Ketahui 8 Makanan Penyebab Jerawat Pada Kulit, Salah Satunya yang Tinggi Gula

Rabu, 08 Juli 2020 15:11 Penulis: Nurul Wahida
Ketahui 8 Makanan Penyebab Jerawat Pada Kulit, Salah Satunya yang Tinggi Gula
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Tidak dapat dipungkiri jerawat menjadi masalah kesehatan yang sering dialami oleh tiap orang. miliki jerawat pada kulit wajah hingga tubuh memang dirasa dapat mengganggu penampilan diri. Beberapa penyebab jerawat pada kulit rupanya dapat juga disebabkan oleh sejumlah makanan. Sehingga perlu mengetahui beberapa makanan yang menjadi pantangan saat kulit sedang berjerawat.

Jerawat merupakan gangguan kesehatan yang terjadi pada kulit tubuh. banyak orang menganggap jerawat sangat menganggu penampilan apabila muncul pada area wajah. nggak heran apabila sejumlah perawatan kecantikan menawarkan berbagai treatment mencegah jerawat dan mengatasi jerawat pada wajah.

Namun rupanya jerawat bukan saja disebabkan oleh kondisi kulit yang kotor ataupun karena penggunaan produk kecantikan. Melainkan penyebab jerawat juga dapat berasal dari asupan makanan pada tubuh.

Untuk itu mengetahui sejumlah makanan pantangan penyebab jerawat pada kulit tentunya sangat penting dilakukan. Terlebih untuk kulit yang sensitif sering terserang jerawat.

Lalu apa saja makanan pantangan penyebab jerawat pada kulit?

Adapun makanan pantangan penyebab jerawat pada kulit terangkum dalam beberapa poin di bawah ini. Dimana sejumlah makanan ini perlu diperhatikan jumlah konsumsinya agar tak menyebabkan jerawat hingga membantu proses penyembuhan jerawat pada kulit.

Beberapa orang menyebut menghindari makanan ini tergolong diet untuk mencegah jerawat pada tubuh. berikut makanan pantangan penyebab jerawat pada kulit tubuh yang perlu diketahui, bersumber dari beberapa sumber.

 

1. Susu

Makanan pantangan penyebab jerawat pada kulit salah satunya adalah susu. Susu bukan saja sering ditemui pada produk minuman, melainkan juga sederet makanan manis banyak mengandung susu sebagai bahan tambahannya.

Mengutip dari everydayhealth.com bersumber dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Nutrients tahun 2018 lalu menemukan bahwa anak remaja hingga dewasa usia 7 tahun hingga 30 tahun berpotensi mengalami jerawat pada kulit saat mereka mengonsumsi susu dalam produk apapun.

Sebab sebuah alasan dibalik mengapa susu dapat menjadi makanan penyebab jerawat adalah karena susu termasuk makanan yang mendorong dapat meningkatkan kadar insulin pada kulit berjerawat. Salah satunya adanya hormon IGF-1 yang menjadi penyebab jerawat.

Salah satu produk susu yang cukup banyak dipermasalahkan menjadi penyebab jerawat adalah susu skim. Namun kalian tidak perlu khawatir sebab ada jenis pengganti susu yang dapat dikonsumsi seperti berbahan kedelai yang bisa jadi pilihan.

2. Cokelat

Tidak dapat dipungkiri rasa manis dan nikmat cokelat menjadikan makanan ini begitu banyak diminati berbagai kalangan. Namun siapa sangka dibalik kenikmatan tersebut rupanya cokelat menjadi salah satu jenis makanan pantangan penyebab jerawat pada kulit.

Terlebih untuk cokelat berbahan susu atau cokelat yang sudah dikombinasikan dengan sejumlah bahan manis lainnya seperti gula. Mengutip dari hellosehat.com bersumber dari penelitian International Journal of Dermatology menyebutkan bahwa konsumsi cokelat setiap hari setelah dua minggu dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Mengutip dari shape.com, seorang Whitney Bowe, M.D., seorang professor klinis dermatologi di Mount Sinai Medical Center mengatakan bahwa  makanan ini dapat menjadi penyebab jerawat karena mengandung beberapa pemicu seperti gula rafinasi, susu, dan lemak trans.

3. Buah Kering

Makanan pantangan penyebab jerawat selanjutnya adalah buah kering. Mengutip dari shape.com, professor Whitney Bowe, M.D mengatakan bahwa buah kering ini diketahui dapat memicu kulit berjerawat yang mengarah pada kaskade hormon yakni dapat meningkatkan produksi minyak pada kulit. Sehingga ia menyarankan untuk konsumsi buah segar langsung dibandingkan dengan buah kering tersebut.

4. Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula juga diketahui menjadi penyebab munculnya jerawat pada kulit. Sebab, makanan ini berhubungan dengan indeks glikemik (GI) yang berpotensi menyebabkan kulit berjerawat. Berdasarkan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa GI termasuk karbohidrat olahan gula memicu kulit memproduksi lebih banyak minyak sehingga menyumbat pori-pori.

Dimana pori-pori yang tersumbat akibat kulit berminyak menjadi faktor utama kulit berjerawat. Untuk itulah makanan tinggi gula tersebut disarankan untuk dihindari saat kulit sedang berjerawat. Diantaranya seperti roti putih, permen, soda, minuman kemasan, kue, dan lain sebagainya.

5. Gorengan

Sejumlah makanan lainnya yang juga perlu dihindari untuk mencegah jerawat adalah gorengan. Dimana gorengan ini diketahui mengandung lemak jenuh dan trans yang tidak sehat. Lemak trans tersebut dapat memicu peradangan pada kulit sehingga bisa menumbuhkan jerawat.

Untuk itulah sebaiknya menghindari gorengan ataupun makanan dengan lemak jenuh dan trans agar tak memicu tumbuhnya jerawat pada kulit. Selain itu membatasi konsumsi gorengan secara tidak berlebihan juga dapat membuat tubuh lebih sehat.

6. Kerang

Kerang juga termasuk jenis makanan pantangan penyebab jerawat yang harus dihindari. Sebab diketahui kandungan mineral dalam kerang rupanya bisa memicu kulit berjerawat. Meski mineral sebenarnya baik bagi tubuh namun secara berlebihan diyakini bisa menjadi penyebab jerawat pada kulit.

Sehingga disarankan untuk sementara menghindari makan kerrang dan mengganti makanan laut dengan tinggi asam lemak omega-3 yang baik untuk kulit. Salah satunya adalah ikan salmon yang dapat membuat kulit lebih sehat dan mencegah munculnya jerawat pada kulit.

7. Koktail Beralkohol

Makanan pantangan penyebab jerawat pada kulit yang harus dihindari selanjutnya adalah koktail beralkohol. Mengutip dari shape.com, professor Whitney Bowe, M.D mengatakan bahwa koktail beralkohol ini bisa menyebabkan kulit kering hingga tidak dapat terkelupas dengan benar sehingga menyebabkan pori-pori tersumbat dan menjadi penyebab munculnya jerawat.

8. Whey Protein

Whey protein termasuk salah satu jenis bahan makanan yang cukup banyak menjadi tambahan sejumlah makanan. Namun whey protein ini diketahui dapat menjadi pemicu munculnya jerawat pada kulit. Sehingga dianjurkan agar menghindari makanan mengandung whey protein untuk mencegah jerawat pada kulit.

Mengutip dari hellosehat.com yang bersumber dari sejumlah penelitian mengunkapkan bahwa terdapat hubungan antara kondisi jerawat dengan konsumsi makanan yang mengandung whey protein. Akan tetapi masih perlu dilakukan uji coba penelitian lainnya yang untuk memastikan hal tersebut.

Nah itulah 8 makanan pantangan penyebab jerawat pada kulit, salah satunya makanan tinggi gula. Namun untuk mencegah jerawat pada tubuh juga perlu berbagai pencegahan lainnya seperti menjaga asupan makanan sehat, kebersihan kulit, serta sejumlah perawatan kesehatan kulit lainnya untuk mencegah jerawat.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI