Tak Sekadar Manis, Ini Sederet Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan yang Belum Banyak Orang Tahu

Jum'at, 26 Juni 2020 17:11 Penulis: Puput Saputro
Tak Sekadar Manis, Ini Sederet Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan yang Belum Banyak Orang Tahu
Manfaat buah kelengkeng (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Siapa yang tidak suka buah kelengkeng? Buah sebesar kelereng ini punya cita rasa manis menyegarkan. Tak heran, siapapun yang memakan sebutir saja pasti akan ketagihan. Banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara, di Indonesia kelengkeng jadi buah yang sangat populer. Meski populer, nyatanya belum banyak yang tahu manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan.

Buah kelengkeng termasuk jenis buah musiman. Pada saat musimnya, buah berair dengan kulit warna cokelat ini begitu mudah dijumpai di pinggiran jalan. Walaupun tergolong buah pinggir jalan, manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan tidak bisa dianggap remeh. Buah yang dalam bahasa Inggris disebut dengan longan ini punya khasiat yang tidak main-main.

Berikut beberapa manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan, dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah kelengkeng yang punya rasa manis ternyata mengandung banyak sekali vitamin C. Dilansir dari liputan6.com, setidaknya terkandung 84 mg vitamin C dalam 100 gram buah kelengkeng. Angka yang cukup besar untuk kandungan vitamin C dalam buah.

Hal tersebut membuat buah kelengkeng bisa berkhasiat dalam meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Sebab, vitamin C merupakan salah satu sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar imunitas terjaga. Buah kelengkeng akan sangat baik dikonsumsi saat daya tahan tubuh terganggu, misal ketika mengalami demam atau gejala flu.

2. Jadi Sumber Energi

Tidak hanya menjaga imunitas atau daya tahan tubuh, buah kelengkeng juga bisa jadi sumber energi tambahan. Tak banyak yang tahu bahwa ternyata buah kelengkeng mempunyai kandungan karbohidrat kompleks. Di samping itu, air buah kelengkeng yang rasanya manis juga menunjukkan kandungan gula yang cukup tinggi.

Sementara, karbohidrat kompleks dan gula merupakan dua nutrisi yang berperan dalam membangkitkan energi. Oleh karena itu, manfaat buah kelengkeng sebagai sumber energi cadangan tak perlu diragukan lagi.

3. Menyehatkan Jantung

Manfaat buah kelengkeng yang ketiga tidak kalah menakjubkan. Kelengkeng atau yang punya nama ilmiah Dimocarpus longan dipercaya berkhasiat menyehatkan jantung. Dikutip dari foodfacts.mercola.com, kandungan dalam buah kelengkeng dipercaya bisa membantu sirkulasi darah. Tidak sampai di situ, buah kelengkeng juga diyakini bakal mendukung kerja limpa dan jantung.

Artinya, mengonsumsi buah kelengkeng bakal membuat jantung kita lebih sehat. Selain itu, kita juga akan lebih terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

4. Meningkatkan Fungsi Syaraf

Di samping baik untuk kesehatan jantung, buah kelengkeng ternyata juga baik untuk kesehatan syaraf. Dilansir dari organicfacts.net, sebuah penelitian mengungkap kelengkeng dipercaya bisa menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh, sehingga secara tidak langsung akan memperbaiki sistem fungsi syaraf. Khasiat ini juga didukung oleh manfaat buah kelengkeng dalam mengatur sirkulasi darah. Sebab, sirkulasi darah yang lancar juga akan membuat syaraf-syaraf menjadi lebih tenang.

5. Baik untuk Penderita Insomnia

Sering mengalami sulit tidur atau insomnia? Jika iya, kalian bisa coba mengatasinya dengan mengonsumsi buah kelengkeng. Salah satu penyebab sulit tidur atau insomnia adalah stres atau tekanan hidup atau pekerjaan yang membuat syaraf menjadi tegang.

Seperti yang disebut sebelumnya, buah kelengkeng bisa jadi solusi untuk menenangkan syaraf yang tegang. Sehingga, buah kelengkeng dipercaya bisa membuat seseorang lebih nyenyak saat tidur.

6. Baik Dikonsumsi Saat Diet

Mempunyai kalori yang rendah, membuat buah kelengkeng sangat cocok dikonsumsi saat diet. Selain itu, dalam kelengkeng terdapat kadar gula, vitamin C, dan karbohidrat kompleks yang bisa menjadi sumber energi. Dengan begitu, kalian tetap bisa memenuhi kebutuhan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh di saat sedang melakukan diet. 

7. Baik untuk Kesehatan Kulit

Apabila kalian mendamba kulit yang sehat dan cerah, makanlah buah kelengkeng. Kandungan vitamin C dalam kelengkeng dipercaya membantu proses sintesis kolagen yang dibutuhkan tubuh agar kulit tetap kencang dan sehat. Selain itu, dalam kelengkeng juga terdapat antioksidan yang berfungsi menghalau radiasi ultraviolet. Yang paling menakjubkan, kombinasi vitamin B dan C, serta antioksidan diyakini bisa jadi zat anti-penuaan dini yang efektif.

 

8. Menurunkan Tekanan Darah

Selain vitamin, buah kelengkeng juga mempunyai sejumlah mineral yang bermanfaat untuk kesehatan. Salah satunya kalium yang berguna untuk menurunkan tekanan darah. Kalium dalam kelengkeng diyakini mampu membuat pembuluh darah dan arteri menjadi lebih rileks. Dengan begitu, tekanan darah yang semula tinggi akan lebih turun secara terkontrol. Khasiat ini secara tidak langsung juga mendukung kemampuan kelengkeng dalam menyehatkan jantung dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Nah itulah di antaranya beberapa manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan. Bagaimana, tertarik merasakan khasiatnya?

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI