Sri Lanka Berduka! Bom Bunuh Diri Hantam 3 Gereja & Hotel Tewaskan 137 Orang

Minggu, 21 April 2019 18:45 Penulis: Galuh Esti Nugraini
Sri Lanka Berduka! Bom Bunuh Diri Hantam 3 Gereja & Hotel Tewaskan 137 Orang
Ilustrasi (iStockPhoto)


Kapanlagi Plus - Berita duka kembali dirasa oleh dunia internasional. Kali ini teror kembali menyerang negara Sri Lanka, Minggu (21/4/2019). Bom bunuh diri itu pun dilakukan di 6 tempat, yakni 3 gereja dan 3 hotel.

Tepatnya di Gereja St. Anthony daerah Kolombo, St. Sebastian di Kota Negombo, dan sebuah gereja di Kota Batticaloa. Selain ketiga tempat peribadatan, ledakan juga terjadi di Hotel Shangri La, Cinnamon Grand dan Hotel Kingsbury. Yang mana ketiganya merupakan hotel ternama di Sri Lanka.

Berita terbaru menunjukkan jika korban kini terus bertambah menjadi 137 orang. Yang diketahui jika 9 korban lainnya merupakan warga negara asing, seperti yang dilansir dari BBC.

 

1. Kronologi

Awal kejadian, ledakan terjadi di Gereja St. Anthony dan St. Sebastian. Setelah melakukan evakuasi diketahui ada sekitar 160 orang terluka yang kini telah dirawat di Rumah Sakit Nasional Kolombo, seperti yang dikutip dari The Straits Times.

Tak lama berselang baru terjadi ledakan pada ketiga hotel dan satu gereja. Korban pun mencapai 300 yang kini juga telah dirawat.

Setelah ledakan, bangunan terlihat hancur. Kerusakan pun ada di mana-mana, banyak jendela pecah dan darah pun terlihat berceceran.

2. Sampaikan Duka Mendalam

Mengutip dari News18, dua dari enam serangan ini diduga dilakukan oleh pelaku bom bunuh diri. Kedua pelaku pun telah teridentifikasi. Berinisial ZH yang melancarkan aksi di Hotel Shangri La dan AM di Gereja Batticalao.

Pemerintah Sri Lanka tentu rasakan kesedihan dengan yang terjadi ini. Presiden Sri Lanka, Maithripala Sirisena menyatakan kesedihannya.

"Saya terkejut dan sedih dengan situasi yang telah terjadi," ucap Presiden Sirisena seperti dikutip dari News18 yang dilansir Liputan6.com, Minggu (21/4).

Dengan adanya kejadian ini, keamanan pun diperketat. Polisi memblokade jalan di sekitar lokasi peledakan. Hingga saat ini investigasi juga terus dilakukan.

Sumber: Merdeka.com

(kpl/mdk/gen)



MORE STORIES




REKOMENDASI