harus rutin kencing dan membilasnya dengan bersih.

2. Jangan Menahan Buang Air Kecil

Selain membiasakan diri buang air kecil setelah berhubungan seks, kalian juga jangan menahan diri ketika ingin buang air kecil. Sebab, tujuan dari buang air kecil yaitu untuk mengeluarkan bakteri untuk menjaga kesehatan kandung kemih. Namun, jika kalian sering menahan buang air kecil, maka bakteri yang harusnya dikeluarkan dapat kembali naik ke kandung kemih dan menyebabkan infeksi pada kandung kemih.

Selain itu, apabila kalian sedang buang air kecil, pastikan pula kalian kencing hingga tuntas. Air kencing yang tersisa pada kandung kemih juga bisa menjadi penyebab infeksi saluran kemih.

3. Konsumsi Air Putih

Tubuh manusia memang sangat memerlukan cairan. Sebab, apabila kurang minum air putih tubuh akan mengalami dehidrasi. Selain itu, warna urine juga akan berubah menjadi pekat. Kedua kondisi ini lambat laun akan mengiritasi kandung kemih dan memicu inkontinensia urine. Maka dari itu, mulai sekarang kalian harus rajin mengonsumsi air putih agar mampu menyingkirkan racun. Kalian bisa mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per harinya.

4. Hindari Duduk Lama

Rutinitas duduk yang terlalu lama seperti bekerja di depan komputer, menyetir, atau menghabiskan waktu luang hanya dengan duduk terlalu lama akan mengancam kesehatan tubuh kalian. Bahkan, sangat sedikit sekali aktivitas bergerak yang dilakukan setiap harinya.

Padahal, hal tersebut dapat mengganggu kesehatan kandung kemih seperti sering buang air kecil di malam hari, pengosongan kandung kemih yang tidak sempurna, atau aliran urine yang lemah. Untuk itu, kalian bisa mengantisipasinya dengan meluangkan waktu 5 menit tiap jamnya untuk berdiri dan bergerak.

5. Hindari Makanan Asam

Pada dasarnya, penyakit kandung kemih akan lebih dialami oleh wanita dibandingkan pria. Nah, jika kalian sudah mengalami gangguan kandung kemih secara kronis biasanya kalian akan merasakan gejala seperti sakit di bagian kandung kemih, merasa ingin buang air kecil terus-terusan, dan kadang sampai mengompol.

Untuk menghindari masalah tersebut, ada baiknya kalian menghindari makanan asam seperti tomat, jeruk, dan lainnya. Membatasi mengonsumsi makanan asam juga menurunkan frekuensi buang air kecil berlebihan dan menurunkan risiko penyakit kandung kemih.

6. Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan yang ideal sangat perlu dilakukan untuk kesehatan kandung kemih. Sebab, semakin bertambahnya berat badan kalian, timbunan lemak semakin memberi tekanan pada kandung kemih. Akibatnya, kalian akan sering untuk buang air kecil dan susah mengendalikannya. Maka dari itu, rajinlah untuk berolahraga serta di imbangi dengan makanan bergizi dengan mengonsumsi buah dan sayur.

Itulah sederet cara menjaga kesehatan kandung kemih agar tetap sehat. Oleh sebabnya, mulai sekarang lakukan dan tinggalkan apa yang menjadi dampak buruk bagi kesehatan kandung kemih. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI