Sangat Penting Buat Tubuh, Ini Sederet Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan

Rabu, 08 Juli 2020 20:33 Penulis: Puput Saputro
Sangat Penting Buat Tubuh, Ini Sederet Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Memiliki tubuh yang sehat dan bugar tentu jadi dambaan setiap orang. Oleh karena itu, berbagai cara dilakukan agar kesehatan tubuh terjaga, mulai dari olahraga sampai mengatur menu makanan. Sejak kecil, kita dibiasakan untuk mengonsumsi buah dan sayur. Kedua jenis makanan ini dipercaya banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh, salah satunya vitamin C. Sebab, ada banyak manfaat vitamin C untuk kesehatan.

Kekurangan vitamin C juga bisa berdampak buruk pada kesehatan. Itulah sebabnya, vitamin C disebut-sebut jadi salah satu asupan nutrisi yang sangat diperlukan tubuh. Selain mengonsumsi buah dan sayur, saat ini sudah banyak vitamin C yang diproduksi dan dijual dalam bentuk kemasan suplemen. Sehingga, semakin ada banyak cara untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin C.

Mengonsumsi vitamin C akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Lebih jelasnya, berikut beberapa ulasan terkait manfaat vitamin C untuk kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Vitamin C yang kita konsumsi di dalam tubuh akan berfungsi sebagai antioksidan. Dengan begitu, vitamin C turut andil dalam menjaga daya tahan tubuh. Sebab, seperti yang kita tahu antioksidan akan berperan dalam menangkal radikal bebas yang bisa jadi penyebab penyakit.

Bukan hanya itu saja, terkait menjaga daya tahan tubuh vitamin C juga berperan dalam produksi protein yang akan melindungi sel tubuh dari serangan virus. Jadi tak heran, jika belakangan di tengah pandemi virus corona covid-19 kita sangat dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain menjadi antioksidan, ternyata vitamin C juga bisa membantu tubuh dalam meningkatkan produksi kolagen. Padahal, kolagen merupakan senyawa yang baik untuk pembuluh darah dan otot jantung. Dengan begitu, konsumsi vitamin C jangka panjang akan menjaga kesehatan jantung kalian. 

3. Baik untuk Kulit

Kemampuan vitamin C dalam membantu produksi kolagen tidak hanya berdampak pada kesehatan jantung. Sebab, selain bagus untuk jantung ternyata kolagen juga sangat untuk kulit. Bagi kulit, kolagen berperan dalam mencegah penuaan dini dan membuat kulit lebih lembap dan elastis.

Selain itu, vitamin C juga dipercaya bisa mencerahkan kulit secara alami. Begitu banyak manfaat vitamin C untuk kulit, sehingga tak mengherankan kalau nutrisi satu ini sering terdapat dalam berbagai produk kecantikan.

4. Mencegah Kanker

Kanker jadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Kanker yang terdapat banyak jenisnya ternyata bisa dicegah hanya dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin. Sebab, kanker bisa disebabkan oleh radikal bebas. Sementara, seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa vitamin C bisa jadi antioksidan penangkal radikal bebas, termasuk sel kanker.

Bahkan, vitamin C tidak hanya berfungsi untuk mencegah kanker. Konsumsi vitamin C bagi penderita kanker diyakini bisa mengurangi efek samping dari metode pengobatan kemoterapi.

5. Menstabilkan Tekanan Darah Tinggi

Jika kalian mempunyai tekanan darah yang tinggi, kalian bisa mencoba meminum vitamin C untuk kembali membuatnya stabil. Ya, vitamin C dipercaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Kemampuan vitamin C dalam menurunkan tekanan darah ini sudah teruji melalui penelitian.

Dilansir dari healthline.com, sebuah penelitian menyebut pada manusia konsumsi suplemen vitamin C terbukti bisa mengurangi tekanan darah sistolik.

6. Mencegah Diabetes

Manfaat vitamin C berikutnya adalah bisa mencegah diabetes. Penyakit diabetes disebabkan karena tingginya kadar gula dalam tubuh. Beruntungnya, vitamin C bisa jadi salah satu cara menurunkan kadar gula darah atau glukosa dalam tubuh. Di samping baik untuk dikonsumsi secara rutin sebagai langkah pengobatan, bagi penderita diabetes vitamin C juga akan mengurangi risiko kerusakan organ.

7. Meningkatkan Daya Ingat

Daya ingat manusia secara alami akan berkurang dengan seiring bertambahnya usia. Namun, hilangnya ketajaman daya ingat tersebut bisa diminimalisir dengan mengonsumsi vitamin C. Asupan vitamin C yang cukup, dipercaya akan mendukung kerja otak dalam hal proses berpikir dan menyimpan memori.

Bahkan, konsumsi secara rutin dipercaya bakal melindungi ketajaman daya ingat dan daya pikir seiring bertambahnya usia. Sehingga, akan menjauhkan dari risiko kepikunan.

Itulah di antaranya beberapa manfaat vitamin C untuk tubuh. Meski punya banyak manfaat, tetap perhatikan jumlah vitamin C yang kalian konsumsi. Jangan mengonsumsi dalam jumlah berlebihan sebab dikhawatirkan justru akan berdampak buruk untuk kesehatan.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI