Tak Sekedar Ibadah, Ini 7 Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan yang Luar Biasa

Kamis, 05 November 2020 10:44 Penulis: Dhia Amira
Tak Sekedar Ibadah, Ini 7 Manfaat Puasa Senin Kamis Bagi Kesehatan yang Luar Biasa
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Puasa senin kamis, merupakan puasa sunnah yang banyak dilaksanakan oleh umat Islam di seluruh dunia. Puasa senin kamis dilaksanakan setiap hari Senin dan juga Kamis, serta boleh dilaksanakan seumur hidup kalian bila ingin melaksanakannya. Manfaat puasa senin kamis tentu hampir sama dengan puasa lainnya, untuk menahan hawa napsu, menjauhkan dari perbuatan zalim, hingga memberikan kesehatan bagi jasmani maupun rohani.

Dalam menjalankan puasa senin kamis tak ada syarat yang berbeda dengan puasa Ramadhan pada umumnya, yaitu harus dilakukan dalam kondisi suci dan niat untuk berpuasa. Bukan hanya mendapatkan pahala saja, nyatanya puasa senin kamis juga mampu memberikan banyak manfaat untuk tubuh dan juga jiwa kalian.

Untuk itu, kira-kira apa saja ya manfaat puasa senin kamis bagi kesehatan tubuh kalian? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

 

1. Syarat Puasa Senin Kamis

Sama seperti pada puasa Ramadhan, syarat puasa Senin Kamis sama. Hanya saja, pada puasa sunnah seperti senin kamis tidak diwajibkan membaca niat di malam hari seperti pada bulan Ramadhan sebelum melaksanakan ibadah puasa. Selain dari pada itu, syarat-syarat puasa yang ada pada puasa sunnah senin kamis sama saja seperti puasa Ramadhan.

Syarat-syarat tersebut antara lain:

- Seorang muslim

- Berakal sehat

- Mampu menjalankan ibadah puasa

- Dan dalam keadaan suci dari najis

Kalian dapat melaksanakan puasa senin kamis kapanpun selama itu bertujuan untuk Allah SWT dan dengan niat yang suci serta ikhlas.

 

2. Niat Puasa Senin Kamis

Dan untuk menjalankan puasa Senin Kamis, selain menggunakan niat yang tulus di dalam hati karena Allah Ta'ala, kita juga harus dapat mengucapkan niat berupa bacaan doa untuk menjalankan ibadah puasa senin kamis. Dan inilah niat dari puasa Senin Kamis yang dapat kalian baca:

- Niat puasa senin kamis

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa

 

 

3. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Manfaat puasa senin kamis yang pertama yaitu dapat mengeluarkan racun di dalam tubuh. Yup! Bukan hal yang asing lagi bila puasa senin kamis menjadi salah satu ibadah yang baik untuk kesehatan, salah satunya mengeluarkan racun di dalam tubuh.

Tubuh memang memiliki banyak sekali racun, terutama racun yang telah bercampur dengan darah. Bila ini tidak cepat dikeluarkan, maka hal ini akan membuat kalian terkena berbagai masalah penyakit. Untuk mengeluarkan hal tersebut, kalian bisa kok menggunakan manfaat senin kamis sebagai salah satu cara hidup sehat.

Hal ini karena, racun yang bercampur dalam lemak, darah, atau bagian yang lain berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Sehingga kalian juga harus berhenti mengonsumsi makanan dan minuman minimal selama sehari, agar racun dapat dikeluarkan dengan efektif. Pengeluaran racun bisa melalui keringat, urine, atau saat buang air besar. Dan dengan puasa inilah pengeluaran racun di dalam tubuh semakin optimal.

 

 

4. Menurunkan Kadar Lemak

Manfaat puasa senin kamis yang selanjutnya yaitu dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh kalian. Puasa senin kamis memang menjadi salah satu pilihan bagi para orang-orang yang ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal.

Hal ini karena dengan puasa senin kamis, akan mengoptimalkan lemak sebagai sumber energi. Dengan begitu lemak di tubuh tidak menumpuk dan mencegah terjadinya obesitas. Selain itu dengan melakukan puasa senin kamis, kalian juga akan mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh yang bisa menjadi kadar kolesterol jahat.

 

 

5. Dapat Mengendalikan Hawa Napsu

Bukan hanya untuk kesehatan saja, nyatanya dengan berpuasa kalian juga dapat mengendalikan hawa nafsu loh KLovers. Hawa nafsu sendiri merupakan musuh terbesar bagi umat muslim, karena mampu menjadikan para manusia berbuat hal secara berlebihan dan tergoda dengan hal-hal yang mampu mengundang dosa.

Namun dengan melakukan puasa senin kamis, kalian akan terhindar dari hal tersebut loh KLovers. Itu karena dengan berpuasa, kalian bisa mengontrol hawa nafsu untuk tetap menahan rasa lapar, serta memilih untuk mengingat Allah karena dalam keadaan berpuasa.

 

 

6. Mengistirahatkan Organ Pencernaan

Setiap harinya manusia akan makan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh mereka. Seperti halnya mesin kendaraan, sistem pencernaan manusia juga perlu istirahat dalam waktu tertentu agar bisa bekerja maksimal. Jika mesin dijalankan tapi tak pernah istirahat, tentu akan merusak komponen atau yang menyusun mesin itu sendiri.

Begitu pula dengan organ atau sistem pencernaan dalam tubuh yang membutuhkan istirahat agar bisa bekerja dengan baik, yaitu dengan puasa senin kamis. Selain berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi organ pencernaan, melakukan puasa senin kamis juga untuk mengeluarkan racun dalam tubuh.

 

 

7. Mengontrol Gula Darah

Manfaat puasa senin kamis yang selanjutnya untuk kesehatan yaitu dapat mengatur tingkat kadar gula dalam darah. Puasa senin kamis akan membuat tubuh menghancurkan glukosa untuk mendapatkan energi. Sehingga hal ini akan menurunkan produksi insulin tubuh.

Hasilnya tubuh akan mengalami penurunan gula darah dengan baik ketika kita melakukan puasa senin kamis. Melakukan puasa senin kamis secara rutin juga akan mencegah lonjakan gula darah secara luar biasa, bagi kalian yang memiliki penyakit diabetes.

Manfaat puasa yang satu ini akan membantu mengurangi resistensi insulin pada tubuh. Dengan mengurangi resistensi insulin, maka dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Sehingga memungkinkan untuk memindahkan glukosa dari aliran darah ke sel-sel dengan lebih efisien.

 

 

8. Memberikan Kesehatan Jantung

Tidak hanya mengontrol gula darah saja, nyatanya manfaat puasa senin kamis juga mampu memberikan kesehatan pada jantung kalian loh KLovers. Itu karena puasa senin kamis dapat menurunkan risiko aterosklerosis yakni penyumbatan arteri karena partikel lemak. Karena saat kita melakukan puasa, maka hal ini digunakan sebagai cadangan energi.

Sehingga hormon adrenalin dan nonadrenalin juga akan berkurang. Hal tersebut membantu tubuh untuk menjaga metabolisme tetap stabil sehingga tekanan darah pun dapat turun. Dengan turunnya tekanan darah, maka kalian akan mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung.

Selain itu dilansir dari liputan6.com beberapa penelitian telah menemukan bahwa memasukkan puasa ke dalam rutinitas, mungkin sangat bermanfaat dalam hal kesehatan jantung. Dan dengan puasa senin kamis secara rutin, maka kita dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida di dalam tubuh.

 

 

9. Melancarkan Metabolisme

Dan manfaat puasa senin kamis yang terakhir yaitu dapat melancarkan metabolisme di dalam tubuh. Metabolisme memang sangat penting bagi tubuh, karena metabolisme berhubungan dengan aktivitas tubuh dalam menentukan fungsi organ tubuh, memperbaiki sel, pencernaan makanan, dan pernapasan. Dan dengan menggunakan manfaat puasa senin kamis, maka kalian dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin.

Dengan berpuasa tubuh harus bertahan berjam-jam tanpa makanan dan minuman, menggunakan sumber lemak, dan mengangkut racun dari tubuh. Sehingga dengan begitu kalian dapat melancarkan sistem metabolisme di dalam tubuh. Sehingga tubuh tetap berfungsi dengan baik dan juga sehat.

Itulah 7 manfaat puasa senin kamis yang baik bagi kesehatan tubuh. Bukan hanya memberikan pahala bagi yang menjalankan, nyatanya puasa senin kamis juga sangat baik bagi kesehatan tubuh kalian.

 

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI