Sering Dianggap Remeh! Ternyata Ada Lho Manfaat Bernyanyi di Kamar Mandi, Apa itu?

Minggu, 16 Agustus 2020 09:33 Penulis: Dhia Amira
Sering Dianggap Remeh! Ternyata Ada Lho Manfaat Bernyanyi di Kamar Mandi, Apa itu?
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Saat mandi banyak sekali orang yang akan bernyanyi dengan kencang di kamar mandi. Hal ini menjadi salah satu sensasi yang luar biasa bagi orang-orang yang suka sekali bernyanyi di kamar mandi.

Dan ternyata bernyanyi di kamar mandi memiliki banyak manfaat loh KLovers. Walaupun sering dianggap remeh dan juga mengganggu, tetapi nyatanya bernyanyi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Kira-kira apa saja ya manfaat bernyanyi untuk tubuh? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 manfaat nyanyi di kamar mandi bagi kesehatan tubuh kalian. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Menjaga Kekebalan Tubuh

Manfaat nyanyi di kamar mandi yang pertama yaitu dapat menjaga kekebalan tubuh. Hal ini karena ketika seseorang menyanyi, maka kadar kortisol di dalam tubuh akan menurun. Kadar kortisol yang berlebihan dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh kalian.

Dan bila ini terjadi maka sistem kekebalan tubuh menurun, serta tubuh cepat terserang penyakit. Itulah mengapa menyanyi menjadi salah satu obat alami yang dapat menjaga daya tahan tubuh kalian.

2. Melancarkan Aliran Darah

Manfaat nyanyi di kamar mandi yang kedua yaitu dapat melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Hal ini karena ketika bernyanyi kita akan melibatkan otot-otot pernapasan yang secara otomatis menjadi lebih terlatih. Sehingga aliran di dalam tubuh juga lancar.

Selain itu, bila aliran di dalam tubuh lancar maka akan membantu seseorang tidur dengan nyenyak. Sehingga bila ada seseorang yang mengalami insomnia, dapat teratasi secara mudah dengan bernyanyi.

3. Menghindari Alzheimer

Ternyata manfaat nyanyi di kamar mandi juga dapat menghindari alzheimer loh KLovers. Hal ini karena bernyanyi dapat membantu meningkatkan daya ingat seseorang. Menurun penelitian dalam Journal of Alzheimer’s Disease, mengatakan bahwa, kegiatan menyanyi di kamar mandi juga mampu mencegah terjadinya demensia dan penyakit alzheimer.

Hal ini karena menyanyi dapat merangsang aktivitas otak dan membuatnya lebih aktif, sehingga fungsi kognitif otak pun menjadi semakin baik dan terasah. Jadi bila kalian suka bernyanyi di kamar mandi, jangan malu ya KLovers karena hal tersebut baik untuk daya ingat tubuh.

4. Mencegah Tensi Darah Tinggi

Manfaat bernyanyi di kamar mandi yang selanjutnya yaitu dapat mencegah tensi darah tinggi. Bila kalian memiliki riwayat darah tinggi, maka stress adalah sesuatu hal yang dapat membuat tensi darah menjadi naik. Dan untuk menghilangkan hal tersebut kalian bisa bernyanyi.

Itu karena, bernyanyi mampu membuat tubuh merasa relaks dan juga bahagia. Selain itu aliran darah yang lancar karena bernyanyi juga mampu membuat tensi darah menjadi normal. Sehingga tubuh terhindar dari penyakit darah tinggi.

5. Menghilangkan Sakit

Dan manfaat bernyanyi di kamar mandi yang terakhir yaitu dapat menghilangkan sakit pada tubuh. Dalam sebuah Journal of Music Therapy tahun 2004 menunjukkan bahwa, para penderita penyakit kronis biasanya meringankan beban sakit dengan bernyanyi di kamar mandi.

Walaupun terlihat sepele, tetapi nyatanya kegiatan bernyanyi di kamar mandi ini terbukti efektif mengurangi rasa sakit dan membuat mood seseorang menjadi lebih baik. Jadi bila kalian merasa sedang sakit, kalian bisa bernyanyi dengan semangat di kamar mandi.

Itulah 5 manfaat bernyanyi di kamar mandi untuk kesehatan tubuh. Walaupun terlihat sepele, nyatanya bernyanyi di kamar mandi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dan hal ini dapat menjadi sebuah hobi yang baik, bukan hanya untuk kesenangan semata, tetapi juga untuk kebaikan tubuh kalian.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI