Seberapa Bangga Sih Kamu Jadi Orang Indonesia?

Kamis, 28 November 2019 08:00 Penulis: Zaki Mursidan Baldan
Seberapa Bangga Sih Kamu Jadi Orang Indonesia?
(c) shutterstock

Kapanlagi Plus - Perlahan tapi pasti, nama Indonesia makin dikenal dunia nih. Nggak hanya karena punya kekayaan alam nan cantik yang sukses jadi destinasi traveling menarik perhatian dunia. Banyak juga anak muda berprestasi yang mengharumkan nama bangsa di mata dunia. Gimana nggak bikin bangga?

Jadi, seberapa besar sih level kebanggaanmu jadi orang Indonesia? Harusnya bangga banget dong ya, pasalnya ada banyak hal unik yang cuma Indonesia punya. Apa aja sih?

Ribuan Pulau dengan Bahasa Beragam Jadi Satu

©Shutterstock©Shutterstock

Kamu mungkin pernah belajar wilayah Indonesia itu membentang dari Sabang sampai Merauke saat di bangku sekolah. Tapi, pernah nggak sih membayangkan seberapa luas yang sebenarnya? Indonesia memiliki 17.504 pulau dengan luas wilayah sekitar 1.919.000 km2. Dengan wilayah seluas ini, ada beberapa fakta menarik yang perlu kamu tahu nih. Wilayah Indonesia bahkan lebih luas dari Eropa Barat yang terdiri dari 11 negara. Bahkan, Pulau Kalimantan masih lebih luas dari Thailand, dan 2 kali luas wilayah Inggris Raya. Wow!

Ribuan pulau yang ada membuat bahasa daerah di Indonesia juga beragam. Menurut data dari Kepala Bidang Perlindungan Pusat Pengembangan dan Perlindungan Badan Bahasa Jakarta, hingga Oktober 2017 Indonesia punya 652 bahasa daerah, lho. Semua itu dipersatukan dengan Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia. Keren banget.

Nikmatnya Makan Pakai Tangan

©Shutterstock©Shutterstock

Kalau di negara lain biasanya kegiatan makan dilengkapi dengan peralatan makan yang beragam, orang Indonesia sih lebih sederhana. Tradisi makan pakai tangan masih membudaya di beberapa daerah. Bukan hanya jadi budaya, bahkan banyak yang beranggapan kalau kelezatan makanan yang disantap bakal lebih mantap kalau dimakan dengan tangan langsung. Ngaku aja deh, kamu juga suka begini kan?

Hobi Makan Pedas Sampai Level Dewa

©Shutterstock©Shutterstock

Dikenal sebagai salah satu masyarakat yang hobi makan pedas, akhirnya banyak inovasi kuliner super pedas yang muncul buat memanjakan lidah. Mulai dari seblak sampai ayam geprek tersedia berbagai level kepedasan tingkat dewa sekalipun. Hal yang satu ini nggak bakal kamu temukan deh kalau berkunjung di negara lain.

Rendang yang Merebut Status Kuliner Terenak di Dunia

©Shutterstock©Shutterstock

Indonesia itu kaya. Nggak hanya keindahan alamnya aja yang punya daya tarik di mata dunia. Kelezatan kulinernya juga berhasil memanjakan lidah dan dikenal hingga mancanegara.

Buktinya, rendang pernah mendapatkan status bergengsi sebagai makanan paling lezat di dunia. Kebayang dong gimana mewahnya hidup kamu bisa setiap hari menikmati makanan paling lezat di dunia di warung Nasi Padang dekat rumah!

Surga Dunia ada di Pulau Komodo

©Shutterstock©Shutterstock

Percaya nggak sih kalau surga dunia itu nyata? Kalau nggak percaya, datang saja ke Pulau Komodo yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara Timur. Selain bisa menyaksikan habitat asli komodo, ada juga sederet spot wisata yang bakal bikin liburan naik level, mulai dari Pantai Pink hingga Manta Point. Dijamin memanjakan banget deh!

Gudang Meme Kreatif dan Viral

©Shutterstock©Shutterstock

Apapun hal yang viral saat ini, dalam hitungan detik aja udah banyak meme yang viral di dunia maya. Nggak peduli topiknya berhubungan dengan dunia entertainment atau isu politik yang panas sekalipun, netizen Indonesia selalu berhasil mengolahnya jadi meme yang menghibur. Jangan-jangan kamu juga salah satu penyumbang meme yang banyak viral di medsos ini, ya?

Nggak Usah Takut Kesasar Biarpun Maps Nggak Aktif

©Shutterstock©Shutterstock

Traveling ke tempat terpencil dan susah sinyal nggak perlu takut nyasar deh. Pasalnya, masyarakat Indonesia sendiri dikenal ramah dan baik. Tinggal tanya warga setempat, kamu bisa sampai tujuan dengan selamat. Nggak ada alasan buat khawatir!

Netizen Indonesia Jago Memviralkan Sesuatu

©Shutterstock©Shutterstock

Selain jadi gudang meme kreatif, netizen Indonesia juga jago memviralkan sesuatu. Pastinya masih ingat dong gimana Om Telolet Om sampai Masuk Pak Eko yang jadi global trend di masanya. Sederhana, tapi sukses jadi perhatian. Bangga banget kan jadi orang Indonesia!

Tradisi Kerokan Turun Temurun

Sampai saat ini, kerokan masih jadi tradisi yang diwariskan secara turun-temurun oleh masyarakat Indonesia. Percaya deh, istilah masuk angin memang cuma ada di negara kita. Kerokan dipercaya bisa meredakan gejala sakit kepala, demam, dan perut kembung. Efeknya juga ajaib, orang yang habis dikerok akan merasa badannya langsung membaik.

Bahkan hingga eranya sudah berganti seperti sekarang ini, kerokan masih tetap jadi ‘heritage' yang cuma dimiliki masyarakat Indonesia. Bedanya, sekarang sudah ada cara kerokan yang lebih modern, yaitu dikerok pakai Plossa aja!

(c) plossa.id(c) plossa.id

Plossa menghadirkan inovasi kerokan yang lebih modern dan cocok buat gaya hidup milenial masa kini. Kamu bisa kerokan di mana saja dan kapan saja karena bentuk Plossa yang praktis dan nggak ribet saat mau dibawa ke mana aja. Menariknya lagi, kini Plossa sudah bisa dibeli secara online di Shopee. Potongan 27% bisa didapat untuk pembelian Plossa Minyak Angin Aromaterapy 10ml (Kemasan Dus) di Shopee. Jadi, kamu bisa bawa pulang dengan harga Rp 10.250 aja, KLovers!

Itu tadi beberapa keunikan yang dimiliki Indonesia dan pastinya bikin bangga menjadi bagian tanah air. Kalau kamu sendiri, apa yang paling bikin bangga nih?

 

 

 

(kpl/wri)

Reporter:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI