Sholat Taubat Beserta Bacaan Niat, Tata Cara dan Waktu Pelaksanaannya

Jum'at, 16 April 2021 13:11 Penulis: Nurul Wahida
Sholat Taubat Beserta Bacaan Niat, Tata Cara dan Waktu Pelaksanaannya
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Taubat dapat diartikan sebagai cara memohon ampun atas segala dosa yang pernah dilakukan kepada Allah SWT dengan penuh penyesalan, tidak mengulangi kesalahan dan kembali di jalan yang lurus. Sebab tidak dapat dipungkiri, manusia tidak lepas dari perbuatan salah dan dosa. Dalam hal ini umat Islam dapat memohon ampun kepada Allah SWT melalui sholat taubat.

Sholat taubat dapat dilakukan setiap umat muslim dengan bersungguh-sungguh memohon ampun kepada Allah SWT. Ketika sudah melakukan taubat, seseorang harusnya berusaha memperbaiki diri ke arah lebih baik seperti berbuat kebaikan, menunaikan ibadah wajib, serta menjauhi larangan yang diperintahkan Allah SWT.

Selain itu, untuk mengerjakan sholat taubat ada tata cara yang perlu dipahami berdasarkan urutan yang benar. Melalui sholat taubat umat Islam dapat membuktikan diri kepada Allah SWT untuk kembali di jalan yang lurus. Lalu bagaimana tata cara sholat taubat?

Selengkapnya mengenai sholat taubat beserta bacaan niat, tata cara, waktu pelaksanaan dan doanya dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini. Berikut telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

 

 

1. Perintah untuk Taubat

Sebagai manusia yang tidak lepas dari kesalahan dan dosa, memohon ampun kepada Allah SWT tentunya penting dilakukan. Sebab dengan taubat, manusia menunjukkan segala bentuk penyesalan atas dosa yang diperbuat. Selain itu sebagai makhluk beragama, tentunya meyakini adanya surga dan neraka. Di mana setiap manusia akan dimasukkan ke dalam surga atau neraka Allah SWT berdasar amal perbuatannya.

Dalam hal ini surga menjadi tempat terbaik bagi manusia dan imbalan atas perbuatan baik yang dilakukan di dunia. Sedangkan neraka adalah kebalikan dari surga, tempat dikumpulkannya orang-orang dengan perbuatan buruk, maksiat, dan ingkar dari agama Allah SWT. Perintah untuk bertaubat bahkan tercantum dalam firman Allah SWT surat Al-Imran ayat 135:

"Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allâh, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah?" (Ali-Imran 3: 135).

Begitu juga disebutkan pada firman Allah SWT yang lainnya yakni surat At-Tahrim ayat 8.

"Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuhaa (taubat yang semurni-murninya). Mudah-mudahan Rabbmu akan menutupi kesalahan-kesalahanmu dan memasukkanmu ke dalam jannah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai." (At-Tahrim ayat 8).

 

 

2. Waktu Pelaksanaan Sholat Taubat

Sholat taubat dapat dilakukan kapan saja baik siang ataupun malam. Selain itu ada baiknya untuk segera melakukan taubat terutama setelah menyadari telah melakukan perbuatan dosa. Meski bisa dilakukan kapanpun, ada waktu utama untuk melaksanakan sholat taubat yakni pada 2/3 malam.

Selain itu ada sejumlah waktu yang dilarang untuk melaksanakan sholat taubat yakni sebagai berikut dilansir dari merdeka.com:

- Mulai terbit fajar hingga terbit matahari.

- Saat terbit fajar hingga matahari sepenggalah.

- Saat matahari persis di tengah-tengah hingga terlihat condong.

- Setelah sholat ashar hingga tenggelam matahari.

- Menjelang matahari tenggelam hingga benar-benar sempurna tenggelamnya.

 

 

3. Bacaan Niat Sholat Taubat

Adapun bacaan niat sholat taubat yang dapat kalian pahami sebelum melaksanakan sholat taubat sebagai berikut. Di mana jumlah rakaat yang dapat dikerjakan mulai dari dua rakaat, empat rakaat bahkan enam rakaat. Berikut ini bacaan niat sholat taubat.

"Ushalli sunnatat taubati rokaataini lillahi taala."

Artinya: "Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah."

 

 

4. Tata Cara Sholat Taubat

Tata cara sholat taubat sangat mudah untuk dikerjakan. Sebab, sholat taubat sama seperti ibadah sholat pada umumnya yang memiliki rukun, syarat, waktu serta tata cara yang sama. Berikut ini tata cara sholat taubat yang dapat kalian jadikan referensi.

- Membaca niat.

- Takbiratul ihram.

- Membaca doa iftitah.

- Membaca surat Al-Fatihah.

- Membaca surat pendek.

- Rukuk dengan tuma'ninah.

- I'tidal dengan tuma'ninah.

- Sujud dengan tuma'ninah.

- Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah.

- Sujud kedua dengan tuma'ninah.

- Berdiri pada rakaat kedua.

- Membaca surat Al-Fatihah.

- Membaca surat pendek.

- Rukuk dengan tuma'ninah.

- I'tidal dengan tuma'ninah.

- Sujud dengan tuma'ninah.

- Duduk di antara dua sujud dengan tuma'ninah.

- Sujud kedua dengan tuma'ninah.

- Tasyahud akhir.

- Salam.

- Berdoa mohon ampunan.

 

 

5. Doa Setelah Sholat Taubat

Setelah mengetahui niat, waktu pelaksanaan, dan tata cara sholat taubat, penting juga mengetahui bagaimana bacaan doa setelah melakukan sholat taubat. Adapun doa setelah sholat taubat dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

Membaca Istighfar

"Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi."

Artinya: "Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya."

Bacaan istighfar tersebut sebaiknya diucapkan sebanyak 100 kali dengan setulus hati dengan maksud memohon ampunan kepada Allah SWT.

Membaca doa setelah sholat taubat

Setelah itu kalian dapat membaca doa setelah sholat taubat nasuha sebagai berikut:

"Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana 'abduka wa ana 'ala 'ahdika wa wa'dika mastatho'tu. a'udzu bika min syarri maa shona'tu, abuu-u laka bini'matika 'alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfirudz dzunuuba illa anta."

Artinya:

"Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau."

Itulah tentang sholat taubat beserta bacaan niat, tata cara dan waktu pelaksanaannya. Semoga ulasan di atas dapat membantu kalian untuk melaksanakan sholat taubat.

 

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI