Jaga Kesehatan, 7 Makanan yang Bisa Menurunkan Imunitas Tubuh

Rabu, 16 September 2020 19:44 Penulis: Dita Tamara
Jaga Kesehatan, 7 Makanan yang Bisa Menurunkan Imunitas Tubuh
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Imunitas tubuh atau daya tahan tubuh memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan. Menjaga imunitas tubuh memang sangat perlu dilakukan supaya tidak mudah terserang penyakit. Pada dasarnya, imunitas tubuh yang kuat akan melindungi tubuh kalian supaya terhindar dari kuman maupun virus yang masuk. Oleh sebab itu, salah satu cara menjaga imun dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi.

Meski ada sederet makanan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh, namun ada juga makanan yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Nah, supaya badan tetap fit dan terjaga, ada baiknya kalian melakukan cara untuk menjaga imunitas tubuh dengan menghindari sejumlah makanan yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Lalu, makanan apa saja? Daripada penasaran, yuk simak ulasan lengkap berikut ini.

 

1. Kopi

Selama ini, banyak orang yang beranggapan jika kopi sangat efektif untuk penambah energi dan bisa menghindari diri dari rasa kantuk. Namun rupanya, kopi bisa menjadi salah satu pemicu yang bisa menurunkan imunitas tubuh sehingga menyebabkan tubuh kalian mudah sakit. Menurut beberapa studi, berlebihan mengonsumsi kopi mendekati jam tidur dapat menurunkan daya tahan tubuh kalian. Efek hilangnya rasa kantuk setelah minum kopi membuat kalian mengalami insomnia dan inilah yang memicu menurunkan imunitas tubuh.

2. Soda

Selain kopi, minuman bersoda juga dapat menurunkan imunitas tubuh. Minuman soda salah satu minuman berkadar gula tinggi. Belum lagi pemanis, berwarna, dan pengawet yang tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh. Jika kalian mengonsumsi soda secara berlebih dapat menyebabkan gangguan pada fungsi organ tubuh. Tidak hanya itu saja, soda juga mempunyai kandungan fosfor yang dapat mengikis kalsium dalam tubuh yang berperan penting dalam menunjang keoptimalan kinerja sistem kekebalan tubuh.

3. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng memang banyak digemari oleh kebanyakan orang. Meskipun tidak sehat, namun seringkali orang tetap mengonsumsinya lantaran rasanya yang bikin nagih dan lezat. Namun dibalik kelezatannya, rupanya makanan yang digoreng inilah menjadi pemicu turunnya imunitas tubuh. Sebab, makanan yang mengandung minyak berlebih dapat mengurangi kemampuan sel darah putih dalam menghancurkan bibit penyakit yang akhirnya merusak jaringan-jaringan sehat pada tubuh. Oleh sebab itu, mulailah untuk membatasi mengonsumsi makanan yang digoreng.

4. Daging Merah

Pada dasarnya jika mengonsumsi daging merah secukupnya, tentu saja hal ini akan memberikan banyak manfaat pada tubuh. Tapi sebuah penelitian menunjukkan bahwa daging merah berdampak buruk pada tubuh karena sulit untuk mencerna gula alami. Daging merah merupakan makanan yang tinggi asam, maka jika dikonsumsi berlebihan tubuh kalian secara keseluruhan juga akan menjadi asam. Ketika kandungan asam dalam tubuh tinggi, hal tersebut dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Selain itu, daging merah kaya akan asam lemak omega-6 yang dapat menimbulkan peradangan ganda.

5. Makanan Rendah Serat

Dalam memenuhi asupan tubuh yang terpenuhi, seseorang memang dianjurkan untuk memakan makanan yang mengandung serat guna mendukung kesehatan pencernaan. Namun, apabila kalian mengonsumsi makanan yang rendah serat, justru hal inilah yang membuat daya tahan tubuh kalian menurun. Oleh sebab itu, mulailah hindari untuk mengonsumsi makanan yang tinggi kalori dan rendah serat seperti makanan cepat saji. Tidak hanya membuat daya tahan tubuh menurun saja, namun mengonsumsi makanan rendah serat juga menyebabkan obesitas atau berat badan berlebih.

6. Gula

Berlebihan mengonsumsi gula memang sangat tidak baik bagi kesehatan seperti timbulnya penyakit diabetes. Disamping itu, mengonsumsi gula berlebih juga dapat menurunkan imunitas tubuh. Oleh sebabnya, membatasi konsumsi gula salah satu cara yang paling efektif untuk tubuh tetap prima. Selain itu, kadar gula yang tinggi juga dapat mengurangi kemampuan sel darah putih dalam menghancurkan bibit penyakit.

 

7. Garam

Selain gula, makanan yang mengandung garam tinggi juga menjadi pemicu menurunkan imunitas tubuh. Meski sebagian orang menjadikan makanan asin sebagai makanan favorit, mulai sekarang ada baiknya kalian menghindari makanan ini untuk mendapatkan tubuh tetap fit.

Itulah sederet makanan yang bisa menurunkan imunitas tubuh. Oleh sebab itu, untuk tetap menjaga kesehatan tubuh secara optimal, mulailah hindari atau membatasi makanan di atas yang menjadi penyebab turunnya imunitas tubuh. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI