8 Tips Mengatasi Gejala Menopause Secara Alami, Mulai Terapkan Hidup Sehat

Rabu, 16 September 2020 18:11 Penulis: Nurul Wahida
8 Tips Mengatasi Gejala Menopause Secara Alami, Mulai Terapkan Hidup Sehat
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Menopause menjadi kondisi alamiah yang dialami setiap orang dengan ditandai sejumlah gejala tertentu. Salah satu gejala menopause yang kerap muncul seperti muncul sejumlah gangguan kesehatan, sulit tidur, hingga rasa lelah dan letih. Namun jangan khawatir sebab ada sederet tips mengatasi gejala menopause secara alami yang bisa diterapkan.

Umumnya menopause terjadi pada saat memasuki usia kurang lebih awal 50 tahun yang ditandai dengan berbagai gejala. Salah satu yang paling sering dialami adalah kondisi kesehatan menurun karena sejumlah sistem tubuh mengalami penurunan fungsi lantaran faktor usia yang tak muda lagi.

Sehingga mereka lebih rentan memiliki risiko penyakit seperti osteoporosis, diabetes, obesitas dan lain sebagainya. Namun kondisi tersebut dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat sebagai kunci paling mudah menjalani masa menopause agar sehat dan bugar. Untuk itu mencoba mengetahui tips mengatasi gejala menopause secara alami perlu dilakukan agar siap menghadapi masa menopause tanpa kawatir gangguan kesehatan.

Lalu apa saja tips mengatasi gejala menopause secara alami?

Adapun tips mengatasi gejala menopause secara alami terdapat dalam beberapa poin di bawah ini. Berikut 8 tips mengatasi gejala menopause secara alami yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Lakukan Olahraga Rutin

Tips mengatasi gejala menopause secara alami salah satunya adalah melakukan olahraga rutin. Olahraga termasuk dalam penerapan hidup sehat yang dapat menawarkan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh. Diantara manfaat olahraga selain bisa memberikan tubuh yang bugar adalah dapat menurunkan stres serta memperoleh kualitas tidur lebih baik.

Seperti mengutip dari healthline.com, melakukan olahraga selama tiga jam per minggu dalam satu tahun dapat meningkatkan kesehatan fisik serta mental. Termasuk bermanfaat pada setiap orang yang memasuki masa menopause. Namun perlu diperhatikan olahraga rutin dapat dilakukan sesuai dengan kapasitas tubuh. Sehingga manfaat tersebut dapat diperoleh secara maksimal.

2. Banyak Konsumsi Sayur dan Buah

Tips mengatasi gejala menopause secara alami selanjutnya adalah konsumsi sayur dan buah yang menjadi cara paling mudah dilakukan agar kesehatan tetap terjaga. Sebab sayur dan buah mengandung banyak nutrisi sehat bagi tubuh yang bisa bermanfaat menjaga kesehatan tetap stabil.

Memperbanyak konsumsi sayur dan buah bisa membantu mencegah gejala menopause salah satunya berkaitan dengan kenaikan badan atau mengalami obesitas. Seperti diketahui sayur dan buah memiliki jumlah kalori rendah yang bisa menjaga berat badan tetap stabil. Selain itu mengutip dari healthline.com, sebuah penelitian yang dilakukan terhadap wanita berusia 50-59 tahun dengan diet sayur dan buah dapat mengurangi kerusakan tulang.

3. Penuhi Cairan Tubuh

Tips mengatasi gejala menopause secara alami juga dapat dilakukan dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Dimana cara paling mudah untuk memenuhi kebutuhan cairan adalah dengan mencukupi minum air putih. Seperti diketahui kebutuhan air putih dalam tubuh berkisar antara 8-12 gelas perhari untuk mencegah dehidrasi. Tak hanya mengatasi dehidrasi, cairan yang tercukupi juga bisa memberikan manfaat lain seperti mengontrol berat badan serta mengurangi kembung.

4. Mengontrol Berat Badan Stabil

Berat badan yang stabil dapat menjadi penunjang menjaga kesehatan tubuh di usia menopause. Tak heran cara ini juga menjadi tips mengatasi gejala menopause secara alami. Sebab cukup banyak orang memasuki menopause mengalami kenaikan berat badan hingga mengalami obesitas. Jika kondisi tersebut tidak diatasi sedini mungkin, maka akan lebih rentan terkena risiko penyakit tertentu.

Untuk itulah mengontrol berat badan tetap stabil penting dilakukan agar tubuh tetap sehat. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 17.473 wnaita pascamenopause seperti mengutip dari healhtline.com, menyebutkan bahwa mereka yang kehilangan berat badan seberat 4,5 kg lebih mungkin menghilangkan gejala menopause seperti keringat di malam hari.

5. Konsumsi Makanan Mengandung Kalsium dan Vitamin

Tips mengatasi gejala menopause secara alami juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan mengandung kalsium dan vitamin D. Kedua nutrisi tersebut sangat penting bagi tubuh terutama untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Seperti diketahui saat memasuki usia senja, salah satu masalah tubuh yang cukup banyak berisiko adalah mengalami osteoporosis. Namun kondisi tersebut dapat dicegah sedini mungkin dengan konsumsi makanan sehat seperti mengandung kalsium dan vitamin d. Sedangkan vitamin d dapat memberikan manfaat pada kulit agar terjaga kesehatannya. Sederet makanan kaya kalsium seperti kacang, tahu, sayur hijau, susu, keju bisa jadi pilihan.

6. Kurangi Makanan Manis dan Olahan

Tips mengatasi gejala menopause secara alami lainnya adalah mengurangi konsumsi makanan manis. Sebab makanan manis dapat memicu menyebabkan kenaikan gula darah hingga berisiko mengalami gangguan kesehatan seperti diabetes. Selain itu makanan olahan juga penting untuk dikurangi konsumsinya agar tak memengaruhi kesehatan tubuh ketika memasuki masa menopause. Makanan olahan diketahui dapat memengaruhi kesehatan tulang.

7. Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Sejumlah makanan tinggi protein seperti ikan, telur, kacang-kacangan dapat dikonsumsi untuk menjaga tubuh tetap sehat. Sebab makanan tinggi protein juga masuk dalam tips mengatasi gejala menopause secara alami. Protein diketahui dapat memperkuat otot dan membantu menurunkan berat badan. Masa menopause biasanya membuat fungsi tubuh mengalami penurunan. Sehingga konsumsi makanan sehat seperti tinggi protein juga penting dilakukan agar tetap bugar menghadapi masa menopause.

8. Makan Teratur

Makan teratur juga menjadi tips mengatasi gejala menopause secara alami. Sebab dengan makan teratur maka tubuh akan terjaga kesehatannya dan mencegah mengalami kenaikan berat badan. Seperti mengutip dari healhtline.com, makan tidak teratur berpotensi memperburuk gejala menopause serta berkaitan dengan memperlambat penurunan berat badan.

Nah itulah 8 tips mengatasi gejala menopause secara alami dengan menerapkan pola hidup sehat. Selain itu menghindari stres juga penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh tetap bugar saat memasuki usia menopause.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI